Jumat, 05 April 2019

29 Rajab 1440 H (5 April 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Umar bin Abdul Aziz berkata: "Tidak ada kebahagiaan yang tersisa untukku, kecuali diranah-ranah takdir." (13:36 WIB)
  2. Sesungguhnya para ulama terdahulu apa yang menjadi ketetapan Allah SWT adalah sesuatu hal yang selalu di inginkannya. (13:37 WIB) 
  3. Barangsiapa yang ridah terhadap apa yang Allah SWT bagikan kepadanya, maka Allah SWT akan melapangkan dan memberkatinya. Dan barangsiapa tidak ridha maka Allah SWT tidak akan melapangkan dan memberkatinya. (13:37 WIB)
  4. Setiap kehendak atau keinginan yang tidak terwujud adalah rencana manusia, dan rencana manusia itu selalu banyak keinginan sedangkan rencana Allah SWT selalu berbicara lain, dan rencana Allah SWT apabila datang kepada manusia kebanyakan dari mereka tidak menyukainya. (13:39 WIB)
  5. Apa yang menjadi takdir Allah SWT itu selalu terbaik untuk manusia walaupun itu tidak menyenangkan. (13:39 WIB)
  6. Ketahuilah sesungguhnya Allah SWT itu telah menjadikan segala sesuatunya ketetapan. (13:43 WIB)
  7. Orang yang longgar hatinya adalah orang yang selalu menerima segala ketetapan dari Tuhannya. (13:45 WIB)
  8. Abu Musa Al-Ashari berkata bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: "Pada hari kiamat Allah SWT menyerahkan seorang yahudi atau nasrani kepada setiap muslim, lalu Allah SWT berfirman kepada muslim tersebut 'inilah penebusmu dari siksa neraka'." (13:48 WIB)
  9. Barangsiapa yang menikahi orang yang berbuat riba maka dia termasuk orang berzina. (13:51 WIB)
  10. Sesungguhnya Allah SWT menjadikan binatang-binatang di alam ini untuk menjadi ibarat agar manusia dapat membacanya bahwa mereka adalah perwakilan dari berbagai sifat manusia. (13:59 WIB)
  11. Barangsiapa yang membuat kebudayaan atau sesuatu hal yang membuat manusia lupa akan Allah SWT niscaya dia akan dimintai pertanggung jawabannya kelak. (14:00 WIB)
  12. Ada 3 perkara barangsiapa yang menjaganya maka dia adalah waliyullah dan yang menyiakan adalah musuh Allah SWT: (1) Sholat (2) Puasa (3) Dan mandi jinabat. dan itu semua termasuk amanat antara Allah SWT dan hambanya. (14:04 WIB)
  13. Sesungguhnya manusia yang dijadikan waliyullah adalah mereka yang banyak beribadah dan mengingat mati. (14:05 WIB)
  14. Allah SWT mencintai orang yang bertaubat dan selalu mensucikan diri, maka dari itu wudhu didahulukan sebelum mandi besar. (14:08 WIB)
  15. Jadikanlah Gurumu selalu dihadapanmu sehingga setiap perbuatan dan perilakumu merasa selalu diawasi oleh Gurumu. (14:11 WIB)
  16. Kedudukan ilmu itu adalah imam dari segala amal dan perbuatan, maka tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh sehingga amal akan mengikutinya, dan jangan berimam terhadap amal niscaya akan hilang rasa takutmu dan muncul rasa banggamu. (14:12 WIB)
  17. Rasulullah SAW bersabda: pada malam ketika Aku di isra'kan kelangit Aku melihat ada seorang lelaki dan wanita yang mana mereka memukul kepala mereka sendiri, sehingga mengalirlah otak-otak mereka bagaikan sungai yang besar, mereka mengucapkan alangkah celaka dan nista, Aku bertanya 'Hai jibril siapakah mereka itu?' ia menjawab 'yaitu orang yang melaksanakan sholat fardhu diluar waktunya'. (14:17 WIB)
  18. Orang yang meremehkan sholat, dan selalu qodho' sholatnya kelak diakhirat akan dipecahkan kepalanya. (14:18 WIB)
  19. Yang disebut orang berilmu adalah orang yang selalu menghitung untung dan rugi, tetapi orang yang bodoh adalah orang yang menghilangkan amalnya. (14:23 WIB)
  20. Didalam menentukan hukum hendaknya manusia di sertai dengan kebijaksanaan, tetapi kebijakan itu bersumber dari hikmah. (14:31 WIB)
  21. Barangsiapa yang berbuat baik tetapi banyak terhalang disebabkan dia banyak maksiat kepada Allah SWT. (14:39 WIB)
  22. Barangsiapa merasa sulit untuk menunaikan sholat isya' berjamaah disebabkan dia banyak bermaksiat siang harinya, sehingga Allah SWT menutup pintu untuk manusia itu datang kepadaNya. (14:40 WIB)
  23. Barangsiapa yang hari ini sama dengan kemarin adalah sebuah kebodohan, dan barangsiapa yang lebih buruk dia termasuk orang yang rugi, dan barangsiapa yang lebih baik dari hari ini maka dia adalah umat Nabi Muhammad SAW. (14:41 WIB)
  24. Al-Hasan meriwayatkan dari Nabi, bahwasanya: "Siapa yang menjahit sandalnya, menambal bajunya, dan membiarkan wajahnya berdebu ketika bersujud semata-mata karena Allah SWT, maka dia terlepas dari sifat sombong." (14:45 WIB)
  25. Setiap perbuatan semata-mata karena Allah SWT dan tidak tergantung kepada mahluk maka dia termasuk orang yang tidak sombong, dan barangsiapa yang beramal karena ingin dilihat manusia maka dia termasuk orang yang sombong. (14:46 WIB)
  26. Janganlah kamu menggantungkan dirimu terhadap mahluk, barangsiapa yang terikat dengan manusia lainnya maka siaplah kamu menjadi budaknya, maka ikatkanlah dirimu kepada Allah SWT. (14:47 WIB)
  27. Barangsiapa yang mengikatkan dirinya kepada Allah SWT maka segala bentuk kehilangan tidak akan terasa sakit, tetapi apabila dia terikat dengan mahluk lainnya maka saat ditinggalkan maka dia akan terasa sakit. (14:48 WIB)
  28. Sesungguhnya orang yang mati itu adalah bentuk kebebasan, dan kehidupan ini sangatlah rumit, maka bagi orang yang beriman kematian adalah hal yang menggembirakan, dan menakutkan bagi orang yang munafik. (14:49 WIB)
  29. Apabila kamu seorang ahli akhirat maka kamu pasti akan mengetahui orang yang ahli dunia, sedangkan orang yang ahli dunia tidak akan mengetahui orang yang ahli dunia. (14:50 WIB)
  30. Sesungguhnya orang yang alim itu selalu merindukan orang-orang yang rindu kepada Rasulullah SAW. (14:54 WIB)
  31. Barangsiapa yang tidak bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT sesungguhnya dia akan mendapatkan siksa yang pedih. (14:57 WIB)
  32. Orang yang datang di majelis ilmu tetapi hatinya tidak untuk mencari ilmu melainkan untuk urusan dunia maka dia termasuk orang yang kufur. (14:58 WIB)
  33. Sesungguhnya orang yang kufur itu mereka termasuk orang yang pendusta, mereka datang kepada Allah SWT tetapi tidak memohon ampunan melainkan mereka datang dengan hawa nafsunya untuk dituruti. (15:00 WIB)
  34. Barangsiapa yang diberikan nikmat oleh Tuhannya kemudian dia menyia-nyiakannya hanya untuk kesenangan dirinya sendiri maka dia termasuk orang yang tidak bersyukur. (15:00 WIB)
  35. Sesungguhnya orang yang banyak mengeluh itu termasuk orang yang tidak bersyukur, dia tidak mengetahui akan nikmat dan karunia yang telah Allah SWT berikan kepadanya. (15:01 WIB)
  36. Orang yang beriman itu memiliki 4 musuh, yaitu dirinya sendiri, hawa nafsu, iblis, dan yang terakhir adalah dunia yang selalu di ingat dan di inginkannya, selama manusia tidak mengetahui musuhnya maka janganlah katakan dirimu beriman, dan pastilah dirimu adalah orang yang pendusta. (15:03 WIB)
  37. Sesungguhnya orang yang paling miskin didunia ini adalah orang yang tidak mengingat Allah SWT. (15:03 WIB)
  38. Apabila manusia berdzikir selain Allah SWT atau dalam kelalaian tentu tidak akan mengetahui musuh-musuhnya, dan barangsiapa yang menyebut nama Allah SWT dengan mengetahui dan mengenal sifat-sifat dan perbuatan Allah SWT akan memiliki benteng penjagaan iman didalam hatinya. (15:05 WIB)
  39. Barangsiapa yang membaca kalimat tauhid tetapi justru semakin berkobar hawa nafsunya, itulah bentuk dzikir setan, dan ketahuilah setan itu dahulu adalah rajanya ibadah, sehingga manusia yang salah niat dalam berdzikir tentu dengan mudah dibelokkan oleh iblis. (15:06 WIB)
  40. Barangsiapa membaca kalimat tauhid dengan niat semata-mata karena Allah SWT niscaya dia akan dijauhkan dari bencana dan musibah, dihapus segala dosanya, puncaknya akan dimasukkan kedalam surganya. (15:08 WIB)
  41. Kuatkanlah hubunganmu terhadap Allah SWT terlebih dahulu niscaya kamu akan diberikan kekuatan untuk hubungan dengan manusia, barangsiapa yang menguatkan hubungan dengan manusia terlebih dahulu niscaya dia akan lemah hubungannya dengan manusia dan terhalang dengan Tuhannya. (15:10 WIB)
  42. Barangsiapa yang mengaku bertaubat tetapi tidak merubah segala keburukannya, meninggalkan teman-teman buruknya, mempelajari taubat itu dengan ilmu, tidak mengetahui musuh-musuhnya, maka dia termasuk orang yang tidak bertaubat. (15:12 WIB)
  43. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang mempunyai istri yang keluar tanpa ijin dari suaminya maka ceraikanlah." (15:15 WIB)
  44. Al Hasan berkata: "Diantara manusia ada yang diberi inspirasi mengharap ampunan hingga ia meninggalkan dunia ini tanpa taubat." (15:19 WIB)
  45. Orang yang bodoh dalam beribadah dia membaca istighfar, kemudian dia beramal tetapi amalnya dihamburkan, dan dosa orang yang bodoh itu selalu dalam kelalaian. (15:20 WIB)
  46. Wanita yang berzina itu sangatlah hina, tetapi wanita yang dosanya lebih dari berzina adalah wanita yang meninggalkan sholat, memakai parfum bukan untuk suaminya, dan pemakan riba. (15:23 WIB)
  47. Bagaimana manusia itu dapat bahagia hidupnya apabila tidak mengetahui hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh agama, dan celaka bagi yang mengetahuinya tetapi tidak mengingatkan yang lainnnya. (15:24 WIB)
  48. Sesungguhnya banyaknya murid mengabdi kepada gurunya hanyalah badannya tidak hatinya, banyak dari mereka badannya mengabdi tetapi isi hatinya sangat menjijikkan. (15:29 WIB)
  49. Baransgiapa yang banyak memperbaiki urusan dhahirnya tetapi tidak mengetahui urusan hatinya maka dia termasuk orang yang celaka, karena kelak di akhirat Allah SWT akan melihat hatimu bukan jasadmu. (15:29 WIB)
  50. Janganlah kau biarkan hatimu lalai dalam mengingat Allah SWT sekalipun siang dan malam jasadmu beribadah kepada Allah SWT, niscaya ibadahmu akan sia-sia. (15:30 WIB)
  51. Urusan hati adalah hal yang terpenting dalam menuju kepada Allah SWT, oleh sebab itu banyak para ulama terdahulu selalu menulis kitab mengenai perihal hati. (15:31 WIB)
  52. Apabila kamu berbicara dengan orang lain jagalah lisanmu, tetapi apabila kamu berbicara dengan ulama jagalah hatimu. (15:32 WIB)
  53. Janganlah sibuk mengurusi kekurangan orang lain, tetapi sibuklah kamu dengan amalmu yang kelak akan dihadapkan Tuhanmu. (15:33 WIB)
  54. Syeikh Al-Quraisy: "Barangsiapa yang bersahabat dengan seorang guru/ulama lalu dia memutuskan hubungannya (berpaling hatinya) maka dia wajib bertaubat, dan apabila dia menelusuri jalan ma'rifat maka dia tidak akan sampai kepada jalannya." (15:36 WIB)
  55. Seorang penuntut ilmu itu harus ada ikatan batin dengan Gurunya, karena menuju Tuhannya berbicara mengenai pendidikan batin, maka kondisi batin yang tersambung itulah yang akan membimbing seorang murid sampai kepada Tuhannya. (15:37 WIB)
  56. Ilmu mengenal Allah SWT itu dapat menaikkan kedudukan derajat seseorang, tetapi barangsiapa yang sibuk dengan amal dia pasti akan sibuk dengan pandangan orang terhadap dirinya. (15:40 WIB)
  57. Hendaknya manusia mempelajari terlebih dahulu hukum-hukum islam, lalu belajar mengenai ketahuidan sampai datang rasa takut kepada Tuhannya. (15:46 WIB)
  58. Tidak disebut dosa besar ketika dia berbuat dosa besar tetapi kemudian bertaubat, dan tidak disebut dosa kecil walupun kecil tetapi dibiarkan terus menerus didalam kelalaian. (15:47 WIB)
  59. Tidak disebut orang yang berilmu yang tidak memiliki akhlaq dan hati seorang penyantun. (15:48 WIB)
  60. Andaikan manusia mengetahui betapa pentingnya akhlaq, maka dia pasti akan mendahulukan akhlaq daripada ilmu. (15:48 WIB)
  61. Banyaknya kita ziarah mencari doa kepada para waliyullah, tetapi ketahuilah sesungguhnya doa para wali itu akan kalah dibandingkan doa dari seorang ibu kandungmu. (16:01 WIB)
  62. Ziarahlah kepada orang tuamu terlebih dahulu membaca Surat Alfateha, Al-Ikhlas 30x, Al-Falaq, An-Nass, Ayat kursi barulah kamu berziarah kepada waliyullah. (16:02 WIB)
  63. Syarat orang yang menuntut ilmu adalah wajib sholat birrul walidain setiap malam jumat. (16:09 WIB)
  64. Syeikh Abdul Qadir Jailani didalam kitab Al-Gunniyah: "Barangsiapa yang berdoa kepada Tuhannya tetapi tidak diawali dengan memintakan ampun untuk kedua orang tuanya, niscaya tertolak doanya." (16:12 WIB)
  65. Wasiat Guru: Hendaknya dimalam jumat atau hari jumat mintalah ampun kepada ibumu, bawa air dan bunga rendam kakinya didalam air tersebut, lalu biarkan ibumu membaca Surat Al-Ikhlas 30x di ubun-ubunmu, sedangkan dirimu minum air bekas cuci kakinya dan membaca doa Birul Walidain, lalu tengkuraplah didepan pintu dan biarkan ibumu melangkahi dirimu dengan membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 3x, lalu ambil air sisa cuci tadi untuk digunakan mandi taubat. (16:26 WIB)
  66. Orang yang durhaka adalah orang yang memuliakan sesuatu yang tidak pantas untuk dimuliakan, sedangkan orang yang mulia adalah orang yang memuliakan orang yang mulia. (16:44 WIB)
  67. Murid yang terkena 'ain(kualat) adalah murid yang didepan dan dibelakang Gurunya berbeda, dia berani bermaksiat sembunyi-sembunyi padahal gurunya mengetahui, begitu juga murid yang tidak memiliki akhlaq terhadap Gurunya. (16:50 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;