Senin, 25 April 2022

Hak Orang-orang Saleh yang Harus Ditunaikan

بسم الله الرّحمن الرّحيم

Dalam rangka menunaikan hak orang-orang yang saleh, biasanya saya mengharuskan diri saya sendiri untuk mengalamatkan ucapan dan peristiwa yang saya kutip kepada si empunya agar rahmat Allah turun dengan menyebut mereka. Saya juga biasa mengharuskan diri saya sendiri untuk mendoakan agar Allah merahmati dan meridai mereka karena begitu mulianya perjalanan hidup mereka dan begitu harumnya nama mereka.

Imam Abu Muhammad at-Tamimi al-Hanbali berkata, “Alangkah buruk nya kalian jika kalian mengambil manfaat dari kami sambil menyebut nama nama kami, namun tidak mendoakan agar Allah merahmati kami."

Abu Muhammad at-Tamimi adalah al-Imâm al-Mu’ammar Abu Muhammad Rizqullah ibn Abdil Wahhab ibn Abdil Aziz Al-Harits, keturunan Tamimi, dan berasal dari Baghdad. Dia lahir tahun 396 H dan wafat tahun 488 H. Dia adalah salah seorang tokoh mazhab Hanbali; termasuk seorang ulama ahli fikih yang saleh; pemberi nasihat yang cerdas lagi fasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;