Minggu, 16 Desember 2018

6 Rabiul Akhir 1440 H (14 Desember 2018)

بسم الله الرّحمن الرّحيم

  1. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa membawa amal baik, maka baginya 10x lipat dari amalnya, dan barangsiapa membawa amal buruk maka balasannya adalah sebanding dengan amal buruknya, sedangkan mereka tidak dianiaya, amal buruk 1 dibalas 1 tetapi dampak negatifnya ada 10 yang menyertai:
    1. Menyebabkan kemurkaan Allah SWT
    2. Menjadikan iblis senang
    3. Menjauhkan diri dari surga
    4. Mendekatkan diri ke neraka
    5. Mencerminkan sikap mengabaikan terhadap dirinya sendiri
    6. Mengotori dirinya sendiri
    7. Mengganggu malaikat yang menjaganya
    8. Menjadikan keprihatinan bagi Nabi Muhammad SAW didalam kuburnya
    9. Menjadikan beratnya persaksian siang dan malam atas kejahatan dirinya
    10. Bentuk penghianatan terhadap segenap mahluk sehingga menjadikan orang lain kehilangan haknya akibat dari kejahatannya itu. (13:54 WIB)
  2. Selama manusia itu tidak mengetahui akan musuhnya niscaya dia tidak akan mampu menguasai dirinya, sehingga dirinya dikuasai oleh hawa nafsu dan setan. (13:56 WIB)
  3. Apabila manusia mengenal akan musuhnya dia pasti akan mencari sesuatu yang rendah, dan sesuatu yang rendah itu adalah kemuliaan. Sedangkan sesuatu yang tinggi itu rendah ibarat tanah dan awan. (13:59 WIB)
  4. Sesungguhnya orang yang beriman itu selalu berhias dengan rasa malu, merasa rendah dihadapan Tuhannya. (14:04 WIB)
  5. Ketahuilah bahwa kemuliaan itu tidak didapatkan dari perkara harta, jabatan, status sosial, melainkan kemuliaan itu didapatkan dengan taqwa. (14:14 WIB)
  6. Sesungguhnya taubat orang awam itu disebabkan lahirnya dosa-dosa lahiriyah, sedangkan taubatnya orang yang soleh itu disebabkan lahirnya dosa-dosa batin, taubatnya orang yang cinta kepada Allah SWT disebabkan kelalaiannya dalam berdzikir, sedangkan orang yang arif takwanya disebabkan berhenti pada suatu maqom. (14:30 WIB)
  7. Tanda-tanda haji itu diterima oleh Allah SWT yaitu semakin rajin dia ibadahnya dan dekat kepada Allah SWT, sedangkan haji yang tertolak semakin menjauhkan dia dari Allah SWT. (14:37 WIB)
  8. Manusia yang masih bingung dengan nasibnya sesungguhnya dia itu termasuk orang yang belum merasakan rahmat Allah SWT. (14:44 WIB)
  9. Tanda-tanda kiamat adalah saat dimana manusia tidak akan mendapatkan keuntungan apabila tidak mendapatkan amanat. Kebanyakan dari mereka mencuri amanat itu dengan mengurangi kadarnya. (14:45 WIB)
  10. Hati yang belum bersih bagaimana mungkin akan menjadi terang dan tertutup terangnya oleh dunia. Dan mana mungkin manusia mengetahui rahasia Allah SWT sebelum dia membersihkan hatinya. (14:50 WIB)
  11. Manusia ibarat hendak menghadap seorang yang penting dia pasti akan membersihkan diri, memakai pakaian yang pantas, tetapi saat menghadap Tuhannya, dia masih menyisakan kotoran didalam hatinya dan berdoa sesuatu yang tidak pantas baginya. (14:54 WIB)
  12. Hendaknya manusia membereskan terlebih dahulu urusan perkara dunianya sebelum dia menghadap kepada Tuhannya. (14:56 WIB)
  13. 5 Pertanyaan dibawah ini sudah disepakati oleh 700 ahli ulama:
    1. Pikiran yang sehat atau sempurna itu dimiliki oleh manusia yang bagaimana? jawabnya: manusia yang tidak mencintai dunia.
    2. Sampai sejauh mana orang disebut cendekiawan? jawabnya: manusia yang tidak sampai tertipu oleh kesenangan dunia
    3. Sampai sejauh mana pula orang dianggap kaya? jawabnya: manusia yang menerima atau rela atas pemberian Allah SWT
    4. Sampai sejauh mana orang dianggap mengerti tentang agama? jawabnya: manusia yang tidak ingin berlebih-lebihan
    5. Siapa manusia yang disebut kikir? jawabnya: manusia yang enggan memberi zakat. (15:05 WIB)
  14. Tidak disebut hidup sederhana orang yang miskin tidak memiliki dunia, dan tidak disebut hidup mewah orang yang memiliki kekayaan harta melimpah. (15:08 WIB)
  15. Sesungguhnya kesederhanaan itu tidak dinilai dari jumlah harta, tetapi dari hati apakah dia qonaah atau tidak. (15:10 WIB)
  16. Manusia terdidi dari 4 macam yang dijadikan teman:
    1. Orang yang dijadikan teman seperti halnya makanan yang dibutuhkan setiap hari
    2. Orang yang dijadikan teman sebagaimana penyakit dengan ragam jenis tingkatan, kekuatan dan kelemahannya
    3. Orang yang dijadikan teman sebagaimana obat yang dibutuhkan ketika sakit
    4. Orang yang dijadikan teman menyebabkan kerusakan, dan bergaul dengan orang tersebut seperti halnya makan racun. (15:15 WIB)
  17. Sesungguhnya Allah SWT itu Maha Baik tetapi apabila manusia menyalah artikan kebaikan tersebut ingatlah bahwa Allah SWT itu juga memiliki sifat Marah. (15:21 WIB)
  18. Sesungguhnya semua itu sudah digambarkan oleh Allah SWT, tetapi banyaknya kejadian yang tampak janganlah membuat kita bersangka buruk. (15:23 WIB)
  19. Sesungguhnya nyawa orang mukmin itu keluar dari tubuhnya dengan melompat, sedangkan orang yang kafir nyawanya keluar dengan tarik menarik dan ditarik dengan keras. (15:24 WIB)
  20. Allah SWT akan memberikan jaminan 4 kemuliaan kepada mereka yang pendek angan-angannya yaitu: 
    1. Bersemangat dan kuat dalam beribadah, karena dia tahu bahwa ajal itu sangat dekat sehingga segala kesulitan hidup ia hadapi dan memiliki kesungguhan didalam amal dan ibadah
    2. Tidak mudah larut dalam kesedihan karena sulitnya hidup yang dihadapinya
    3. Ikhlas dengan hidup yang sederhana, karena yang menjadi tujuan hidupnya adalah mempersiapkan diri menuju kehidupan akhirat
    4. Memiliki hati yang cemerlang
  21. Nikmat itu tidak terhalang akan kondisi, tetapi nikmat itu adalah bentuk bahagianya hati terhadap sesuatu. Maka jadikanlah hatimu selalu bahagia dengan mensyukuri pemberiannya. (16:19 WIB)
  22. Sesungguhnya Nabi Musa saat dibangkitkan dihari kiamat Dia tampak memegang tiang Arsy disebabkan dia merasa takut terhadap Allah SWT karena tidak mampu bersabar, sehingga menenggelamkan fira'un dan pengikutnya. (16:23 WIB)
  23. Segala sesuatu keinginan yang dipaksakan itu sesungguhnya tidaklah baik, karena sudah keluar dari ketentuan Allah SWT. (16:29 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;