Jumat, 25 Januari 2019

19 Jumadil Awal 1440 H (25 Januari 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Dari Abdullah bin Amr, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: "tidaklah orang yang sakit itu kecuali amalnya dicatat ketika dia sehat". (13:55 WIB)
  2. Sesungguhnya bagi penuntut ilmu sakit itu adalah bentuk pengampunan dari Allah SWT. (13:57 WIB)
  3. Bagi penuntut ilmu yang istiqomah apabila dia sakit dan berhalangan hadir di majelis ilmu, sakitnya mendapat ampunan, dan aliran pahalanya tetap mengalir dihitung layaknya hadir seperti biasa, dan apabila mati dia termasuk golongan yang mati syahid. (13:58 WIB)
  4. Sesungguhnya orang yang mendapatkan ujian itu mendapatkan hadiah yang besar, karena itu bentuk dari Allah SWT akan menaikkan derajat seorang hamba. (14:05 WIB)
  5. Janganlah kamu berkata 'andaikan aku begini dan begitu', tetapi setiap hal yang telah terjadi katakanlah bahwa ini sudah takdir dari Allah SWT. (14:06 WIB)
  6. Riwayat dari Ibnu Abbas r.a dia berkata : "Tidaklah langit dan bumi yang tujuh itu ditelapak tangan Ar-Rahman melainkan bagai sebutir biji sawi yang ada ditangan seorang diantara kamu. (14:13 WIB)
  7. Apabila sholat hendaknya badan menghadap kiblat dan hati menghadap ke Allah SWT, tetapi kebanyakan hati mereka menghadap selain kepada Tuhannya. (14:21 WIB)
  8. Manusia yang beribadah hanya memikirkan dirinya sendiri, sesungguhnya dia tidak menyembah Tuhannya melainkan dia menyembah dirinya sendiri. (14:25 WIB)
  9. Sesungguhnya tidak akan bisa masuk surga lelaki yang kalah dengan istrinya, apalagi dia membiarkan atas kesalahan-kesalahan yang dilakukan istrinya. (14:27 WIB)
  10. Timbulnya tawadhu' disebabkan banyaknya tawajuh, maka orang yang banyak beribadah pastilah dia orang yang rendah hati. (14:41 WIB)
  11. Janganlah kamu mencari pengaruh atau penghormatan dari sesama manusia, karena sesama manusia itu akan pudar bersama masa. (14:42 WIB)
  12. Sesungguhnya apabila terjadi banyak bencana janganlah kalian meninggalkan doa qunut dan doa selamat. (14:48 WIB)
  13. Aku heran melihat manusia membangun rumah, kantor, toko, tetapi sedikit sekali mereka yang membangun imannya, betapa ruginya mereka membangun sesuatu yang akan ditinggalkan. (14:49 WIB)
  14. Kayakanlah hatimu sebelum kamu kaya dunia, sehingga saat kau diberikan kekayaan tidak satupun yang akan masuk kedalam hatimu. (14:52 WIB)
  15. Sesungguhnya orang yang kaya adalah mereka yang selalu merasa cukup dengan pemberian Allah SWT. (14:52 WIB)
  16. Berpikirlah tentang kematian dan janganlah kamu berpikir tentang kehidupan. (14:56 WIB)
  17. Sesungguhnya orang yang suka menunda-nunda pekerjaan adalah orang yang munafik, dan orang munafik itu mereka bukan orang yang menghargai waktu. (14:58 WIB)
  18. Mengharapkan sesuatu nikmat dari orang lain itu sudah termasuk bersekutu dengan setan, maka mintalah nikmat itu dari Allah SWT. (15:01 WIB)
  19. Sesungguhnya orang yang menuntut ilmu itu apabila mendapatkan nikmat dari ibadahnya niscaya dia akan semakin rajin dalam beribadah kepada Tuhannya. (15:05)
  20. Orang yang datang ke majelis seharunsya dia meminta petunjuk, menyiapkan diri dan niatnya, begitu datang harus memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakannya. (15:07 WIB)
  21. Bagaimana Allah SWT akan mengabulkan dan memberikan sesuatu apabila doamu tidak memiliki kesungguhan didalam meminta kepadanya. (15:07 WIB)
  22. Sayyidina Ali bin Abi Thalib berkata: "sesungguhnya akal itu ada dihati, rahmat dijantung, sifat kasihan di limpah, dan nafsu di usus." (15:18 WIB)
  23. Orang yang terkena musibah itu adalah orang yang ditinggalkan kebaikan, dan ditambahkan keburukannya. (15:20 WIB)
  24. Berbuat baiklah kamu kepada sesama, tidak disebut orang yang bersyukur kepada Allah SWT yang tidak pernah berterima kasih kepada orang lain. (15:21 WIB)
  25. Janganlah kamu tangan kosong apabila berkunjung ke rumah orang yang alim dan ulama, niscaya kamu termasuk orang yang tidak punya akhlaq. (15:36 WIB)
  26. Sesungguhnya yang disebut Waliyullah adalah mereka golongan kaum yang mengetahui akan jaminan dari Allah SWT. (15:44 WIB)
  27. Sesungguhnya yang menimpa kepada manusia bukan dari Allah SWT, tetapi dari perbuatan jahiliyah tangannya sendiri. (15:47 WIB)
  28. Tunaikanlah apa yang diperintahkan oleh Allah SWT dan senangkan hati baginda Nabi Muhammad SAW niscaya hatimu akan dibuat gembira. (15:49 WIB)
  29. Dari Ubay bin Ka'ab bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: "Janganlah kamu mencaci angin apabila kamu melihat sesuatu yang tidak menyenangkan maka berdoalah, 'Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepadamu dari kebaikan angin ini, kebaikan apa yang terkandung didalamnya, dan kebaikan dari apa yang diperintahkannya, dan kami berlindung dari keburukan angin ini, dan dari perintah apa yang terkandung didalamnya.'" (15:51 WIB)
  30. Takdir yang diputuskan Allah SWT itu sesungguhnya berasal dari perbuatan yang dilakukan oleh manusia, maka apabila ada takdir buruk menimpamu ketahuilah maksiat apa yang telah kamu lakukan. (15:55 WIB)
  31. Raihlah dunia ini dengan ilmu, dan raihlah akhirat dengan ilmu, dan semua itu membutuhkan proses. (15:59 WIB)
  32. Sesungguhnya meraih dunia dan akhirat itu menggunakan ilmu dan diperbolehkan menguasainya, yang tidak boleh adalah kamu meraih tetapi tidak menggunakan syariat yang telah ditentukan. (16:00 WIB)
  33. Sedikitlah berpikir dan perbanyaklah berdzikir untuk menumbuhkan keyakinan didalam hatimu. (16:23 WIB)
  34. Jadilah kamu orang yang sederhana tetapi kamu memiliki keyakinan yang luar biasa kepada Tuhanmu, dan janganlah kamu menunjukkan kelebihanmu tetapi kamu sama sekali tidak memiliki keyakinan. (16:27 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;