Jumat, 21 Juni 2019

17 Syawal 1440 H (21 Juni 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya sabar karena ditimpa akan musibah akan ditinggikan 300 derajat, dan sabar karena taat akan ditulis 600 derajat, dan sabar karena meninggalkan maksiat akan dituliskan 900 derajat bagi seorang hamba." (14:11 WIB)
  2. Sifat Ash-Shabuur itu tidak mengenal akan bentuk makian dan pujian bagi hamba yang dititipkan sifat Ash-Shabuur. (14:44 WIB)
  3. Tanda bersyukur seorang hamba kepada Allah SWT adalah dia istiqomah. (14:16 WIB)
  4. Banyak manusia berdzikir kepada Allah SWT mendekat untuk mengharap pengabulan hajat tetapi tidak mau dengan ujian dari Allah SWT. (14:17 WIB)
  5. Orang yang diuji oleh Allah SWT kemudian dia tidak bersabar dia akan mendapatkan laknat dari Allah SWT, hina didunia dan hina diakhirat. (14:18 WIB)
  6. Ujian yang paling besar bagi seorang hamba adalah ujian hati yaitu keikhlasan, selama manusia belum ikhlas dalam perbuatannya maka dia tidak termasuk orang yang bersyukur. (14:19 WIB)
  7. Seseorang yang selalu mendekat kepada Allah SWT dihatinya tidak ada keinginan terhadap dunia, sedangkan orang yang selalu ingin dunia andaikata dia mendekat kepada Allah SWT pasti ada maunya. (14:21 WIB)
  8. Barangsiapa yang sholatnya lalai niscaya setiap perbuatannya pasti juga akan lalai. (14:22 WIB)
  9. Sesungguhnya orang yang tidak mendapatkan rezeki itu adalah bentuk orang yang terkena hukuman oleh Allah SWT. Andaikat dia mendapatkan rezeki niscaya rezeki itu pasti haram dan buruk. (14:24 WIB)
  10. Orang yang bodoh itu tidak mengetahui bahwa dia sedang dihukum oleh Allah SWT, sehingga dengan kebodohannya dia sedang menuju bencana, tidak terlepas orang yang kaya sekalipun. (14:26 WIB)
  11. Janganlah kamu merasa tenang dan aman apalagi berbangga-bangga, karena bisa jadi kamu tidak merasakan kesalahan dan dosa yang sedang kamu perbuat disebabkan kelalaian. (14:27 WIB)
  12. Barangsiapa yang beriman kepada Allah SWT dia mendapatkan kegembiraan, maka orang yang mendapatkan keburukan sejatinya itu bukan dari dirinya melainkan dari kelalaiannya sendiri. (14:30 WIB)
  13. Sesunggunya orang yang berilmu itu pasti Allah SWT jadikan dia seorang raja, dan bentuk kerajaannya adalah mengenal perbendaharaan Allah SWT. (14:34 WIB)
  14. Barangsiapa yang terlalu berlebihan dalam mendapatkan rezeki niscaya kelebihannya itu adalah haram. (14:34 WIB)
  15. Orang yang selalu bersiasat kepada Tuhannya adalah orang yang memiliki sifat munafik, dan mereka bangga terhadap dosa-dosanya. (14:36 WIB)
  16. Manusia hendaknya dia bersukur baru sabar, dan orang yang sabar naik menjadi tawakkal, orang yang tawakkal naik menjadi orang yang ikhlas, dan orang yang ikhlas adalah orang yang ridho. (14:38 WIB)
  17. Orang yang beriman itu tidak menyebut dirinya beriman melainkan dia berbuat iman terhadap setiap aspek kehidupannya. (14:39 WIB)
  18. Perumpamaan ilmu dan petunjuk yang dititipkan Allah SWT kepada mahluknya itu ibarat seperti hujan yang turun dengan deras kepada bumi, ada tanah yang subur dan menumbuhkan tanaman, ada tanah yang kering lalu menjadi subur, dan ada tanah yang tetap kering walaupun turun hujan disitu. (14:44 WIB)
  19. Allah SWT ciptakan manusia itu 3 hal, yaitu tanah yang harus digali baru keluar air, lalu tanah yang sudah jadi danau tidak perlu digali untuk mendapatkan air, dan ada tanah tandus bebatuan yang digali seperti apapun tidak akan keluar air justru kadang keluar api atau lahar dari dalamnya. (14:45 WIB)
  20. Orang yang menuntut ilmu itu ada yang dia harus belajar untuk mendapatkan ilmu, ada yang tidak perlu belajar Allah SWT sendiri yang mengajarkannya, dan ada juga yang siang dan malam dia belajar tidak mendapatkan apa-apa. (14:47 WIB)
  21. Sesungguhnya orang yang bodoh itu belajar sekeras apapun dia tidak akan paham, mengaji selama apapun justru mendapatkan fitnah, maka hati-hatilah terhadap orang yang bodoh. (4:47 WIB)
  22. Banyaknya pohon yang tumbuh tidak semua berbuah, dan ada yang berbuah tidak semua buahnya bagus, maka seperti itulah perumpamaan orang yang menuntut ilmu tetapi salah niat. (14:49 WIB)
  23. Sesungguhnya seorang ulama itu adalah amanah dari Rasulullah dan menjadi cahaya bagi umat, maka berhati-hatilah menjadi seorang ulama apabila salah niat akan celaka. (14:52 WIB)
  24. Janganlah kamu sembunyi diballik jubahmu, sembunyi dibalik peci dan surbanmu, sembunyi dibalik Al-Qur'an dan ayat Allah SWT, sembunyi dibalik ziarah makam, hanya untuk mendapatkan urusan duniawi. (14:54 WIB)
  25. Tinggalkanlah sesuatu yang tidak manfaat kelak kamu akan mendapatkan sesuatu yang manfaat. (14:56 WIB)
  26. Nasehatilah orang yang benar-benar menginginkan nasehat, jangan pernah menasehati orang yang tidak ingin diberi nasehat. (14:58 WIB)
  27. Sesungguhnya orang yang mendapatkan rahmat dari Allah SWT adalah orang yang berbuat baik. (15:08 WIB)
  28. Sesungguhnya seorang pendosa itu setengah mati dalam menghafal doa, karena telalu banyak noda dihatinya sehingga menulis sesuatu sangat sulit terlihat tulisannya. (15:24 WIB)
  29. Sesungguhnya orang yang lepas dari Gurunya setelah mengaji kepadanya akan diangkat keberkahan dalam hidupnya. (15:36 WIB)
  30. Orang yang tidak mengetahui kesalahan pada dirinya disebabkan kekurangan ilmunya, maka hendaklah seorang hamba itu menuntut ilmu agar setiap melakukan kesalahan itu mengetahui akan kesalahannya dan mampu memperbaikinya. (15:38 WIB)
  31. Tuntutlah ilmu kepada ulama, yaitu ilmu yang mengenal Allah SWT, karena dengan mengenal Allah SWT kamu akan mengetahui bagaimana penyerahan diri terhadap Allah SWT. (15:39 WIB)
  32. Seluruh tubuh anak adam bila ia mati dimakan oleh tanah kecuali pangkal tulang punggung tempat air mani diciptakan, dan daripadanya dia dihidupkan kembali. (15:39 WIB)
  33. Banyaknya orang bercerai sesungguhnya disebabkan perkara sholat yang ditinggal dan riba. Terutama meninggalkan sholat ashar. (15:45 WIB)
  34. Sesungguhnya rezeki itu Allah SWT datangkan kepada seorang hamba itu tergantung dari sholatnya. (15:45 WIB)
  35. Yang menghalangi kebaikan datang kepadamu adalah sesuatu yang haram sedang melekat kepada dirimu, maka bersihkanlah sesuatu yang kotor itu pasti Allah akan berikan kebaikan kepadamu. (15:48 WIB)
  36. Tidak ada mayat yang paling busuk selain mayat manusia. (15:52 WIB)
  37. Rasulullah SAW bersabda: "Tidak sekali-kali dua orang mengasihi demi Allah SWT melainkan Allah SWT akan meletakkan kursi baginya saat hari hisab sampai selesai hisabnya." (16:03 WIB)
  38. Yang disebut sahabat adalah saling mendukung dalam kesusahan bukan hanya dalam kesuksesan. (16:04 WIB)
  39. Orang menuntut ilmu tauhid itu lebih utama mengedepankan akhlaq terlebih dahulu daripada ilmu. (16:16 WIB)
  40. Sesungguhnya orang yang gagal dalam berilmu itu kebanyakan disebabkan karena dia tidak memiliki akhlaq. (16:18 WIB)
  41. Orang yang datang menuntut ilmu sekedar datang saja tanpa ada niat untuk mempelajarinya dia termasuk orang yang meremehkan ayat dan termasuk orang yang tidak memiliki akhlaq. (16:19 WIB)
  42. Janganlah kamu bergaul terhadap orang yang tidak mengingatkanmu terhadap ilmu. (16:20 WIB)
  43. Rasulullah SAW bersabda: Semua anak adam itu disentuh oleh setan sewaktu dia dilahirkan ibunya, kecuali maryam dan putranya Isa a.s. (16:22 WIB)
  44. Orang yang setengah akal akan termakan oleh dunia, walaupun dia duduk di majelis ilmu, dia akan kelak menghimpun dosa-dosanya. (16:25 WIB)
  45. Janganlah kamu memaksakan orang yang setengah akal untuk berakal sampai dia sendiri memilliki kesadaran terhadap dirinya. (16:26 WIB)
  46. Janganlah kamu mengikuti orang yang tidak memiliki aktifitas akhirat. Manusia yang berharga sesuai dengan amalnya, begitupun juga yang terhina, dan ukurannya bukan kekayaan ataupun pangkat jabatan. (16:26 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;