Jumat, 31 Januari 2025 0 komentar

Syair Anjuran Mendidik Anak

بسم الله الرّحمن الرّحيم



Sayyidina Al-Imam Thahir bin Husein bin Thahir dalam qashidahnya tentang anjuran mengajar dan mendidik anak, mengatakan:

وَفِي الْعِلْمِ نُوْرُ لِأَرْبَابِهِ

WAFIL 'ILMI NUURAN LI-ARBAABIHI
Dalam ilmu, cahaya tuk penjaganya

وَيَسْرِي إِلَى الْغَيْرِ إِنْسِ وَجَانْ

WAYASRII ILAL GHAIRI INSIN WAJAN 
dan mengalir kepada yang lain, jin dan manusia

وَعِلْمُ الصِّغَرُ مِثْلُ نَقْشِ الْحَجَرْ

WA 'ILMUSH SHIGHAR MITSLU NAQSYIL HAJAR
. Belajar di waktu kecil bak mengukir di atas batu

 يَقَرُّ وَيَثْبُتُ وَسْطَ الْجَنَانُ

YAQARRU WA YATSBUTU WASTHAL JANAN 
Hati anak bagai batu tulis yang bersih

فَقَلْبُ الصَّبِيِّ مِثْلُ لَوْحٍ نَقِي

FAQALBUSH SHABII MITSLU LAUHIN NAQII
kokoh dan menetap di hati selalu 

 فَأَوَّلُ شَيْءٍ يُلَاقِيْهِ بَانْ

FA-AWWALU SYAI-IN YULAA QIIHIBAN 
yang pertama dijumpa tampak nyata.

 فَمَادَامَ بَاطِنُهُ صَافِيًا

FAMAA DAAMA BAATHINUHU SHAAFIYAN
 Maka selama jernih hatinya

 أَلَا إِغْرِسُ بِهِ مُوْجِبَاتِ الْجِنَانُ

ALAA IGHRIS BIHI MUUJIBAATIL JINAN 
tanamkan yang membawa ke surga 

 وَإِلَّا تَوَلَّاهُ جُنْدُ الْهَوَى

WA ILLAA TAWALLAHU JUNDAL HAWA
Jika tidak, tentara nafsu akan menguasai

 وَصَارَ مُقِيمًا بِذَاكَ الْمَكَانُ

WA SHAARA MUQIIMAN BIDZAAKAL MAKAN 
dan akan menduduki tempatnya. 

 وَيَعْسُرُ مِنْ بَعْدُ إِزْعَاجُهُ

WA YA'SURU MIN BA'DU IZ'AA JUHU
Setelah itu akan sulit mengusirnya

 وَفِيهِ يَطُولُ عَنَاءُ الْمَعَانُ

WA FIIHI YATHUULU 'ANAA-UL MA'AN 
dan akan panjang penderitaannya. 

وَإِنْ يَتْرُكِ الطَّفْلَ مَعْ نَفْسِهِ

WA-IN YATRUKITH THIFLA MA'NAFSIHI
Jika membiarkan anak dengan hawa nafsunya

بِحَسْبِ الْهَوَى فِي الصِّبَا الْأَبَوَانُ

BIHASBIL HAWAA FISH-SHIBAL ABAWAN 
di kala masih kecil oleh kedua orang tuanya

 فَفِي الْقُرْبِ لَا بُدَّ أَنْ يَنْظُرُوا

FAFIL QURBI LAA BUDDA AN YANDHURU
. Tak lama pasti mereka kan melihat

 عُقُوْقًا ، وَشَيْئًا لَهُ يَكْرَهَانُ

'UQUUQAN, WA SYAI-AN LAHU YAKRAHAN 
kedurhakaan dan sesuatu yang tak mereka suka.

 وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَدْعُوْهُمَا

WA YAUMAL QIYAAMATI YAD'UU HUMAA
 Di hari kiamat akan mengajukan orang tuanya

 إلَى الْحَكَمِ الْعَدْلِ يَخْتَصِمَانُ

ILAL HAKAMIL ADLI YAKHTASHIMAN 
kepada Hakim yang adil, lalu bertengkarlah keduanya 

 لِمَا قَصَّرُوْا مِنْ حُقُوْقٍ لَهُ

LIMAA QASH-SHARUU MIN HUQUUQIN LAHU
Karena mereka lalai memenuhi hak anaknya

 بِهَا أُمِرَا بَعْدَ سَبْعٍ ثَمَانُ

BIHAA UMIRAA BA'DA SAB'IN TSAMAN 
yang diperintahkan saat tujuh atau delapan usianya. 

 وَإِنْ أَدْبَاهُ وَقَامَا بِهِ

WA-IN ADDABAAHU WA QAAMAA BIHI
Jika mereka mendidik dan memenuhi kewajiban

 فَبِالْبِرِّ فِي الْحَالِ يَسْتَبْشِرَانُ

FABIL BIRRI FIL HAALI YASTAB SYIRAAN 
aka baktinya akan membuat mereka gembira. 

 وَحَظُهُمَا كَامِلٌ وَافِرُ

WAHADH-DHUHUMAA KAMILUN WAAFIRUN
Dan kebahagiaan mereka sempurna dan melimpah pula

 مِنْ أَفْعَالِهِ الصَّالِحَاتِ الْحِسَانُ

MIN AF'AALIHISH SHAALIHAATIL HISAAN 
dari perbuatan anak yang baik dan bagus. 

فَيَاوَيْحَ مُهْمِلِ أَوْلَادِهِ

FAYAA WAIHA MUHMILI AULAADIHI
Aduhai kasihan yang melalaikan anaknya

 وَتَارِكِهِمْ كَالدَّوَابِ الشَّوَانُ

WATAARIKIHIM KADDAWABBISY SYAWAN 
membiarkan mereka bagai binatang tak berharga. 

يُظِلُّوْنَ فِي جَهْلِهِمْ يَعْمَهُونَ

YUDHILLUUNA FII JAHLIHIM YA'MAHUUNA
Mereka akan tetap bingung dalam kejahilannya

 وَلَا يَفْقَهُوْنَ سِوَى لِلْخِوَانُ

WALAA YAFQAHUUNA SIWA LIL KHIWAAN 
dan tak ada yang mereka pahami kecuali meja makan. 

قَسَاةُ الطَّبَاعِ رَضُوا بِالضَّيَاعِ

QASAATUTH THIBAA'I RADLUU BIDL-DLAYAA'I
Tabi'at yang keras senang dengan keadaan sia-sia

 وَحَطَّ الضَّيَاعِ بَدِيلُ الْجِنَانُ

WA HADH-DHUDL DLAYAA'I BADIILUL JINAN 
dan kesia-siaan menjadi ganti dari surga. 

فَيَا خُسْرَهُمْ ، ثُمَّ يَا خُسْرَهُمْ

FAYAA KHUSRAHUM TSUMMA YAA KHUSRAHUM
Alangkah merugi dan meruginya mereka

 بِيَوْمِ التَّغَابُنِ يَوْمِ الْبَيَانُ

BIYAUMIT TAGHAABUNI YAUMIL BAYAN 
di hari saling merugikan, hari yang nyata segalanya. 

وَيَا فَوْزَ مَنْ كَانَ أَدَّبَهُمْ

WAYAA FAUZA MAN KAANA AD-DABAHUM
Dan sungguh beruntung yang telah mendidik mereka

 وَعَلَّمَهُمْ كُلَّ فِعْلِ يُزَانُ

WA 'ALLAMAHUM KULLA FI'LI YUZAN 
dan mengajarkan semua perbuatan bagus. 

يَجُوزُ الثَّوَابَ وَيُوْقَى الْعِقَابَ

YAHUUZUTS-TSAWAABA WA YUUQAL 'IQAABA
la beroleh pahala dan terpelihara dari siksa

وَقُرَّةُ عَيْنٍ لَهُ كُلَّ أَنْ

WA QURRATU 'AININ LAHU KULLA AN
serta penyejuk mata baginya kapan saja.
Jumat, 31 Januari 2025 0 komentar

Syair Al-Imam Abdullah bin Mubarak

بسم الله الرّحمن الرّحيم


رَأَيْتُ الذُّنُوْبَ تُمِيتُ الْقُلُوْبَ

RAITUDZ DZUNUUBA TUMIITUL QULUUBA
Kulihat dosa mematikan hati

وَقَدْ يُوْرِثُ الذُّلَّ إِدْمَانُهَا

WAQAD YUURITSUDZ DZULLA IDMAA NUHAA
Biasa melakukannya menyebabkan kehinaan
 

 وَتَرْكُ الذُّنُوْبِ حَيَاةُ الْقُلُوْبِ

WATARKUDZ DZUNUUBI HAYAATUL QULUUBI
Meninggalkan dosa menghidupkan hati

وَخَيْرُ لِنَفْسِكَ عِصْيَانُهَا

WA KHAIRUN LINAFSIKA 'ISHYAANUHAA
Dan menentangnya, bagimu adalah kebaikan

 وَهَلْ أَفْسَدَ الدِّينَ إِلَّا الْمُلُوكَ 

WAHAL AFSADAD DIINA ILLAAL MULUUKA
Bukankah rusaknya agama tiada lain karena para penguasa,

وَأَحْبَارُ سُوْءٍ وَرُهْبَانُهَا

WA AHBAARU SUU-IN WA RUHBAANUHAA 
uskup dan rahib yang jahat 

وَبَاعُوا النُّفُوْسَ وَلَمْ يَرْتَجُوا

WA BAA'UUN NUFUUSA WALAM YAR TAJUU
Mereka menjual jiwa tanpa mengharap

وَلَمْ تَغْلُ فِي السُّوْقِ أَثْمَانُهَا

WALAM TAGHLU FISSUUQI ATSMAA NUHAA
dengan harga yang tak mahal di pasar

 لَقَدْ رَتَعَ الْقَوْمُ فِي جِيفَةِ

LAQAD RATA'AL QAUMU FII JIIMATI
Sekelompok orang telah menggembala di ladang bangkai 

يَبِينُ لِذِي اللُّبِّ أَنْتَانُهَا

YABIINU LIDZIIL LUBI ANTAA NUHAA
Bau busuknya begitu jelas bagi mereka yang memiliki hati
Jumat, 31 Januari 2025 0 komentar

Qosidah Al-Ashma'

بسم الله الرّحمن الرّحيم


يَقُوْلُوْنَ لِي فِيْكَ إِنْقِبَاضُ وَإِنَّمَا

YAQUULUUNA LII FIIKA INQIBAADLUN WA INNAMAA
Mereka berkata kepadaku engkau dalam kemiskinan, sesungguhnya 

رَأَوْا رَجُلًا عَنْ مَوْقِفِ الذُّلِّ أَحْجَمَا

RA-AU RAJULAN 'AN MAUQIFIDZ DZULLI AHJAMAA
Mereka melihat seseorang yang sedang menahan diri

أَرَى النَّاسَ مَنْ دَانَاهُمْ هَانَ عِنْدَهُمْ

ARAN-NAASA MAN DAANAAHUM HAANA 'INDAHUM
dari kehinaan Kulihat manusia, siapa yang mendekati mereka, rendah di mata mereka

وَمَنْ أَكْرَمَتْهُ عِزَّةُ النَّفْسِ أَكْرَمَا

WAMAN AKRAMATHU IZZATUN NAFSI AKRAMAA
Siapa yang dimuliakan oleh kemuliaan jiwa, kan menjadi mulia

وَمَا كُلُ بَرْقٍ لَاحَ لِي يَسْتَفِرُّنِي

WAMAA KULLU BARQIN LAAHA LII YASTAFIZZUNII
Tak semua kilat yang berkilap menakutiku

وَلَا كُلُّ مَنْ لَا قَيْتُ أَرْضَاهُ مُنْعَمَا

WALAA KULLU MAN LAA QAITU ARDLAAHU MUN'AMAA
Dan tak setiap yang kutemui kurelakan dia dalam nikmat

وَإِنِّي إِذَا مَا فَاتِنِي الْأَمْرُ لَمْ أَبِتْ

WA INNII IDZAA MAA FAATINIL AMRU LAM ABIT
Sedangkan aku, jika perkara ini terlewatkan dariku, maka semalam aku tak tidur

أُقَلِّبُ كَفَيْ إِثْرَهُ مُتَنَدِّمَا

UQALLIBU KAFFII ITSRAHU MUTANADDIMAA
Kubalikkan yang tersisa dari telapak tanganku dengan penuh penyesalan

وَلَمْ أَقْضِ حَقَّ الْعِلْمِ إِنْ كَانَ كُلَّمَا

WALAM AQDLI HAQQAL 'ILMI INKAANA KULLAMAA 
Tak kupenuhi hak ilmu, jika setiap mereka yang menginginkannya 

بَدَا طَمَعُ صَيَّرْتُهُ لِيْ سُلَّمَا

BADAA THAMA'UN SHAYYAR TUHU LII SULLAMAA
kujadikan baginya tangga kepadaku

إِذَا قِيلَ : هَذَا مَنْهَلٌ ، قُلْتُ : قَدْ أَرَى

IDZAA QIILA: HADZAA MANHALUN QULTU: QAD ARA 
Jika dikatakan: Ini adalah tempat minum, maka kukatakan: Aku telah melihatnya,

وَلَكِنْ نَفْسَ الْخَرِ تَحْتَمِلُ الظَّمَا

WALAKIN NAFSAL HURRI TAHTAMILUDH DHAMAA
akan tetapi jika yang merdeka tahan terhadap rasa haus 
 
;