Jumat, 30 Agustus 2019

29 Dzulhijah 1440 H (30 Agustus 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Bebaskan hatimu seperti burung, niscaya Allah SWT akan berikan kamu petunjuk untuk terbang mengambil rezeki. (13:45 WIB)
  2. Berharap itu adalah bentuk memohon yaitu menunggu keputusan dari Allah, tetapi kebanyakan manusia memohon untuk memaksa keputusan tersebut. (13:51 WIB)
  3. Kebanyakan manusia itu selalu mengingat kebaikannya tetapi justru melupakan keburukannya, padahal dia tidak memiliki kebaikan, karena kebaikan itu sesungguhnya datang dari Allah. (13:53 WIB)
  4. Sesungguhnya Allah itu baik dan menyukai yang baik, maka pemberiannya juga baik, dan apabila ada keburukan itu bukan dari Allah melainkan dari dirimu sendiri. (13:54 WIB)
  5. Yang disebut khalifah itu adalah yang dipercaya oleh Allah, dan dia mendapatkan takdir azali dari Allah seperti halnya para Nabi dan Rasul. (14:04 WIB)
  6. Orang yang mengamalkan ayat kursi itu berbeda dengan orang yang mengamalkan ayat kursi, dan bagi yang mengamalkan mendapatkan 4 hal, yaitu dia bisa memperbaiki diri, memperbaiki keluarga, memperbaiki hubungan dengan Allah, memperbaiki hubungan dengan manusia. (14:05 WIB)
  7. Tidak disebut orang yang berma'rifat yang tidak memiliki kebaikan di sisi Allah, di sisi manusia, di sisi keluarganya. (14:05 WIB)
  8. Khalifah itu mendapatkan kepercayaan dari Allah, dan dia termasuk orang yang mampu memegang amanat Allah. (14:08 WIB)
  9. Banyaknya engkau berjumpa dengan Wali Quthub, bersalaman dengannya, tetapi masih ada najis dihatimu tentu tidaklah berguna hal tersebut.  Maka bersungguh-sungguhlah menuju Tuhanmu niscaya kamu akan merasakan manisnya dalam ibadah kepada Allah. (14:41 WIB)
  10. Barangsiapa tidak mau menelan pahitnya dalam menuntut ilmu maka bersiaplah merasakan pahitnya kebodohan. (14:15 WIB)
  11. Sesungguhnya Allah menjadikan Nabi Adam syariatnya dari tanah bumi, tapi hakikatnya dari Nur Nabi Muhammad. (14:21 WIB)
  12. Orang yang membaca sebuah shalawat dan bisa merasakan apa yang dibacanya, maka dia termasuk orang yang dititipkan Nur Nabi Muhammad. (14:22 WIB)
  13. Sesungguhnya orang yang shalawat itu seperti apapun tergelincirnya pasti akan kembali kepada jalan yang benar. (14:23 WIB)
  14. Mereka yang lalai dalam sholatnya pasti akan menghimpun sebuah perbuatan yang riya', dan amalnya sia-sia dihamburkan seperti debu yang berterbangan. (14:29 WIB)
  15. Tanda-tanda seseorang yang dilupakan oleh Allah, maka dia banyak mengerjakan sesuatu yang tidak bermanfaat. (14:30 WIB)
  16. Seseorang yang dapat pengawasan Allah maka dia tidak akan dikeluarkan dari lingkungan orang-orang yang taat. (14:31 WIB)
  17. Orang yang tidak mendapatkan pengawasan Allah maka dia pasti akan bergaul dengan orang-orang yang tidak taat, dan mengajak dalam kelalaian. (14:31 WIB)
  18. Orang yang selalu dalam kelalaian pasti matinya akan dalam kelalaian, karena semasa hidupnya melupakan Allah maka Allah pun juga akan melupakan dia. (14:32 WIB)
  19. Sesungguhnya kamu akan menyesal saat datang sakitmu dan kamu sadari masa sehatmu tidak beribadah kepada Allah, sedangkan dalam kesakitanmu tidak mampu lagi beribadah, maka dia adalah termasuk orang yang bangkrut di akhirat kelak. (14:33 WIB)
  20. Sembuhkanlah penyakit hatimu terlebih dahulu sebelum kamu menyembuhkan luarmu, karena sakitnya yang ada didalam pasti akan tampak kedalam permukaan. (14:34 WIB)
  21. Hiasilah dirimu dengan keimanan dan keyakinan, dan keyakinan yang sudah datang akan membuatmu tahu akan apa yang tidak menguntungkan dan apa yang menguntungkan. (14:35 WIB)
  22. Pada saat dia memiliki sebuah penyakit dia berusaha sebisa mungkin untuk sembuh dengan berobat, pergi ke dokter, biaya mahal, tetapi saat dia ditinggalkan oleh Tuhannya dia tidak merasa sedih, dan sakit padahal itu adalah seburuk-buruknya penyakit. (14:36 WIB)
  23. Barangsiapa yang tidak bisa mendekat kepada Allah, disebabkan dia terlalu banyak bermaksiat kepada Allah. (14:36 WIB)
  24. Manusia melihat karat di rumah atau mobilnya sudah kebingungan untuk menghilangkannya, tetapi karat dihatinya manusia tidak pernah merasa gelisah dan berusaha untuk menghilangkannya. (14:38 WIB)
  25. Segala sesuatu yang menyadari bahwa diri kita lemah, maka kita harus melawannya. Dan ketahuilah kemalasan itu disebabkan banyaknya maksiat kepada Allah. (14:39 WIB)
  26. Janganlah kamu mendekati orang yang tidak mendengar seruan Allah, karena bagi dia seruan Allah saja tidak didengarnya apalagi dirimu yang tidak mempunyai apa-apa. (14:41 WIB)
  27. Orang yang selalu mengingatkan kepada Tuhannya adalah orang yang bermanfaat dan termasuk orang yang beriman. (14:44 WIB)
  28. Sesungguhnya istrimu yang sesungguhnya adalah yang selalu mengingatkan perihal akhirat, dan seorang suami yang sholeh walaupun miskin hartanya pasti akan menjadikan istrinya soleha. (14:45 WIB)
  29. Banyak manusia yang pandai dalam urusan dunia, tetapi bodoh dalam urusan akhirat maka dia termasuk orang yang bangkrut. (14:47 WIB)
  30. Satu hikmah atau kalimat yang keluar dari mulut seorang mursyid sesungguhnya itu lebih baik dari satu dunia dan seisinya. (14:48 WIB)
  31. Dihindarkan dosa dari umatku pada perbuatan-perbuatan yang dilakukan berdasarkan kesalahan-kesalahan yang tidak diketahuinya, atau lupa dan dipaksa oleh orang lain untuk melakukannya. (14:50 WIB)
  32. Sesungguhnya orang yang sadar akan kesalahan itu adalah orang yang sudah bersih akan hatinya. (14:51 WIB)
  33. Dan orang yang banyak dosanya tentu tidak akan bisa merasakan dosa dan kesalahan yang telah diperbuatnya, disebabkan banyaknya dosa, dan makanan haram yang dikonsumsinya. (14:54 WIB)
  34. Janganlah kamu menunda sholat meskipun berjamaah karena disitulah letak kelalaian, kecuali kamu dalam keadaan menuntut ilmu. (14:56 WIB)
  35. Sesungguhnya orang yang tidak senang bershalawat hakikatnya adalah Allah tidak suka kepada hamba tersebut. (14:59 WIB)
  36. Banyak orang yang bershalawat tetapi tidak memiliki pengakuan, mereka asyik dengan lagunya, qasidahnya, hadrahnya tetapi tidak asik dengan Nabi Muhammad, maka hadirkanlah Nabi Muhammad disetiap shalawat yang kamu baca. (15:00 WIB)
  37. Apapun yang berdoa tanpa shalawat itu tidak akan terkabul, maka gabungkanlah bacaan shalawat itu dalam setiap doamu. (15:01 WIB)
  38. Sesungguhnya orang yang membaca shalawat didalam majelis beramai-ramai itu kelak akan dicari oleh Nabi Muhammad, sedangkan yang membaca sendiri akan mencari Nabi Muhammad. (15:03 WIB)
  39. Barangsiapa yang dirumahnya ada tikus, maka sesungguhnya dia banyak dosa dan termasuk orang yang tidak bersyukur sehingga Allah peringatkan dengan menghadirkan binatang tersebut didalam rumahmu, dan bukanlah sebuah perihal yang kebetulan. (15:04 WIB)
  40. Barangsiapa yang tidak mau belajar maka dia akan menerima musibah dari kebodohannya, dan jangan biarkan sesuatu hal yang tidak kamu ketahui, maka bertanyalah apa yang tidak kamu pahami. (15:07 WIB)
  41. Barangsiapa meninggalkan ilmu maka meninggalkan sholat, dan meninggalkan sholat berarti meninggalkan Allah SWT. (15:08 WIB)
  42. Ahli hikmah berkata: Andaikata setiap orang yang datang kesuatu lembah atau hutan adalah tukang kayu, niscaya tidak akan tersisa satu batang pohonpun di lembah tersebut. (15:09 WIB)
  43. Sesungguhnya manusia itu dititipkan sifat serakah, dan sifat serakah ada dua, ada yang serakah terhadap dunianya dan ada yang serakah dengan ilmu akhiratnya. (15:10 WIB)
  44. Selesaikanlah atau kalau perlu juallah asetmu untuk menyelesaikan utangmu, karena kelak di akhirat tidak akan ada penyelesaian dalam bentuk uang, melainkan amal ibadahmu yang akan dikuras habis sehingga kamu dalam kebangkrutan. (15:14 WIB)
  45. Segala bentuk hutang itu baik kecil dan banyak yang dapat merisaukan hatimu adalah bentuk penghalang dirimu dengan Tuhanmu. (15:16 WIB)
  46. Hidup boleh miskin tetapi hati harus lebih kaya dari orang yang paling kaya. (15:17 WIB)
  47. Baik ukuran Allah beda dengan baik ukuran manusia, karena baik ukuran Allah itu benar untuk Allah dan manusia, sedangkan baik ukuran manusia benar dimata manusia belum tentu benar dihadapan Allah. (15:27 WIB)
  48. Barangsiapa yang mendawamkan tasbih niscaya dia akan mudah untuk bermimi Syeikh Abu Hasan Asy-Syadzili. (15:39 WIB)
  49. Al-Hikmah: Orang tua dulu yang soleh mereka saling menolak didalam 3 hal karena takut kepada Allah disebabkan sifat kehati-hatiannya yaitu:
    1. Dijadikan hakim
    2. Dijadikan untuk pemberi fatwa
    3. Dijadikan imam sholat (15:44 WIB)
  50. Bagaimana manusia itu bisa yakin apabila dunia ini menjadi tujuannya, bagaimana manusia bisa takut kepada Tuhannya apabila takwa belum dimiliki. (15:50 WIB)
  51. Celakalah bagi orang yang banyak berdzikir kepada Allah dengan lisannya, dan durhaka kepada Allah dengan perbuatannya. (15:56 WIB)
  52. Tidak disebut orang yang berdzikir yang tidak merubah tabiat. (15:57 WIB)
  53. Sesungguhnya banyak dari penuntut ilmu itu gagal disebabkan tidak menghargai ilmu, mereka meremehkan ilmu sehingga apa yang didapatkannya tidak mendapatkan manfaat justru mendapatkan laknat dari Allah. (16:10 WIB)
  54. Kewajiban utama manusia adalah bertaubat, takut dan berharap, meninggalkan kecintaan pada dunia, sabar, syukur, ikhlas, tawakkal, ridho, mahabbah, dzikir mengingat mati, ziarah kubur. (16:16 WIB)
  55. Tidak akan sampai seorang murid kepada sebuah kedudukan apabila tidak mentaati perintah dari Gurunya. (16:17 WIB)
  56. Sepahit apapun perintah Guru itu janganlah membantah, cukup patuhi saja karena kamu pasti tidak akan mengetahui apa yang dimaksud, dan apabila kamu tidak mau maka siaplah untuk menampung dosa. (16:26 WIB)
  57. Kelalain adalah menomor duakan urusan dari Tuhannya. Dan tempatnya adalah neraka Sakho dan kekal didalamnya. (16:27 WIB)
  58. Janganlah kamu meremehkan perintah Allah, karena hanya orang yang tidak berakal yang meremehkan apa yang diperintahkan oleh Allah. (16:28 WIB)
  59. Sesungguhnya perintah Gurumu walau buruk bagimu tetapi bisa jadi kebaikan bagi dirimu, sedangkan kebaikan yang kamu anggap bisa jadi sebuah keburukan dipandang oleh Gurumu. (16:29 WIB)
  60. Tidak disebut orang yang berilmu yang tidak meneliti setiap apa yang diperbuatnya. (16:30 WIB)
  61. Selama manusia itu beribadah dengan penuh masalah, maka ibadahnya tertolak karena termasuk orang-orang didalam kelalaian. (16:34 WIB)
  62. Hakikat hidup manusia itu selalu penuh didalam kepura-puraan, apa yang tampak diluarnya tidak sama dengan apa yang ada didalamnya. (16:36 WIB)
  63. Selesaikanlah masalahmu terlebih dahulu sebelum kamu menghadap kepada Tuhanmu, janganlah kamu membawa masalahmu dihadapan Tuhanmu sehingga membebani ibadahmu kepada Tuhanmu. (16:37 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;