Minggu, 09 Desember 2018

29 Rabi'ul Awal 1440 H (7 Desember 2018)


بسم الله الرّحمن الرّحيم

  1. Ketahuilah orang yang kaya itu sejatinya tidak pernah memikirkan perihal rezeki, justru mereka yang sering memikirkan bagaimana rezeki adalah orang yang miskin. (14:06 WIB)
  2. Rasulullah SAW bersabda: "Sholat adalah amal pertama bagi seseorang yang akan dihisab pada hari kiamat, maka jika sholatnya sempurna dimudahkan baginya hisab tetapi jika terdapat kekurangan maka Allah SWT menyeru malaikat 'adakah sholat sunnah baginya?, jika ada tutuplah kekurangan fardhunya dengan  sunnah tersebut, dan jika sudah sempurna teruskanlah amal lainnya, sesuai dengan hisab itu'." (14:08 WIB)
  3. Ibadah itu adalah proses, maka teruslah riyadhah agar kamu mengetahui hakikat ibadah tersebut. (14:10 WIB)
  4. Proses orang ibadah itu mengetahui hakikatnya untuk apa dirinya diciptakan, dan mengetahui siapa yang menjadi tujuannya. (14:17 WIB)
  5. Sesungguhnya orang yang paling beruntung adalah orang yang beriman, dan tanda orang yang beriman mereka khusyuk didalam sholatnya. (14:18 WIB)
  6. Sembahlah Allah SWT sampai datang keyakinanmu, karena hakikatnya manusia diciptakan untuk menyembah Allah SWT, dan beruntunglah orang yang diberikan khusyuk dalam ibadahnya. (14:19 WIB)
  7. Tatalah sholatmu janganlah sibuk menata pekerjaan, keluarga dan kehidupanmu tetapi sholatmu berantakan.  Barangsiapa yang sholatnya berantakan niscaya kehidupannya juga akan berantakan. (14:23 WIB)
  8. Sesungguhnya sholat yang benar-benar khusyuk itu akan menghindarkan diri dari kemaksiatan dan kemungkaran dan Allah SWT pelihara dirinya. (14:25 WIB)
  9. Barangsiapa yang memuliakan orang tuanya dengan ketaatan niscaya dia akan dimuliakan di dunia ini, dan barangsiapa yang memuliakan Allah SWT dengan ibadahnya niscaya Allah SWT memuliakan dirinya. (14:29 WIB)
  10. Baranagsiapa yang ingin mulia maka taatlah kepada orang tua dan Allah SWT. (14:29 WIB)
  11. Berdoalah kepada Tuhanmu untuk mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat. (14:32 WIB)
  12. Banyak manusia berjalan seolah-olah menuju kepada Tuhannya, tetapi sejatinya dia terbelenggu didalam nafsu syahwatnya. (14:40 WIB)
  13. Sesungguhnya Tuhanmu itu tidak terhalang, Allah SWT itu melihat yang nyata, yang tersembunyi dan tidak terbatas, yang membatasi manusia itu sendiri kepada Tuhannya dengan nafsu syahwatnya dan keinginan terhadap materi. (14:16 WIB)
  14. Syeikh Abu Muhammad Ruwaim: "Sungguh aku heran melihat manusia, mereka beribadah seolah-olah menyembah Tuhannya, tetapi ternyata didalam hatinya menginginkan selain Tuhannya." (14:51 WIB)
  15. Tafakkur adalah lentera hati, oleh karena itu apabila hati tidak bertafakkur maka hati itu tidak bercahaya lagi. (14:52 WIB)
  16. Barangsiapa ingin mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat, maka carilah ilmu untuk melaksanakan keduanya. (15:04 WIB)
  17. Sesungguhnya Rasulullah SAW itu selalu berdoa agar umatnya terhindar dari segala urusan hutang, tetapi di zaman ini manusia justru berlomba-lomba untuk mendapatkan hutang. (15:13 WIB)
  18. Barangsiapa berserikat didalam keburukan maka dia akan terseret didalam kemaksiatan, bahkan anak keturunannya juga akan terseret kedalam keburukan. (15:19 WIB)
  19. Tidak ada artinya harta yang haram kecuali akan membuat resah. (15:20 WIB)
  20. Sampaikan sesuatu yang benar itu walaupun pahit karena kelak manisnya akan lebih manis daripada manisnya madu. (15:47 WIB)
  21. Selama dzikir itu belum sampai kepada Allah SWT niscaya dia tidak akan bisa bertafakkur, karena tafakkur itu adalah pemberian dari Allah SWT. (15:50 WIB)
  22. Banyaknya manusia melihat orang yang mati tetapi tidak mampu mengambil pelajaran dari orang yang mati, maka orang yang mengambil pelajaran adalah mereka yang melihat orang mati dan bersiap untuk bekal mati. (15:57 WIB)
  23. Barangsiapa yang berdzikir bersungguh-sungguh untuk mengingat Allah SWT maka akan membakar seluruh dosa-dosamu, tetapi apabila dzikirmu justru mengingat selain Allah SWT maka itulah dzikir didalam kelalaian yang justru menambahkan dosa-dosamu. (16:01 WIB)
  24. Pergilah kamu menuju kepada Tuhanmu, tinggalkanlah segala keadaanmu menuju kepada yang menciptakan keadaan. (16:03 WIB)
  25. Barangsiapa yang bersungguh-sungguh dijalan Allah SWT niscaya segala urusannya akan dicukupi. (16:04 WIB)
  26. Apabila hati sudah mendapatkan cahaya maka semua pintu petunjuk akan terbuka, dia tidak akan berkata dan bergerak atas hawa nafsunya, melainkan dia atas petunjuk Tuhannya yang tidak memiliki kepentingan apa-apa dan tidak bergantung kepada manusia. (16:07 WIB)
  27. Mustahil manusia itu mendapatkan kewibawaan apabila dia tidak jujur kepada Tuhannya. (16:10 WIB)
  28. Sesungguhnya para wali itu mengetahui apabila sholatnya tidak merasa khusyuk dan itu menggelisahkan hati mereka, sedangkan orang awam walaupun tidak khusyuk mereka tenang bahkan merasa aman terhadap ibadah yang dilakukan. (16:19 WIB)
  29. Sesungguhnya yang dicari didalam ibadah adalah kekhusyukannya, sedangkan kekhusyukan itu didapatkan karena dipandang oleh Allah SWT. (16:20 WIB)
  30. Banyak manusia berharap akan ampunan Allah SWT, tetapi dia tidak berani meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah SWT. (16:25 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;