Jumat, 14 Juni 2019

10 Syawal 1440 H (14 Juni 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Semakin bertambahnya umur seharusnya semakin menambah ibadah kepada Allah SWT. (13:30 WIB)
  2. Tidak disebut istiqomah apabila sebuah ibadah tidak ditambahkan volumenya, justru semakin berkurang apabila volumenya tetap. (13:31 WIB)
  3. Tanda-tanda orang yang tidak diterima puasa ramadhannya adalah semakin mengurangi ibadahnya setelah bulan ramadhan. (13:33 WIB)
  4. Barangsiapa yang memegang kendali kendaraan saudaranya yang muslim dengan tidak mengharapkan sesuatu darinya dan bukan juga karena segan atau takut kepadanya, niscaya dia akan mendapatkan ampunan Allah SWT. (13:34 WIB)
  5. Barangsiapa yang selalu menjaga saudaranya sesama muslim dengan selalu menasehatinya maka dia termasuk orang yang mendapatkan ampunan, karena bentuk setiap kebaikan yang dilakukan adalah istighfar meskipun dia tidak beristighfar. (13:35 WIB)
  6. Sesungguhnya orang yang takut kepada Allah SWT itu tidak memiliki rasa segan dalam menyampaikan kebenaran kepada saudaranya walaupun akan mendapatkan kemarahan dari saudaranya. (13:36 WIB)
  7. Manusia itu tidak akan mampu merubah manusia yang lainnya, tetapi janganlah bosan dalam menasehati dan menyampaikan kebaikan kepada sesama manusia. (13:37 WIB)
  8. Tabiat itu tidaklah bisa dirubah tetapi bukan berarti kita tidak menyampaikan nasehat kepadanya. (13:38 WIB)
  9. Carilah sahabat yang mudah memaafkan dan selalu mengajak dalam kebaikan dijalan Allah SWT. (13:41 WIB)
  10. Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang membiasakan diri mengucapkan istighfar Allah SWT akan menjadikan jalan keluar untuknya dari setiap kegelisahan, kegundahan dan akan mengaruniakan rezeki dari jalan yang tidak diperhitungkannya." (13:42 WIB)
  11. Rasulullah SAW bersabda: "Apabila Allah SWT menghendaki kebaikan pada hambanya Dia akan menyegerakan siksanya didunia, apabila menghendaki keburukan pada hambanya maka akan ditunda siksanya sampai kelak di akhirat." (13:43 WIB)
  12. Sesungguhnya orang yang mendapatkan siksa Allah SWT itu cirinya selalu mengeluh sampai lupa akan cara bersyukur kepada Allah SWT. (13:44 WIB)
  13. Orang yang munafik itu tidak akan senang dengan ibadah puasa, sedangkan yang beriman dia akan senang berpuasa karena didalamnya dia bisa berdekatan dengan Allah SWT. (13:44 WIB)
  14. Banyak orang yang beristighfar tetapi tidak mendapatkan jalan keluar, disebabkan hatinya masih terus merasa gelisah akan beban yang menimpanya. (13:43 WIB)
  15. Tidak disebut orang yang beristighfar apabila tidak merubah kebiasaan buruknya. (13:46 WIB)
  16. Banyaknya orang beristighfar bahkan dengan tangisan setiap harinya tetapi tidak mendapatkan ampunan disebabkan tangisannya bukan karena menyesali dosanya melainkan menangisi akan nasibnya, maka itulah yang disebut dengan tangisan dusta. (13:48 WIB)
  17. Riwayat Abdurrahman bin Auf bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: Jibril datang kepadakuk dan berkata "Tidaklah seorangpun yang bersholawat kepadamu melainkan mendapat balasan dari 70.000 malaikat, dan tidaklah orang yang mendapat sholawat dari malaikat itu melainkan penghuni surga." (13:50 WIB)
  18. Sesungguhnya bentuk dusta walaupun itu bercanda atau tidak sengaja itu tetaplah dusta dan malaikat akan lari sejauh 100 mil darinya, dan ketahuilah kebongan satu kali itu akan ditutup dengan 10 kali bohong. (13:52 WIB)
  19. Orang yang bodoh dia tidak akan mengetahui akan dosanya, sehingga apabila mendapatkan musibah dia akan bertanya "dosa apa saya?", sedangkan orang yang cerdas dia mengetahui akan dosanya dan bersegera taubat dan menutupinya dengan berbuat kebaikan. (13:54 WIB)
  20. Bagaimana seorang murid akan disayangi Gurunya apabila dia telah berdusta kepada Allah SWT. (13:59 WIB)
  21. Yang menyebabkan orang soleh itu cinta kepadamu adalah karena amal solehmu, bukan karena penampilanmu, kekayaanmu atau rajinmu dihadapannya. (13:59 WIB)
  22. Orang yang beriman itu setiap harinya adalah hari raya, bahkan kematian itu adalah hari raya terbesarnya karena saat itulah perjumpaan dengan Tuhannya. (14:02 WIB)
  23. Barangsiapa yang banyak hutangnya sesungguhnya dia juga banyak dosanya, maka hutang itu sangatlah dibenci oleh Rasulullah SAW. (14:04 WIB)
  24. Tanda-tanda orang yang banyak dosa itu salah satunya adalah dia gemar berhutang. (14:05 WIB)
  25. Orang yang punya hutang didunia tetapi tidak diselesaikan maka akan habis segala amal ibadahnya di akhirat. (14:07 WIB)
  26. Riwayat Ibnu Majjah melaui Ibnu Umar: "barangsiapa yang mengambil sebidang tanah orang lain dengan cara dzalim, kelak akan menemui Allah SWT dengan kemurkaan." (14:17 WIB)
  27. Sesungguhnya uang warisan itu tidaklah berkah, janganlah mempergunakannya untuk berdagang, jadikanlah uang warisanmu sebagai amal jariyah untuk kedua orang tuamu yang mewarisinya. (14:25 WIB)
  28. Barangsiapa yang hendak mengerjakan suatu urusan lalu dia bermusyawarah dengan seorang muslim, niscaya Allah SWT akan memberikannya taufiq untuk mengambil keputusan yang baik. (14:48 WIB)
  29. Tidak disebut musyawarah apabila yang berbicara pesertanya sama-sama bodoh. (14:48 WIB)
  30. Seseorang yang disebut islam kaffah adalah orang yang disiplin. (14:52 WIB)
  31. Janganlah menyinggung perasaan orang yang memberikan hadiah kepadamu, terimalah dan doakanlah mereka. (15:00 WIB)
  32. Sesungguhnya para waliyullah itu selalu mengikuti budi pekerti Rasulullah SAW, maka jadikan dirimu untuk selalu berkomitmen mengikuti budi pekerti yang sudah diajarkan Guru-guru kita. (15:04 WIB)
  33. Rasulullah SAW bersabda: "Tiada seorang mukminpun kecuali ia memiliki dua pintu, pintu yang pertama untuk naik amalnya, sedangkan pintu yang kedua untuk turun rejekinya, apabila ia mati maka kedua pintu tersebut menangisinya dan turut berduka cita." (15:05 WIB)
  34. Harta yang paling mulia adalah anak yang soleh, bukan kekayaan atau jabatan. (15:07 WIB)
  35. Orang tuamu itu ada 3 yaitu Gurumu, Orang tua kandungmu, mertuamu. Maka muliakanlah Gurumu terlebih dahulu karena sebab merekalah kita menjadi orang yang soleh. (15:10 WIB)
  36. Termasuk Muru'ah ialah bila seseorang mendengarkan dengan penuh perhatian pembicaraan saudaranya ketika ia berbicara kepadanya, dan termasuk teman seperjalanan yang baik bila seorang berhenti ketika teman seperjalanannya terputus tali sandalnya. (15:10 WIB)
  37. Tidak akan bisa mendekati Allah SWT seseorang murid tanpa mendekat terlebih dahulu kepada Gurunya. (15:18 WIB)
  38. Biarkanlah kebajikanmu jangan engkau perlemah kelak kamu akan menemukan diwaktu yang lain, kelak dia akan berkembang dan membalasmu. (15:32 WIB)
  39. Janganlah memikirkan balasan setiap kebaikan yang kamu lakukan, karena setiap kecil perbuatan itu pasti akan mendapatkan balasan. (15:33 WIB)
  40. Apabila datang hari jumat hendaknya seorang murid bersedekah sekecil apapun itu bentuknya untuk mendapatkan cinta dari Nabi Muhammad SAW. Dan telah diajarkan Guru-guru kami kalau mampu memberi 3 hal yaitu makanan, uang dan pakaian sebelum sholat jumat. (15:36 WIB)
  41. Apabila kamu tidak mampu bersedekah / sangat miskin, maka bertasbihlah kelak tasbihmu akan dihitung sebagai sedekah oleh Allah SWT. (15:37 WIB)
  42. Imam Abdullah Al-Haddad berkata: "Bersikap lembut dan berkasih sayang terhadap kaum mukmin adalah akhlaq yang mulia dan perangai yang baik." (15:40 WIB)
  43. Apabila kamu baik urusan akhiratmu pasti urusan dunianya akan baik. (16:12 WIB)
  44. Orang yang dicintai Allah SWT adalah orang yang memiliki sifat Allah SWT. (16:13 WIB)
  45. Tidak disebut orang yang beriman yang tidak mengetahui kalimat Allah itu 'Alif' adalah sifatnya, 'Lam' adalah asma'nya, 'Lam' kedua adalah sifatnya, 'HU' adalah perbuatannya. (16:16 WIB)
  46. Seseorang yang terlihat menuntut ilmu padahal dihatinya memikirkan nasib dirinya maka dia termasuk orang yang riya'. (16:24 WIB)
  47. Bentuk ilmu tauhid adalah membentuk keyakinan dalam diri kita tentang Allah SWT. (16:27 WIB)
  48. Ancaman yang paling berbahaya bagi umat Nabi Muhammad SAW adalah sifat munafik. (16:27 WIB)
  49. Barangsiapa yang ingin mengalahkan iblis hendaknya dia memiliki sifat ikhlas. (16:33 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;