Jumat, 11 Januari 2019

5 Jumadil Awal 1440 H (11 Januari 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم

  1. Keserakahan itu terhimpun oleh hawa nafsu dan tipuan iblis sehingga menginginkan akan kesenangan dunia. (14:11 WIB)
  2. Ilmu ini akan di emban oleh setiap kalangan khalaf yang adil, mereka menghapus penyimpangan yang melampaui batas, orang yang rusak, dan orang yang bodoh. (14:15 WIB)
  3. Ulama yang berjalan agama tetapi hatinya selain Allah SWT maka nerakalah tempatnya. (14:17 WIB)
  4. Rasakanlah kehadiran Allah SWT dalam setiap ibadahmu, apabila manusia itu terhalang untuk dapat merasakan kehadiran Tuhannya disebabkan dia terlalu sibuk dengan apa yang selain Allah SWT. (14:26 WIB)
  5. Ingatlah masamu itu didunia ini sangatlah singkat, masa mudamu akan segera habis menjadi tua, maka kau habiskan untuk apa masa mudamu, dan masa tuamu juga akan segera habis menuju kematian, apakah didalam masa tuamu sudah memiliki bekal untuk akhirat. (14:30 WIB)
  6. Orang-orang yang senang melalaikan diri sendiri, rela dengan kedudukan yang hina, kondisi yang renda, itulah orang yang berada pada kedudukan paling rendah yang tidak ada lagi kedudukan dibawahnya dalam hal kebodohan. (14:31 WIB)
  7. Sayyidina Ali bin Abi Thalib: "Janganlah kamu mengikuti orang yang berkoar-koar, dan mereka condong bersama dengan arah angin, mereka tidak diterangi oleh cahaya ilmu dan berlindung pada tiang yang kokoh." (14:32 WIB)
  8. Orang yang tidak memiliki ketetapan didalam hatinya disebabkan dia tidak mengenal Allah SWT. (14:34 WIB)
  9. Sesungguhnya Allah SWT ciptakan sesuatu yang halal didunia ini terlihat sangat nikmat dan yang haram terasa menyulitkan. Padahal nilai dari yang sulit itu sangatlah tinggi di sisi Allah SWT. (14:42 WIB)
  10. Orang yang bijak apabila bangun dari tidur dia memperhatikan terlebih dahulu bagaimana tidurnya, mana mungkin dia mengetahui akan bangunnya tidur apabila tidak mengetahui bagaimana tidurnya. (14:49 WIB)
  11. Hendaknya orang yang mau tidur itu menyelesaikan dulu hak dan kewajibannya terlebih dahulu, dan selalu meninggalkan wasiat sebelum tertidur. (14:50 WIB)
  12. Sesungguhnya amanat itu diberikan oleh guru kepada muridnya tidak melihat kekayaannya tetapi amanat itu diberikan kepada orang yang bertakwa. (14:53 WIB)
  13. Sesungguhnya ulama jahat itu yang menjual ayat Allah akhlaqnya tidak lebih baik dari seorang pelacur, seorang pelacur menjual dirinya sendiri untuk mendapatkan uang, sedangkan seorang ulama jahat dia menjual ayat demi kepentingan dirinya sendiri. (14:57 WIB)
  14. Seburuk-buruk manusia adalah yang meminta kepada manusia, sehingga ulama yang berharap pemberian dari manusia tidaklah lebih bagus dari seorang pelacur. (14:58 WIB)
  15. Janganlah kamu merasa mulia tetapi tanamkanlah rasa berdosa apabila kamu beribadah kepada Tuhanmu. (14:59 WIB)
  16. Sinar hati tidak pernah redup, Allah SWT menerangi alam dengan cahaya mahluknya, dan menerangi hati dengan cahaya sifatnya, maka dari itu cahaya alam akan redup dan terbenam, sedangkan cahaya hati tidak akan redup dan terbenam. (15:08 WIB)
  17. Orang yang menyesal di kuburan itu disebabkan dia tidak memiliki bekal di akhirat. Dan membiarkan dirinya terus berada dalam kebangkrutan. (15:11 WIB)
  18. Aku dapati bahwa manusia yang paling lama susahnya ialah orang-orang pendengki dan yang paling tenang hidupnya adalah orang-orang yang qonaah. (15:19 WIB)
  19. Manusia yang paling rendah kehidupannya adalah manusia yang menolak dunia, dan manusia yang paling besar penyesalannya adalah orang yang berilmu melampaui batas. (15:19 WIB)
  20. Sesungguhnya manusia itu bisa menjadi mulia bukan perkara karena dia berilmu, berharta, dan berkedudukan, tetapi orang yang mulia itu disebabkan ketakwaannya. (15:24 WIB)
  21. Kemuliaan itu tidak didapatkan dengan kekayaan, bisa jadi justru kekayaan itu menjadi kehinaan pada dirimu disebabakn kebodohanmu, dan bisa jadi kemiskinan itu justru menjadikan dirimu mulia di sisi Allah SWT. (15:26 WIB)
  22. Sesungguhnya otak itu bentuk fisik tubuh, tetapi akal itu bentuknya adalah cahaya. (15:39 WIB)
  23. Sesungguhnya semua manusia itu memiliki otak tetapi tidak semua memiliki akal, mereka tidak mengetahui mana yang halal dan haram, maka menuntut ilmu ini untuk menghilangkan kebodohan sehingga menjadi manusia yang setengah akal, sampai menjadi manusia yang akal berbekal mati. (15:41 WIB)
  24. Tidaklah menjadi jaminan seorang yang menjadi ulama, bahkan dia berguru sampai keliling negeri arab adalah orang yang berakal, lihatlah apa yang dikumpulkannya. (15:42 WIB)
  25. Ketika kamu memberikan setan bin jahanam ini kesempatan sedikit saja untuk masuk maka disitulah dia akan segera membangun rumah didalam hatimu. (15:45 WIB)
  26. Sesungguhnya pintu setan itu 69 sedangkan malaikat cuma memiliki 1, bahkan satu-satunya pintu itu oleh manusia tersebut ditutup. (15:46 WIB)
  27. Barangsiapa yang beribadah karena Allah SWT kemudian tangannya lupa meminta kepada Allah SWT niscaya tangannya menjadi tangan Allah SWT. (15:51 WIB)
  28. Sesungguhnya orang yang beribadah itu seperti halnya orang yang sedang menabung, kelak di akhirat akan dipanen semua tabungan yang pernah ditabungnya. Tetapi kebanyakan manusia menjual tabungannya dengan kesenangan dunia. (15:57 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;