Minggu, 25 November 2018

15 Rabiul Awal 1440 H (23 November 2018)

بسم الله الرّحمن الرّحيم

  1. Al-Imam Ghazali berkata: Sesungguhnya seorang muslim yang mendapatkan pertolongan dari Allah SWT niscaya dia mengungguli derajat orang yang berpuasa di siang hari dan menjalankan sholat di malam hari disebabkan akhlaqnya. (13:25 WIB)
  2. Orang yang berilmu memiliki akhlaq itu lebih utama dari yang berilmu tetapi tidak memiliki akhlaq dan tidak lebih utama orang berilmu yang tidak memiliki akhlaq dari orang yang bodoh tetapi memiliki akhlaq. (13:26 WIB)
  3. Seorang yang tidak memiliki ilmu tidak akan mengetahui akan perkara dirinya, maka tanyakanlah dirimu kepada orang sholeh dan ulama agar kau mengetahui kebodohanmu, sehingga kamu termasuk orang yang berakhlaq. (13:27 WIB)
  4. Seburuk-buruk akhlaq ialah mereka yang sujud dan beribadah kepada Allah SWT semata-mata mengharap dunia, karena termasuk hamba yang tidak bersyukur. (13:27 WIB)
  5. Orang yang cerdas selalu menganggap hidup ini adalah membawa amanat dan penuh dosa, sehingga mereka beribadah bagaimana mengemban amanat dan memohon ampun kepada Allah SWT. (13:28 WIB)
  6. Orang yang wajib masuk neraka adalah mereka yang menuntut ilmu tetapi mengharapkan keuntungan dunia. (13:28 WIB)
  7. Ketahuilah di dalam majelis itu adalah tempat menuntut ilmu dan tempat mencari bekal untuk mati dan mengenal Tuhannya. Apabila kamu mencari dunia ketahuilah majelis itu bukanlah kantor dan berkacalah pada dirimu apakah kamu sudah pantas untuk duduk di majelis ilmu tetapi hatimu masih ada keinginan terhadap dunia. (13:30 WIB)
  8. Janganlah kamu terpedaya menuntut ilmu karena dunia dan meninggalkan majelis ilmu karena dunia. (13:30 WIB)
  9. Banyak orang sekarang datang ke majelis bukan karena Allah SWT, mereka datang dan menyumbang berharap mendapatkan jabatan, pangkat, harta dan segala bentuk urusan dunia. (13:32 WIB)
  10. Tidak disebut orang yang menuntut ilmu yang dalam sehari tidak mengamalkan surat Al-Ikhlas 1000x. (13:32 WIB)
  11. Ilmu itu sejatinya terdiri dari 4 bagian:
    1. Tauhid
    2. Akhlaq
    3. Fiqih
    4. Tarikh
  12. Barangsiapa semasa hidupnya mencari selain Allah SWT, maka jangan berharap apabila meninggal kelak akan berjumpa dengan Allah SWT, melainkan dia akan berjumpa dengan apa yang dicari selama di dunia. Namun, apabila yang dicari dunia, maka kelak dia akan berjumpa dengan dunia dan ketahuilah dunia itu tercela bagi Allah SWT. (13:37 WIB)
  13. Yang berdiri di depan makam Rasulullah SAW saja banyak dari mereka yang membaca sholawat tetapi tidak mengetahui dan merasakan kehadiran Rasulullah SAW. Apalagi mereka yang jauh adalah orang yang buta, bukan buta matanya tetapi buta mata hatinya. (13:38 WIB)
  14. Sesungguhnya perayaan maulid Rasulullah SAW itu tidaklah hanya bersholawat melainkan juga komitmen diri untuk mengikuti perbuatan Nabi Muhammad SAW yang telah disunnahkan (ittiba'). (13:39 WIB)
  15. Malulah kamu sebagai murid apabila tidak bisa melaksanakan apa yang dinasehatkan oleh guru, dan banyak sekali pelanggaran yang diperbuat. (13:40 WIB)
  16. Orang takwa adalah orang yang takut dan berharap kepada Allah SWT, dan mereka adalah golongan yang mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. (13:42 WIB)
  17. Setiap orang yang bertakwa selalu mendapatkan petunjuk, dan apabila manusia itu diberikan petunjuk niscaya dia akan mengetahui setiap kesalahannya, dan dia mengetahui karena memiliki ilmu, mustahil orang yang tidak berilmu itu dapat bertakwa. (13:44 WIB)
  18. Orang yang bertakwa selalu menggunakan ilmunya untuk mendapatkan petunjuk dari Tuhannya dan merekalah orang-orang yang berakal disisi Allah SWT. (13:45 WIB)
  19. Janganlah kamu memaksakan diri untuk menjadi orang yang berakal, karena orang yang berakal itu memiliki hati, dan hati itu adalah bentuk cahaya dari Allah SWT. (13:46 WIB)
  20. Apabila dirimu merasa lemah akal janganlah dipaksakan untuk menjadi setengah akal, dan orang yang tidak berakal ini adalah orang yang beribadah tetapi menginginkan dunia, namanya bisa jadi besar dibumi tetapi tidak ada akhirat. (13:47 WIB)
  21. Apapun bentuk ibadah selain Allah SWT niscaya ditolak, dan janganlah kamu marah apabila mendapatkan penolakan dari Allah SWT. (13:49 WIB)
  22. Apabila kamu ibadah tidak terhalang oleh apapun, dan tidak memandang siapapun kecuali memandang hanya Allah SWT maka lenyaplah semua permukaan bumi ini sehingga tampaklah sifat-sifat sesungguhnya yaitu fana'. (13:50 WIB)
  23. Manusia yang lahir itu semuanya adalah suci tetapi manusia itu sendiri yang mengotori diri dengan hawa nafsunya sendiri, sehingga dia kembali ke hadapan Allah SWT tidak lagi seperti dulu awal penciptaannya. (13:52 WIB)
  24. Barangsiapa menyebut kalimat syahadat sesungguhnya dia telah mengambil komitmen untuk mempertanggung jawabkan apa yang telah di ikrarkannya. (13:54 WIB)
  25. Sesungguhnya Allah SWT menciptakanmu dalam keadaan merdeka dan jadikanlah dirimu seperti halnya awal penciptaanmu. (13:55 WIB)
  26. Allah SWT jadikan manusia permulaannya adalah seperti bayi, suci, fitrah, tidak ada dosa, selalu menangis, dan kembalilah juga kelak dengan seperti itu. (13:56 WIB)
  27. Manusia yang lahir itu semuanya adalah suci tetapi manusia itu sendiri yang mengotori diri dengan hawa nafsunya sendiri, sehingga dia kembali kehadapan Allah SWT tidak lagi seperti dulu awal penciptaannya. (13:57 WIB)
  28. Manusia yang mampu kembali keadaan fitrahnya dia akan mampu menyingkap rahasia yang ada di alam semesta ini. (13:59 WIB)
  29. Banyaknya manusia yang menangis bukan menangisi amal ibadahnya tetapi menangis disebabkan apa yang menjadi kenikmatan dicabut oleh Allah SWT. (14:00 WIB)
  30. Sesungguhnya manusia itu sebelum menipu Allah SWT dia telah menipu dirinya sendiri dan termasuk orang yang tertipu dan merugi. (14:01 WIB)
  31. Orang yang ibadah bukanlah sebagai bentuk syarat, tetapi komitmen dan tanggung jawab terhadap Allah SWT. (14:02 WIB)
  32. Orang yang munafik itu sesungguhnya najis, bisa saja dia mensucikan dhahirnya tetapi batinnya dibiarkan kotor. (14:09 WIB)
  33. Sesungguhnya manusia itu menuju kerugian, mereka menuju selain kepada Allah SWT, dia berharap selain Allah SWT, berdoa selain Allah SWT. (14:15 WIB)
  34. Banyaknya manusia meminta nasehat kepada ulama, tetapi sebaik baik nasehat adalah nasehat dari dirimu sendiri. (14:16 WIB)
  35. Tanyakanlah pada dirimu sendiri perihal ibadah dan amal solehmu sebelum kamu ditanya didalam alam kubur. (14:16 WIB)
  36. Orang yang setengah akal itu adalah bagaimana mencari dunia untuk membeli akhirat, dan orang yang tidak berakal adalah bagaimana mencari dunia meskipun itu lewat akhirat, dan orang yang berakal murni hidupnya untuk mencari ridha Allah SWT. (14:17 WIB)
  37. Sesungguhnya banyak kesempatan untuk beribadah tetapi manusia menyiakan waktu, mereka hidup seakan-akan merasa umurnya panjang, padahal kematian itu tidak melihat usia. (14:18 WIB)
  38. Janganlah kamu menyiakan umurmu, waktumu, kesempatanmu yang tidak akan kembali lagi masa itu. (14:19 WIB)
  39. Janganlah menganggap perbuatan kecil itu remeh bisa jadi itu mendapatkan ridha Allah SWT, dan janganlah meremehkan dosa sekecil apapun bisa jadi itu membuat marahnya Allah SWT. (14:20 WIB)
  40. Seorang muslim itu apabila mendapatkan musibah itu pasti merasa susah, tetapi bagi orang mukmin itu adalah sebuah hadiah dan hiburan. (14:24 WIB)
  41. Andaikan manusia itu tahu kemuliaan dan besarnya hadiah dari sebuah ujian yang diberikan oleh Allah SWT niscaya setiap hari dia akan selalu meminta ujian kepada Allah SWT. (14:24 WIB)
  42. Apabila manusia ini merasa dunia ini adalah tujuan maka tunggulah kebangkrutan, harta dan anakmu semuanya menjadi tidak bermanfaat. (14:27 WIB)
  43. Orang beristighfar sedikit sekali yang benar-benar meminta ampun kepada Allah SWT, karena tidak merasakan dalam hatimu melainkan hanya lisanmu yang terbiasa dan hafal atas bacaan tersebut. Dan Istighfar yang sesungguhnya dapat merontokkan semua dosa, sehingga merubah tabiat dan diberikan kekuatan untuk beribadah kepada Allah SWT. (14:39 WIB)
  44. Orang yang tidak beristighfar tidak akan merubah perilaku yang buruk, beristighfar tetapi tidak merubah kebiasaan disebabkan penuh kelalaian membacanya, dan tidak berani meninggalkan kebiasaan buruk dan teman yang buruk. (14:41 WIB)
  45. Sempitnya rezekimu disebabkan banyaknya dosa, tetapi tidak segera meminta ampun dan bertaubat, lebih buruk lagi dia tidak merasakan dosa-dosanya. (14:42 WIB)
  46. Bukti istighfar itu adalah pengakuan untuk meminta ampun, dan ampunan itu diberikan membutuhkan perbuatan yang mana perbuatan itu disenangi oleh Allah SWT. (14:43 WIB)
  47. Barangsiapa yang tidak menjalankan sunnah lenyaplah amalan wajib, dan barangsiapa tidak menjalankan amalan wajib maka lenyaplah iman. (14:44 WIB)
  48. Akses dari dzikir itu menentramkan hati dan menghilangkan masalah, tidak disebut dzikir yang justru semakin bertambah beban dan masalahnya. (14:50 WIB)
  49. Orang yang selalu berdzikir kepada Allah SWT niscaya tentram hatinya. (14:51 WIB)
  50. Tidaklah berarti duduk setiap hari dengan guru tetapi hatinya jauh dari guru, lebih jadilah murid yang walau jauh badannya tetapi hatinya dekat, murid yang dekat dengan gurunya walaupun jauh dimanapun dia berada akan berjumpa setiap malam diatas sajadahnya. (14:55 WIB)
  51. Ketika meminta balasan amal, bagaimana mungkin kamu meminta balasan dari amal yang kamu kerjakan, padahal amal ibadah itu juga pemberian Allah SWT. (14:58 WIB)
  52. Manusia yang beramal ibadah dengan ikhlas dia tidak mengharapkan balasan melainkan dia datang penuh dengan kecintaan menghadap Allah SWT. (15:01 WIB)
  53. Bentuk terkabulnya doa, dan bertambah kemuliaan adalah semakin deras ujian yang datang kepada seorang hamba, apabila dia bersabar dan tidak bersabar maka bertambah lagi kemuliaan dan ujiannya. (15:05 WIB)
  54. Orang yang baik adalah orang yang berbuat baik, dan bentuk kebaikan itu adalah berasal dari Allah SWT. (15:05 WIB)
  55. Selama manusia itu condong hatinya berbuat baik niscaya dia akan mampu berbuat baik, meskipun sebatas niat baik, dan mustahil kebaikan itu dilaksanakan apabila niat saja dia tidak punya. (15:06 WIB)
  56. Hidup ini adalah perbuatan nyata, bagaimana mungkin manusia mendapatkan kebaikan apabila tidak pernah berbuat baik, seperti halnya manusia tidak akan memanen atau memetik apabila dia tidak pernah menanam. (15:09 WIB)
  57. Janganlah kamu bermimpi mendapatkan sesuatu tanpa melakukan sesuatu, seekor keledai saja hanya untuk mendapatkan makan dia harus menjadi tunggangan dan mengangkat beban. (15:09 WIB)
  58. Sesungguhnya Surat Al-Fateha itu adalah shadaqah yang tidak terdeteksi, maka banyak-banyaklah engkau mengirim doa kepada saudara sesama muslim. (15:43 WIB)
  59. Tidak ada yang mampu melepaskanmu dari sifat Takabur dari dirimu melainkan kamu telah menyaksikan sifat Takabur Allah SWT. (15:22 WIB)
  60. Manusia yang tidak mengetahui sifat kebesaran Allah SWT dia pasti menjadi orang yang takabur, tetapi saat dia mengetahui kebesaran Allah SWT niscaya dia mengetahui betapa kecil dirinya. (15:22 WIB)
  61. Sifat murah itu diberikan kepada manusia disebabkan dia mengetahui kemurahan dari Allah SWT. (15:24 WIB)
  62. Janganlah kamu bermimpi untuk menambah apabila tidak mau dikurangi, dan apabila hendak dikali hendaknya dia berbagi. (15:25 WIB)
  63. Rasulullah SAW bersabda: terdapat 6 perkara yang termasuk amal sholeh
    1. Mengangkat senjata untuk memerangi musuh Allah SWT
    2. Berpuasa dimusim kemarau 
    3. Sabar dalam musibah atau kesulitan hidup 
    4. Tidak suka berdebat sekalipun dia pada pihak yang benar
    5. Sholat tepat pada waktunya
    6. Menyempurnakan wudhunya. (15:37 WIB)
  64. Kebajikan yang kita amalkan itu bukan untuk orang lain, melainkan untuk dirimu sendiri dan keluargamu. (15:48 WIB)
  65. Janganlah kamu egois hanya berdoa untuk dirimu sendiri, tetapi doakanlah anak-anakmu agar mereka menjadi anak yang soleh dan soleha sehingga menjadi tabunganmu kelak di akhirat. (15:51 WIB)
  66. Rajinlah dalam berdoa, setiap waktu setiap saat walaupun doa itu ada yang dikabulkan langsung ada yang ditunda, tetapi semua doa itu pasti akan dikabulkan dan yang tertunda menjadi tabunganmu kelak di akhirat. (15:53 WIB)
  67. Orang yang bodoh dan lemah akal itu selalu bicara mengenai perihal rejeki. (15:56 WIB)
  68. Karomah yang terbaik adalah ketika kamu mengenal tentang Allah SWT dan senang terhadap segala keputusannya. (16:03 WIB)
  69. Janganlah kamu sibuk dengan karomah dan pemberian Allah SWT tetapi bahagialah apabila kamu dipandang oleh Allah SWT, maka orang menuntut ilmu itu jangan mencari karomah tetapi carilah istiqomah. (16:05 WIB)
  70. Barangsiapa yang ingin ditinggikan derajatnya maka berkorbanlah. (16:11 WIB)
  71. Ilmu itu tidak akan mendapatkan balasan selama itu belum diamalkan. (16:17 WIB)
  72. Tidaklah berarti orang yang belajar dan bertanya tentang ilmu tetapi tidak memiliki keyakinan dan tidak pernah dilaksanakan, dan termasuk orang yang rugi dan membuang waktu. (16:19 WIB)
  73. Janganlah kamu melaksanakan sesuatu amalan yang kamu tidak mampu, dan jangan pernah menjadi orang lain, dan jangan menginginkan sesuatu yang ada ditangan orang lain. (16:27 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;