Minggu, 02 Desember 2018

22 Rabi'ul Awal 1440 H (30 November 2018)

بسم الله الرّحمن الرّحيم

  1. Rasulullah SAW bersabda: "Demi Allah niscaya akan aku serahkan bendera (komando perang) besok hari kepada orang yang mencintai Allah SWT dan Rasul-Nya, dan Allah SWT dan Rasul-Nya juga mencintainya, semoga Allah SWT menganugerahkan kemenangan melalui tangannya." (13:51 WIB)
  2. Sesungguhnya akhir zaman itu adalah penuh fitnah, akan muncul banyak pemuda yang menjadi ulama dengan lantang berbicara di podium seperti singa, tetapi sejatinya sedikit ilmu dan sedikit Akhlaqnya. (13:52 WIB)
  3. Orang yang sukses adalah orang yang mau diperintah gurunya walaupun penuh dengan kesulitan. (13:55 WIB)
  4. Apabila manusia tidak mengerti isi dan kandungan Al-Qur'an mustahil dia akan mendapatkan keyakinan. (13:57 WIB)
  5. Ketahuilah dunia itu sesungguhnya sangatlah kecil dihadapan para Waliyullah. (14:01 WIB)
  6. Apabila seorang guru memberikan perintah sesungguhnya itu untuk kepentingan murid itu sendiri, yang dimana murid tersebut tidak mengetahui dan cukup mematuhi apa yang diperintahkan gurunya. (14:03 WIB)
  7. Ilmu itu sesungguhnya tidak ada urusan dengan hubungan keluarga tetapi berhubungan dengan Allah SWT, maka sekalipun anak seorang ulama apabila dia tidak menuntut ilmu maka dia bukan orang yang berilmu. (14:05 WIB)
  8. Barangsiapa yang tidak memiliki tanggung jawab terhadap Tuhannya seluruh amal ibadahnya akan dihapus. (14:06 WIB)
  9. Al-Faqih berkata dari Ayahnya bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "pada setiap harinya turun Malaikat dari langit ke bumi, yang pertama turun di Makkah seraya berseru 'ingatlah bagi siapa yang meninggalkan kewajiban-kewajiban terhadap Allah SWT maka ia telah terputus dari rahmat Allah SWT', kemudian yang kedua turun di Madinah seraya berseru 'ingatlah barangsiapa yang berpaling dari sunnahku dia jauh dari syafaatku', yang ketiga turun di Baitul Maqdis dan Malaikat berseru 'ingatlah barangsiapa yang mengisi perutnya dengan barang yang haram Allah SWT tidak menerima segala amal kebaikannya, kemudian yang keempat turun di pemakaman muslimin seraya berkata 'wahai penghuni kubur adakah yang kamu inginkan dan sesali' kemudian mereka menjawab 'kami menyesali amal ibadah yang telah terlewat', kemudian turun di pasar-pasar dan berkata 'ingatlah sesungguhnya disisi Allah SWT itu memiliki balasan dari setiap perbuatan yang baik maupun yang buruk'. (14:10 WIB)
  10. Manusia sudah diberikan batasan yaitu mengenai halal dan haram. Apabila tidak diperiksa mengenai urusan halal dan haram ini maka sia-sialah segala urusan amal ibadahnya. (14:11 WIB)
  11. Sesungguhnya orang yang makan haram itu selalu berbuat salah, karena dari apa yang dimakan itu saja dia sudah salah. (14:12 WIB)
  12. Sesungguhnya segala jenis makanan yang haram itu sumber dari segala keburukan dan kejahatan, dan makanan yang halal itu sumber dari segala kebaikan dan ketaatan. (14:12 WIB)
  13. Periksalah segala makananmu apakah halal atau haram, apakah berasal dari sumber harta yang halal atau haram, sesungguhnya harta yang sedikit tetapi halal itu lebih baik bagimu. (14:13 WIB)
  14. Kunci dari ketakwaan itu adalah wara' atau hati-hati, dia akan takut dengan yang halal karena hisabnya apalagi yang haram. (14:20 WIB
  15. Barangsiapa yang hidupnya memiliki kredit niscaya punya anak akan menjadi anak yang durhaka, apabila seorang suami istrinya durhaka, apabila seorang istri suaminya durhaka. (14:36 WIB)\
  16. Terdapat 3 kategori yang berkaitan dengan pejuang sabilillah:
    1. Yang memelihara dan menyiapkan kendaraan untuk mereka
    2. Yang menyiapkan semua keperluan mereka
    3. Yang berperang di medan pertempuran. Dan Rasulullah SAW bersabda: 'yang paling besar pahalanya adalah mereka yang menjadi pelayan pejuang.'. (14:45 WIB)
  17. Barangsiapa yang berjalan di jalan Allah SWT sampai letih barulah dia akan merasakan nikmatnya beribadah. (14:49 WIB)
  18. Berjuang di jalan Allah SWT itu hendaknya memasang segala apa yang dimilikinya sampai selesai. (14:50 WIB)
  19. Lihatlah orang yang mati disekitarmu, lihatlah temanmu yang meninggal, lihatlah pemuda yang meninggal, sesungguhnya kematian itu datang kapan saja dan  bagi siapa saja. (14:52 WIB)
  20. Sesungguhnya orang yang panjang umur itu adalah orang yang tidak menyia-nyiakan waktu. (15:02 WIB)
  21. Setiap orang yang cerdas dia mendapatkan satu pelajaran ilmu yang diketahui dan konsekuensinya apa yang dibicarakan itu sesuai dengan apa yang diamalkan maka pahalanya seperti pahala 70 Nabi. (15:04 WIB)
  22. Sampaikanlah sesuatu nasehat dan amal ibadah itu sesuai dengan apa yang kamu jalankan, barangsiapa yang menyampaikan nasehat tetapi tidak menjalankannya sesungguhnya dia termasuk orang yang buta mata hatinya. (15:06 WIB)
  23. Di akhir zaman itu akan hilang yang namanya ilmu sirr dan atsar itu, sehingga tersisa hanya melaksanakan ibadah tetapi melanggar apa yang dilarang. (15:09 WIB)
  24. Apabila seorang alim ulama tetapi tidak menguasai kitab 'Ihya Ulumuddin niscaya dia akan menjadi ulama yang memalukan. (15:42 WIB)
  25. Janganlah kamu menyebut Nama Rasulullah SAW selama masih apa yang kamu makan itu adalah haram. (15:16 WIB)
  26. Sesungguhnya orang yang berhutang itu adalah orang yang tidak bersukur kepada Allah SWT. (15:18 WIB)
  27. Selama manusia itu tidak melunasi hutangnya selama itu pula manusia itu akan memiliki beban, dan semua amal ibadahnya akan diambil dan diberikan kepada yang memberikan hutang. (15:20 WIB)
  28. Sesungguhnya amal yang paling utama adalah senang dalam melaksanakan perintah yang telah diberikan oleh Allah SWT. (15:24 WIB)
  29. Banyaknya manusia berjalan menuruti nafsu perutnya bagaimana mungkin dia bisa berjalan mempunyai nafsu kepada Tuhannya. (16:12 WIB)
  30. Melihat pahala itu adalah penghalang dari penghalang, sedangkan melihat penghalang adalah penghalang dari rasa 'ijab (kagum). (16:19 WIB)
  31. Barangsiapa yang cinta kepada Tuhannya dia tidak melihat pahala, tetapi mengharapkan perhatian dan pandangannya. (16:20 WIB)
  32. Orang yang berjalan tanpa pengetahuan itu ibarat orang yang berjalan di malam hari tidak mengetahui terangnya bintang. (16:26 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;