Jumat, 12 April 2019

7 Sya'ban 1440 H ( 12 April 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Manusia itu hendaknya bersabar dan meneguhkan pendiriannya pastilah dia akan menjadi orang yang bertakwa dalam kondisi apapun. (13:30 WIB)
  2. Barangsiapa yang bersabar terhadap segala kondisi niscaya dia akan menjadi mulia didalam ketakwaan. (13:32 WIB)
  3. Kadar sabar manusia itu akan diuji oleh Allah SWT dengan banyaknya masalah dan beban dalam kehidupan. (13:32 WIB)
  4. Setiap manusia diperintahkan untuk bersabar dan setiap sabar itu memiliki balasan yang berbeda sesuai dengan kadar ujian yang diberikan oleh Allah SWT. (13:33 WIB)
  5. Barangsiapa yang ingin berjumpa dengan Rasulullah SAW hendaknya dia taat dan berbakti kepada orang tuanya terutama ibu kandungmu. (13:34 WIB)
  6. Manusia yang mentaati ibunya dengan niat berjumpa Rasulullah SAW niscaya dia akan dimudahkan oleh Allah SWT untuk dibukakan pintu perjumpaan. (13:35 WIB)
  7. Akhlaq yang paling mulia adalah memuliakan kedua orang tuanya, kemudian mertuanya, barulah guru-gurunya. (13:36 WIB)
  8. Apabila manusia mencampurkan suatu urusan dunia dan akhirat niscaya akan tertolak segala doanya. (13:37 WIB)
  9. Barangsiapa yang memiliki kelembutan dihatinya, yang menjadi senjata adalah bahasa firasatnya, dia bisa merasakan dan menyampaikan sesuatu tanpa berbicara melainkan dengan rasa. (13:41 WIB)
  10. Ketahuilah masalah yang datang kepadamu itu adalah sebuah kerikil-kerikil yang dilemparkan kepada dirimu, apabila kamu bersabar dalam menahan rasa sakitnya niscaya Allah SWT akan memberikan dirimu kemuliaan yang tinggi. (13:43 WIB)
  11. Apabila Allah SWT hendak memuliakan seseorang dia akan melihat dirimu dari sisi kesabaranmu. (13:46 WIB)
  12. Barangsiapa rezekinya dirampas ketahuilah sesuatu yang akan hilang itu Allah SWT hendak menggantikannya dengan sesuatu yang baik apabila kamu bersabar. (13:46 WIB)
  13. Orang-orang yang takwa itu adalah orang yang membawa musuh-musuhnya untuk masuk surga. (13:47 WIB)
  14. Sesuatu yang kamu inginkan tetapi tidak kamu dapatkan, bersabarlah dan berbaik sangkalah terhadap Allah SWT, bisa jadi Allah SWT sedang menyiapkan sesuatu yang lebih baik dari yang kamu inginkan. (13:50 WIB)
  15. Bisa jadi rezeki yang diambil darimu mengandung sesuatu yang buruk sehingga Allah SWT mengirimkan orang yang dhalim untuk mengambil sesuatu yang buruk tersebut. (13:51 WIB)
  16. Sesungguhnya setiap 40 hari sekali itu Allah SWT memberikan rezeki kepada hambanya bonus agar hambanya berkecukupan dan berkelebihan. (13:52 WIB)
  17. Rasulullah SAW bersabda: "Amal yang paling utama setelah beriman adalah cinta kasih terhadap sesama manusia". (13:53 WIB)
  18. Sesungguhnya sifat kemanusiaan itu tidaklah bisa berkasih sayang, karena sifat manusia itu cenderung kepada sifat binatang. Sedangkan kasih sayang itu terletak pada sfiat keTuhanan. (13:55 WIB)
  19. Sesungguhnya yang disebut islam kaffah atau terpenuhi adalah bentuk kedudukan iman. (13:56 WIB)
  20. Janganlah petunjuk yang datang kepadamu terhambat dengan akal pikiranmu, melainkan segera laksanakan. (14:00 WIB)
  21. Segala sesuatu yang mendapatkan petunjuk itu akan mudah melaksanakannya, tetapi terkadang akal manusia merusak petunjuk tersebut sehingga bersiasat atas petunjuk itu. (14:01 WIB)
  22. Orang yang mendapat petunjuk itu bukanlah orang yang naik haji setiap tahun dan beribadah siang malam, melainkan orang yang bertakwa adalah orang yang mendapatkan petunjuk. (14:02 WIB)
  23. Sesungguhnya penyakit badan itu mudah untuk disembuhkan tetapi penyakit hati sangatlah susah disembuhkan. (14:02 WIB)
  24. Hati yang sakit itu ibarat mesin yang rusak, tidaklah berarti mobil yang bagus seperti apapun tetapi rusak mesinnya tetaplah menjadi mobil yang mogok. (14:03 WIB)
  25. Rasulullah SAW bersabda: "Laut itu sesungguhnya airnya suci dan mensucikan, dan bangkai yang didalamnya adalah halal." (14:04 WIB)
  26. Sesungguhnya sholat subuh itu adalah waktu dimana banyak orang munafik tertidur, dinginnya udara dan air pada subuh itu dapat merontokkan dosa-dosamu. (14:07 WIB)
  27. Bentuk ilmu itu pasti manfaat saat diletakkan dimana saja, asalkan dia mengetahui bagaimana cara menempatkan ilmu tersebut. (14:12 WIB)
  28. Rasulullah SAW bersabda: "Diantara seorang hamba dan surga terdapat tujuh hambatan, hambatan yang paling ringan adalah mati, dan yang paling sulit adalah berdiri dihadapan Allah SWT, yaitu ketika orang yang teraniaya menuntut kepada yang menganiaya. (14:16 WIB)
  29. Sesungguhnya orang yang didhalimi itu doanya akan dikabulkan sekalipun dia orang yang kafir. (14:16 WIB)
  30. Barangsiapa menyakiti hati hakikatnya dia menyakiti Rasulullah SAW, dan barangsiapa yang menyakiti jasad seorang hakikatnya dia menyakiti Nabi Adam a.s (14:17 WIB)
  31. Sesungguhnya nadzar itu diperbolehkan tetapi Guru-guru kami tidak menyukainya dan lebih melarang disebabkan takut apabila terlupa akan menjadi dhalim dan menghambat menuju Allah SWT disebabkan belum terlunasi apa yang dijanjikannya. (14:20 WIB)
  32. Sesungguhnya orang yang ikhlas dan takwa itu adalah manusia yang paling unggul dan tidak memiliki tandingan didunia ini. (14:21 WIB)
  33. Rasulullah SAW bersabda: "Ada lima perkara yang berakibat 5 perkara yaitu:
    1. Tiada suatu kaum yang merusak perjanjian kecuali Allah SWT menguasakan atas mereka musuh mereka.
    2. Tiada sekali-sekali mereka memutuskan suatu perkara bukan dengan hukum yang telah diturunkan oleh Allah SWT kecuali kefakiran pasti akan melanda mereka.
    3. Tiada sekali-sekali perbuatan zina muncul dikalangan mereka kecuali kematian merajalela diantara mereka
    4. Tiada sekali-sekali mereka mengurangi takaran kecuali mereka akan dilanda kekeringan dan paceklik
    5. Tiada sekali-sekali mereka mencegah zakat kecuali hujan akan dicegah dari mereka. (14:24 WIB)
  34. Ketahuilan sesungguhnya dari seribu orang yang bersedekah itu hanya satu yang ikhlas, dan seribu orang yang zakat itu hanya satu yang halal, begitu juga orang yang haji dari seribu hanya satu yang diterima oleh Allah SWT. (14:30 WIB)
  35. Sesungguhnya keikhlasan itu bersama dengan kematian, selama dia masih hidup didunia ini dia hanyalah belajar ikhlas. (14:31 WIB)
  36. Orang-orang yang terpilih diantara kalian adalah seseorang yang dapat mengingatkan kalian terhadap Allah SWT bila melihatnya, dan tutur katanya dapat menambah ilmu dan amal perbuatannya dapat menambah semangat kepada kalian untuk beramal demi akhirat kalian. (14:35 WIB)
  37. Tanda-tanda orang yang bertambah ilmunya itu maka bertambah pula rasa malu dan takutnya terhadap Allah SWT, sedangkan manusia yang celaka adalah mereka yang bertambah ilmunya tetapi justru bertambah keinginan selain terhadap Tuhannya. (14:37 WIB)
  38. Janganlah kamu beribadah untuk meminta rezeki, asalkan manusia itu menuruti segala perintah Allah SWT niscaya Allah SWT akan berikan dia rezeki melalui sebab yang tidak pernah disangkanya. (14:39 WIB)
  39. Rasulullah SAW bersabda: "Banyak orang jahil yang rajin ibadah, dan banyak pula orang alim yang durhaka, maka itu hati-hatilah terhadap orang yang jahil ahli ibadah, dan orang yang durhaka menjadi ulama." (14:41 WIB)
  40. Sesungguhnya seorang ulama yang tujuannya untuk dunia dia termasuk orang yang durhaka kepada Allah SWT. (14:42 WIB)
  41. Ketahuilah manusia itu melupakan dosa-dosanya disebabkan banyaknya dosa yang diperbuat, maka seperti itu pulalah bersedekah perbanyaklah sehingga melupakan apa yang pernah kita keluarkan. (14:54 WIB)
  42. Sesungguhnya orang yang istiqomah sholat dhuha setiap hari walaupun hanya dua rakaat, Allah SWT akan menganugerahi nafasnya mampu membakar setan. (15:00 WIB)
  43. Orang yang rajin sholat dhuha itu akan menguatkan sendi-sendi tulangnya sehingga terbebas dari kelumpuhan. (15:01 WIB)
  44. Barangsiapa yang merasa pandai dari ibu kandungnya dia pasti akan susah kehidupannya. (15:25 WIB)
  45. Barangsiapa ingin sukses akhiratnya hendaknya dia menjaga sholatnya, sedangkan sukses dunia hendaknya dia menjaga hati ibu kandungnya. (15:25 WIB)
  46. Sifat ketuhanan itu diperuntukkan untuk menghilangkan sifat kemanusiaan, karena sifat manusia itu cenderung kepada sifat hewan. (15:57 WIB)
  47. Sesungguhnya sesuatu yang dibenci oleh Allah SWT itu adalah hutang, dan musuh Allah SWT adalah orang yang melakukan Riba. (15:58 WIB)
  48. Apabila kamu memiliki hutang janganlah meninggalkan sholat tasbih setelah maghrib, dan sholat fajr sebelum subuh, lalu sholat dhuha. (16:00 WIB)
  49. Sesungguhnya seorang yang ahli neraka itu tidak pernah lepas dari perkara riba' dan setiap apa yang dilakukannya selalu salah, dikunci hati dan akalnya sehingga jauh dari pemahaman ilmu. (16:11 WIB)
  50. Buat apa kamu hidup mewah tetapi penuh dengan kredit yang akan mendatangkan permasalahan didalam hidupmu. (16:14 WIB)
  51. Sesungguhnya seorang yang memiliki hutang itu Rasulullah saja tidak mau menyolati mayat yang memiliki hutang. (16:24 WIB)
  52. Sesungguhnya orang yang memiliki hutang itu diharamkan untuk makan enak, beli pakaian atau kebutuhan dirinya, karena hak orang yang menghutangi berada padanya. (16:26 WIB)
  53. Keliru dalam hal berucap itu mengakibatkan doamu itu tertolak dalam beribadah kepada Allah SWT. (16:37 WIB)
  54. Janganlah kamu mendoakan seseorang yang mendapat marah dari Allah dan Rasulnya, niscaya kamu termasuk orang yang mendapat marah juga. (16:41 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;