Jumat, 04 Oktober 2019

5 Safar 1441 H (4 Oktober 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Ali bin Abi Thalib berkata: "Tubuh dibersihkan dengan air, jiwa dibersihkan dengan air mata, akal dibersihkan dengan pengetahuan, Dan jiwa dibersihkan dengan cinta kepada Allah". (13:32 WIB)
  2. Sucikanlah dhahir dan batinmu dari dosa, untuk membersihkan dosa dhahir adalah dengan syariat, dan dosa batin dengan menghilangkan segala penyakit hati. (13:35 WIB)
  3. Sesungguhnya apa yang di fardhukan oleh Allah SWT itu berlaku hingga kiamat, walaupun banyak di akhir zaman ini manusia banyak meninggalkan apa yang di fardhukan. (13:35 WIB)
  4. Sesungguhnya iblis itu senantiasa menggodamu 24 jam, dia akan berusaha masuk dari celah-celah yang ada pada dirimu. (13:37 WIB)
  5. Orang yang bodoh dia akan sibuk hanya membersihkan dosa lahiriyah, sedangkan orang yang cerdas dia akan berusaha membersihkan dosa hati, dan orang yang mati adalah mereka yang tidak punya hati. (13:38 WIB)
  6. Kelak di surga akan ada khusus boleh dimasuki khusus hanya bagi para pendosa, dan surga yang tidak bisa dimasuki hanyalah surga Nabi Muhammad dimana khusus bagi yang tidak memiliki dosa. (13:40 WIB)
  7. Sesungguhnya petunjuk itu banyak manusia yang tidak menyukainya, padahal itu kebaikan bagi dirinya. (13:43 WIB)
  8. Definisi kesenangan bagi manusia kebanyakan adalah sesuatu yang berbau maksiat, karena kesenangan mereka adalah selain kepada Allah. (13:45 WIB)
  9. Sesungguhnya bentuk kenikmatan kepada dunia ini mustahil untuk disyukuri melainkan justru menambahkan keserakahan. Padahal nikmat yang dimaksud sesungguhnya adalah nikmat dalam beribadah kepada Allah, niscaya dia akan semakin bersyukur. (13:47 WIB)
  10. Manusia banyak yang buta matanya sehingga tidak dapat melihat kebesaran Allah, dan mereka tuli tidak mendengarkan firman-firman Allah, semua itu disebabkan banyaknya maksiat, sehingga mereka dibutakan, bukan buta mata atau tuli telinganya, tetapi hatinya yang membuatnya tuli dan buta. (13:51 WIB)
  11. Barangsiapa yang memandang dunia ini besar maka pasti dia akan memandang Allah kecil, begitu sebaliknya. (13:52 WIB)
  12. Hati yang suci itu punya 11 ciri:
    1. Banyak berdzikir kepada Allah
    2. Pemiliknya senantiasa aktfi sehingga ia pasrah kepada Allah dan bergantung kepadaNya
    3. Ia rela tubuhnya letih untuk melayani Allah, dan hatinya tidak merasa jemu
    4. Pemiliknya rindu melayani Allah
    5. Jika ia memulai melaksanakan sholat, sirnalah keinginan dan kesedihannya terhadap dunia
    6. Kekikirannya dalam menggunakan waktu untuk taat kepada Allah lebih kiri terhadap orang yang kikir terhadap harta
    7. Perhatiannya terhadap amal itu melebih amal itu sendiri
    8. Bila luput melaksanakan satu ketaatan dia merasa rugi
    9. Pemiliknya menjadikan tujuannya hanya untuk Allah semata, yakni menaatiNya
    10. Senang kepada Allah SWT dan benci kepada selainNya
    11. Hal yang paling dicintainya adalah kalamullah dan membicarakan tentangnya. (13:56 WIB)
  13. Tanda-tanda orang yang kotor adalah mereka yang selalu menyayangi harta, dan selalu berangan-angan terhadap harta. (13:58 WIB)
  14. Sesungguhnya orang yang diperbudak oleh dunia itu tidaklah mengenal status sosial, baik mereka yang miskin ataupun kaya. Sehingga apabila manusia sudah menjadi budak dunia, niscaya dia akan menjadi budak setan. (13:59 WIB)
  15. Sesungguhnya manusia itu tidak akan bisa mengalahkan iblis, karena iblis dapat melihatmu tetapi kamu tidak bisa, sedangkan iblis itu akan kalah kepada Allah maka serahkanlah dirimu kepada Allah untuk menjadi hamba Allah agar iblis itu terkalahkan, yaitu dengan cara menjalankan apa yang diperintahkannya dan meninggalkan apa yang dilarangnya. (14:01 WIB)
  16. Hamba Allah selalu meminta petunjuk Allah, dan hamba setan pasti mengikuti setan, hamba nafsu mengikuti nafsu. Maka apabila manusia menghendaki petunjuk hendaknya dia bersabar. (14:02 WIB)
  17. Sesungguhnya hamba Allah itu selalu diuji sehingga didalam ujiannya apakah dia meminta pertolongan kepada Allah atau selain kepada Allah. (14:03 WIB)
  18. Setiap manusia itu ingin berubah untuk menjadi baik, niscaya iblis akan mengahalanginya. Dan ketahuilah didunia ini semua manusia ingin menjadi baik, tetapi mereka dikalahkan oleh hawa nafsu dan godaan iblis. (14:05 WIB)
  19. Seseorang yang semua persoalannya kembali kepada Allah niscaya dia akan kuat. Dan apabila kamu tidak mengembalikan segala persoalannya kepada Allah niscaya kamu akan lemah, karena manusia itu rapuh. (14:08 WIB)
  20. Sebesar apapun ujian yang kamu terima maka akan sebesar itu pula Allah akan mengembalikannya, begitu juga sekecil apapun ujian yang kamu terima maka sekecil itu pula kamu akan menerima balasannya. (14:09 WIB)
  21. Sesungguhnya hati yang tenang itu mengembalikan semua urusannya kepada Allah, dan mengetahui bahwa itu adalah yang terbaik. (14:10 WIB)
  22. Sayyidina Ali bin Abi Thalib berkata: "Apabila Allah mengabulkan doaku niscaya aku bersyukur akan ketetapannya, tetapi apabila Allah tidak mengabulkan doakku maka aku lebih bersyukur atas apa yang ditetapkannya kepadaku". (14:11 WIB)
  23. Sesungguhnya doa yang tidak dikabulkan itu oleh Allah kelak akan disimpan menjadi perbendaharaan kelak di surga. (14:11 WIB)
  24. Hakikat dzikir itu tidak akan hadir didalam hati sebelum memakmurkan hati dengan ketakwaan dan menyucikan dari segala macam penyakit hati didalamnya. (14:13 WIB)
  25. Denyut nadimu adalah perjalanan setan untuk menguasai hatimu, maka halaulah dia dengan dzikir. (14:15 WIB)
  26. Jika Allah berdzikir kepada seorang manusia niscaya dia akan dijaga oleh Allah dan selalu mendapatkan petunjuk setiap langkahnya. (14:19 WIB)
  27. Hati yang selalu dinaungi oleh Allah SWT adalah hati yang berdzikir, maka apabila manusia menolong seorang hamba untuk masuk surga maka hatinya tidak akan ditidurkan untuk berdzikir kepada Allah walaupun dirinya tertidur. (14:24 WIB)
  28. Dzikir itu adalah mengingat, dan apapun yang mengingat selain kepada Allah adalah kelalaian. (14:27 WIB)
  29. Rahmat Allah itu diberikan kepada orang yang dekat dengan kebaikan, selama manusia itu tidak berbuat baik maka mustahil dia akan mendapatkan rahmat Allah. (14:29 WIB)
  30. Kesombongan seseorang itu akan muncul saat dia melakukan banyak amal ibadah, sehingga terjerumus terhadap sifat meremehkan orang lain, dan itulah sifat iblis. (15:02 WIB)
  31. Manusia apabila sudah buruk sungguh dia lebih jelek dari binatang dan iblis, tetapi apabila manusia itu bagus maka kemanapun dia pergi akan dikawal 70 ribu malaikat. (15:02 WIB)
  32. Setiap orang yang menuju kebaikan itu pasti akan mendapatkan penghalang. (15:06 WIB)
  33. Barangsiapa 100 kali bermaksiat dan 100 kali meminta ampun, niscaya kamu termasuk orang yang bertaubat. (15:07 WIB)
  34. Sesungguhnya iblis itu kalah bukanlah dengan banyaknya amal dan wiridmu tetapi dia kalah dengan keikhlasan, dan bacaan "Ya Allah biha Ya Allah biha Ya Allah bihusnil Khatimah" (15:12 WIB)
  35. Sesungguhnya banyak sekali cara beramal sholeh untuk mendapatkan surga, sampai yang paling mudah adalah menyingkirkan batu atau kerikil dijalan. (15:13 WIB)
  36. Sesungguhnya Al-Imam Ghazali itu masuk surga bukan karena ilmunya atau amalnya, melainkan dia masuk surga oleh sebab lalat yang haus dan dia meminum tinta yang digunakan untuk menulis kitab. (15:15 WIB)
  37. Alangkah mengherankan manusia, mereka menangisi kematian jasad seseorang tetapi tidak menangisi kematian hati seseorang padahal itu lebih berbahaya. (15:16 WIB)
  38. Barangsiapa yang tidak mau memaafkan orang lain, maka ketahuilah bahwa iblis telah bersarang dihatimu. (15:20 WIB)
  39. Fudhail bin Iyadh berkata: "Amal yang dilakukan karena manusia adalah syirik, sedangkan meninggalkan amal karena manusia adalah riya'". (15:22 WIB)
  40. Orang yang menuntut ilmu itu penyakit utamanya adalah wajib riya', lalu saat dia tersadar barulah dia tawadhu', lalu saat tawadhu' dia baru tahu kalau dirinya itu bodoh. (15:23 WIB)
  41. Janganlah kamu memaki kepada ahli maksiat, karena belum tentu kamu ahli surga, apabila kamu melihatnya maka katakan "dia maksiat karena tidak tahu, sedangkan saya yang mengerti tetapi masih maksiat, maka saya lebih buruk dia lebih baik.". (15:28 WIB)
  42. Takutlah kepada Allah, tinggalkan apa yang dilarang Allah, karena barangsiapa yang meninggalkan yang dilarang oleh Allah pasti dia akan mengerjakan apa yang diperintahnya. (15:31 WIB)
  43. Tidak berlaku bagi orang yang menuntut ilmu tetapi tidak belajar dan mengerjakan sholat tahajud. (15:33 WIB)
  44. Sesungguhnya duduk dimajelis itu manusia semakin dekat dengan Allah, bukan malah menjauh dari Allah, maka kerjakanlah sholat tahajud wahai penuntut ilmu. (15:34 WIB)
  45. Apabila kamu ingin sukses dunia akhirat janganlah kamu meninggalkan sholat tahajud, minimal witir sebelum tidur. (15:35 WIB)
  46. Tidak akan masuk surga daging yang tumbuh dari barang yang haram, dan api neraka lebih layak untuknya. (15:37 WIB)
  47. Rasulullah SAW berpesan kepada Ibnu Umar agar senantiasa menjaga dua kondisi. Yang pertama hendaklah membiarkan dirinya sperti orang asing didunia yang berhayal untuk menetap namun dia berada di negeri yang asing. Yang kedua hendaknya menjadikan didunia ini seperti seorang musafir yang tidak ada keinginan menetap di dunia ini. (15:42 WIB)
  48. Orang yang mukmin seperti orang yang asing, dia tidak sedih karena kerendahannya dan tidak bersaing untuk meraih kemuliaannya, dia memiliki urusannya sendiri dan manusia punya urusannya sendiri. (15:41 WIB)
  49. Orang yang hidup itu seperti orang yang berteduh dibawah pohon, tetapi perjalanannya masih panjang. (15:42 WIB)
  50. Banyak orang yang menyaksikan kematian, mereka takut akan kematian, tetapi sedikit sekali yang mencari bekal akhirat. Dan siapakah mereka yang tidak mempunyai bekal akhirat yaitu para hamba-hamba setan. (15:44 WIB)
  51. Sesungguhnya orang yang hidup itu seperti orang berdagang, apabila hari ini dia untung maka dia gembira, tetapi apabila diketahui ada kerugian hendaknya segera ditutupi, apabila dibiarkan niscaya dia akan menjadi hamba yang bangkrut. (15:47 WIB)
  52. Hendaknya kalau ada sebuah kebaikan bergegaslah jangan dipertimbangkan, sedangkan apabila keburukan pertimbangkanlah resiko dan kerugiannya, apabila kamu melakukannya maka siap untuk menanggung kerugiannya. (15:49 WIB)
  53. Berbuat kebaikan itu sesungguhnya membuka pintu-pintu surga. (15:55 WIB)
  54. Palingkanlah pandanganmu dari 14 pandangan:
    1. Pandangan yang berlebihan atas kemaksiatan dan menyelisihi perintah Allah
    2. Mencerai beraiakan hati dari Allah
    3. Bisa melemahkan hati dan sedih 
    4. Menjadikan hati gelap
    5. Pandangan yang berlebihan yang dapat mengeraskan hati dan menutup pintu ilmu
    6. Pandangan yang berlebihan tak ubahnya mempersilahkan setan masuk kedalam hati
    7. Melepaskan pandangan bisa menjerumuskan hamba kedalam kelalaian dan memperturutkan hawa nafsu
    8. Sesungguhnya pandangan memiliki peran didalam hati layaknya anak panah.
    9. Memandang secara berlebihan dan melepaskan pandangan mengakibatkan penyesalan, keluh kesah, dan kepanasan.
    10. Pandangan yang bisa melukai hati dan di ikuti luka demi luka. 
    11. Melepaskan pandangan bisa meredupkan cahaya basiroh atau mata hati. 
    12. Memandang secara berlebihan bisa menjerumuskan hati dalam mengikuti hawa nafsu.
    13. Memandang secara berlebihan bisa menjerumuskan hati menjadi tawanan syahwat.
    14. Memandang secara berlebihan menguatkan kelalaian kepada Allah dan negri akhirat, serta menyebabkan terombang ambing dalam kerinduan. (16:08 WIB)
  55. Barangsiapa memandang sesuatu tetapi tidak di iringi dengan tafakkur kepada Allah, niscaya pandangannya pasti akan tersesat. (16:10 WIB)
  56. Apabila kamu tidak mampu memandang sesuatu dengan kebesaran Allah, maka tundukkanlah pandanganmu itu. (16:14 WIB)
  57. Barangsiapa yang hatinya dipenuhi dengan rasa kecintaan kepada Allah, niscaya segala rasa keinsanan yang ada pada manusia itu akan lenyap. (16:19 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;