Jumat, 27 September 2019

27 Muharram 1441 H (27 September 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Al-Hikmah berkata: "Jadilah orang yang sederhana, yaitu sederhana dalam berpikir, karena dia tidak mau menggantungkan hidupnya dengan akalnya, yang kedua sederhana dalam bertindak karena tindakannya selalu berdasarkan petunjuk Tuhannya, sehingga apa yang dilakukannya tidak akan sia-sia dan membuang waktu, Ketiga sederhana dalam hidup, yaitu menyadari apa yang dimiliki berasal dari Tuhannya, Keempat sederhana dalam berbicara, karena dia tahu berbicara tanpa makna akan tergelincir kedalam kesalahan". (14:04 WIB)
  2. Sesuaikanlah pendidikan itu dengan keadaan zaman, janganlah kamu mengajarkan ilmu dengan keras seperti halnya jaman Sayyidina Ali, tetapi lunakkanlah pengajaranmu karena pada zaman ini mereka tidak sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. (14:06 WIB)
  3. Dizaman ini lipatlah tikarmu, dan sedikitkanlah untuk bertemu orang, karena barangsiapa banyak bergaul dengan orang ibarat kamu seperti domba yang siap dicabik-cabik oleh serigala. (14:08 WIB)
  4. Sifat iri dan dengki itu sangat susah untuk dihilangkan sampai dibawa mati, karena sifat seperti itu adalah hasutan iblis, dan iblis itu sudah bersarang didalam hatinya. (14:10 WIB)
  5. Kejahatan itu diletakkan kepada orang bodoh, dan mereka itu selalu berbicara tanpa dipikir. (14:13 WIB)
  6. Manusia di akhir zaman ini selalu mengingatkan sesuatu itu cepat dan instant, sehingga dia berpacu dengan waktu tetapi justru dia disusul oleh waktu dan kehabisan waktu. (14:16 WIB)
  7. Setiap kita berbicara pandanglah keatas apakah Allah meridhoimu atau tidak. (14:22 WIB)
  8. Sesungguhnya bahaya lisan itu lebih berbahaya daripada bahaya pendengaran, maka berpikirlah terlebih dahulu sebelum kamu berucap. (14:23 WIB)
  9. Ucapan yang keluar dari seseorang itu seperti halnya gajah yang keluar dari lubang semut, sekalinya dia keluar maka akan susah untuk kembali. (14:24 WIB)
  10. Sesungguhnya orang yang banyak bicara itu penuh dengan kebodohan, sedangkan orang yang banyak diam dia penuh dengan kedustaan. (14:25 WIB)
  11. Bentuk ilmu itu adalah banyak bertanya kepada Mursyid, dan apabila pertanyaan itu sudah kamu pahami maka Allah catat itu sebagai tasbih. (14:26 WIB)
  12. Panjangnya tali itu bisa diukur, sedangkan panjangnya lidah itu tidak akan mampu diukur, setiap apa yang kita ucapkan bisa tersebar kemana-mana, maka berhentilah menyebarkan berita hoax. (14:27 WIB)
  13. Perempuan yang sering menampakkan dirinya kepada lelaki, dan membuat banyak orang mengagumi kecantikan, keseksiannya, maka selama itu dia akan menanggung dosanya. (14:38 WIB)
  14. Sesungguhnya Iblis itu tidak akan berhenti menggoda Adam, sehingga lolos adam digodalah Siti Hawa, begitu Siti Hawa sudah tidak tergoda maka Iblis menggoda Qabil beserta keturunannya. (14:40 WIB)
  15. Banyak orang tidak sholat sama Iblis di iming-imingkan kekayaan dunia, sehingga mereka berpikir jika tidak sholat dia banyak hartanya, sedangkan saat dia sholat maka justru sedikit hartanya maka itulah yang disebut istidraj. (14:41 WIB)
  16. Dimana ada kebaikan maka disitulah Iblis akan mencari peranan untuk mencegah manusia berbuat baik. (14:43 WIB)
  17. Iblis itu menggoda manusia melewati apa yang disukai bukan apa yang dibenci, sehingga manusia pasti akan tergoda dalam kelalaian. (14:44 WIB)
  18. Sederhana itu menurut Syeikh Abdul Qadir adalah kamu buat ruang kuburmu, lalu sholatlah didalamnya, dan khatamkan Al-Qur'an setiap harinya sampai Malaikat Izrail datang kepadamu. (14:47 WIB)
  19. Sesungguhnya menjadi Umat Nabi Muhammad itu sungguh lengkap solusi akan permasalahan hidup ini, maka mendekatlah kepada Mursyidmu untuk meminta petunjuk, tetapi kebanyakan para murid ini tidak mau mendekati kepada Gurunya disebabkan besarnya hawa nafsunya. (15:00 WIB)
  20. Jodoh itu adalah milik orang sholeh dan dia pasti akan mendapatkan wanita yang soleha sehingga kelak yang disebut jodoh itu akan bertemu di akhirat kelak. (15:02 WIB)
  21. Wanita yang baik akan mendapatkan Lelaki yang baik, dan Lelaki yang buruk pasti akan mendapatkan Wanita yang buruk. (15:02 WIB)
  22. Setiap kebaikan itu pasti akan ada tandingannya yaitu keburukan, begitu juga keburukan pasti akan ada tandingannya yaitu kebaikan, dan begitulah Allah menciptakan didunia ini semuanya berpasang-pasangan. (15:11 WIB)
  23. Apabila kamu tidak memiliki harta maka tandingilah segala yang didunia ini dengan ketakwaan, niscaya seorang rajapun apabila berhadapan dengan orang yang bertakwa pasti akan kalah, dan segala yang tidak beriman pasti akan tenggelam. (15:12 WIB)
  24. Jadikanlah tauhidmu itu sebagai modal utama sebelum beribadah niscaya kamu akan selamat, karena banyak manusia yang beribadah tetapi tidak memiliki keyakinan atas apa yang dikerjakannya, iman mereka seperti busur panah yang lepas dari busurnya. (15:15 WIB)
  25. Alhikmah berkata: "Apabila kalian mendapatkan masalah yang berat, maka katakanlah lebih berat azab Allah SWT dibandingkan masalah hidupmu didunia ini, dan janganlah kamu meninggalkan masalah itu, hadapilah dengan lapang dada dan bersabarlah, niscaya masalah itu akan berlalu dan ambillah hikmah dari masalah itu. (15:18 WIB)
  26. Perbaikilah sholatmu dan perbaikilah sabarmu, semakin besar ujianmu maka semakin tinggi kemuliaanmu. (15:19 WIB)
  27. Tidak disebut orang yang sholat yang tidak takut, dan tidak disebut orang yang berdoa yang tidak memiliki harap. (15:26 WIB)
  28. Sesungguhnya manusia itu dijadikan oleh Allah SWT dengan banyak alasan atau hujah-hujah yang tidak bisa dipertanggung jawabkan alasannya. (15:29 WIB)
  29. Barangsiapa yang menunda menghadap Tuhannya, maka dia juga harus bersedia tertunda segala urusannya. (15:30 WIB)
  30. Istiqomahkanlah melaksanakan sholat Tahajud walaupun hanya 2 rakaat, untuk memperbaiki segala hal-hal buruk yang ada pada kehidupanmu. (15:31 WIB)
  31. Rahasiakanlah kebaikanmu kepada Tuhanmu seperti halnya kamu merahasiakan maksiatmu. (15:39 WIB)
  32. Sholat Tahajjud itu sesungguhnya untuk melawan hawa nafsu, berasal dari kata Ijtihad. Maka ketika kamu sudah melawan hawa nafsumu maka diampunilah dosamu dan berdoalah pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT. (15:40 WIB)
  33. Barangsiapa mengucapkan 10 kalimat tetapi tidak beristighfar atau tasbih niscaya akan ditunggu akan kelalaian. (15:44 WIB)
  34. Sayyidina Umar bin Khattab berkata: "Sungguh doa yang terkabul itu lebih aku takutkan daripada yang tidak terkabul, padahal Allah pasti mengabulkan semua doaku, tetapi aku takut aku menjadi orang yang tidak lagi berdoa karena setiap doaku telah dikabulkan oleh Allah." (15:46 WIB)
  35. Ketika seorang tidak bermaksiat kepada Allah SWT niscaya doa seperti apapun akan dikabulkan oleh Allah, tetapi justru mereka ini adalah orang yang tidak memiliki keinginan melainkan hanya menuju kepada Allah, maka datanglah orang untuk meminta doa kepadanya. (15:48 WIB)
  36. Orang yang tidak mau bershalawat niscaya kehidupannya akan gelap bahkan kuburnya juga akan gelap, dia berjalan seperti halnya orang yang buta. (15:50 WIB)
  37. Barangsiapa yang lidahnya basah untuk terus memuji kekasih Allah SWT niscaya dia akan menjadi kekasihNya. (15:52 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;