Jumat, 28 Februari 2020

4 Rajab 1441 H (28 Februari 2020)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Rasulullah SAW bersabda: "Rajab adalah bulan Allah, sedangkan Sya'ban adalah bulanku, Ramadhan adalah bulan hambaku".
  2. Sesungguhnya bulan Rajab itu adalah bulan ampunan atas semua dosanya, dan di bulan itu para Nabi-nabi mendapatkan pertolongan, dan disucikan pulan pada bulan itu darah tidak boleh mengalir. (13:34 WIB)
  3. Malam 27 Rajab adalah malam Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW, dan barangsiapa yang berpuasa dia akan mendapatkan fadhilah pahala berpuasa selama 60 tahun. (13:36 WIB)
  4. Barangsiapa yang berbuat baik di bulan Rajab maka akan dilipat gandakan sebanyak 70x, sedangkan mereka yang berbuat maksiat juga akan dilipat gandakan dosanya 70x. (13:37 WIB)
  5. Sesungguhnya makan di tempat orang alim / ulama itu lebih berkah daripada kamu menjalankan puasa sunnah, karena makanan yang dari orang alim / ulama itu sudah pasti keberkahannya, sedangkan puasamu masih dipertimbangkan keutamaannya. (13:44 WIB)
  6. Sesungguhnya orang awam berpuasa menjaga perutnya, sedangkan orang beriman menjaga badan dan hatinya, sedangkan hakikat puasa yang sebenarnya adalah mengosongkan diri dari segala keinginan. (13:47 WIB)
  7. Sesungguhnya sholat dhuha itu berat bagi orang pendosa, karena pada hakikatnya sholat dhuha itu adalah meminta taubat, tetapi banyak dari kita menganggapnya adalah meminta rezeki, padahal rezeki yang sesungguhnya adalah pengampunan dari Allah SWT. (13:52 WIB)
  8. Jagalah sholat dhuhamu, apabila tertinggal maka qodho'lah sholat tersebut. Apabila tidak ada waktu himpunlah sholat dhuha selama seminggu di hari jumat setelah tahiyatul masjid. (13:54 WIB)
  9. Sholat taubat dua rakaat setelah maghrib adalah sholatnya orang yang bertaubat (awwabin), apabila tidak bisa gantilah dengan sholat dhuha. (13:56 WIB)
  10. Apabila kamu diberikan sebuah penghormatan, maka balaslah penghormatan itu lebih baik daripadanya atau paling tidak yang serupa. (13:59 WIB)
  11. Apabila kamu tidak mampu membalas kebaikan / pemberian dari seseorang maka balaslah dia dengan Al-Fateha / doa. (14:00 WIB)
  12. Barangsiapa berbicara sebelum memberi salam hendaknya jangan dijawab. (14:02 WIB)
  13. Sesungguhnya musibah yang terbesar adalah tercabutnya keyakinan atau iman didalam hatimu, sehingga setiap ibadahmu tidak lagi memiliki rasa. (14:09 WIB)
  14. Sesungguhnya yang lebih menakutkan dari fitnah dajjal, lebih buruk dari orang-orang yang bermaksiat. Yaitu mereka yang mengaku beriman tetapi melakukan apa yang telah dilarang oleh Allah SWT. (14:12 WIB)
  15. Banyak manusia takut akan terjangkit penyakit yang mematikan, tetapi sedikit mereka yang takut imannya terlepas dari dadanya. (14:14 WIB)
  16. Sesungguhnya orang yang beriman itu takut sunnahnya tertinggal apalagi wajibnya. (14:15 WIB)
  17. Hitunglah amalmu sebelum dihitung oleh Allah SWT, dan janganlah kamu sibuk menghitung amal kebaikan orang lain. (14:16 WIB)
  18. Setiap hal itu pasti akan memiliki batasan, dan orang yang melampaui batas itu pasti akan mendapatkan hukuman, dan orang yang bodoh itu tidak mengetahui batasan. Maka orang yang bodoh itu pastilah dia akan mendapatkan musibah. (14:20 WIB)
  19. Sesungguhnya orang yang beruntung adalah orang-orang yang khusyuk. (14:25 WIB)
  20. Janganlah kamu peduli orang yang tidak memperdulikanmu, tinggalkanlah orang yang bodoh, karena apabila kamu bergaul dengan orang yang bodoh maka rusaklah segala aspek agamamu. (14:26 WIB)
  21. Sesungguhnya Allah tidak melihat sholatmu, dzikirmu, ibadahmu, tetapi melihat dari hatimu. Karena hati itu apabila bagus maka seluruhnya akan juga bagus, tetapi apabila buruk maka semuanya akan buruk. (14:31 WIB)
  22. Janganlah kamu sibuk memeriksa keburukan orang lain, karena sesunggunya dirimu sendiri banyak menyimpan kebusukan didalam hatimu sendiri. (14:31 WIB)
  23. Seorang mukmin yang melihat dosanya dia seakan berada di kaki gunung dan takut akan menimpanya, sedangkan orang yang munafik dia melihat dosa seperti lalat yang menempel di hidungnya cuma sepele dan dikibas saja. (14:35 WIB)
  24. Sesungguhnya orang yang hatinya gelap itu dia tidak akan bisa menerima sebuah nasehat. Mustahil seseorang menunjukkan jalan atau gambar kepada orang yang buta. (14:36 WIB)
  25. Tidak disebut orang yang bertaubat yang tidak sholat dhuha. (14:37 WIB)
  26. Isilah hatimu dengan hikmah, dan jangan kamu isi dengan selainnya, karena niscaya itu adalah sebuah musibah walaupun kamu belum tertimpa musibah. (14:40 WIB)
  27. Sesungguhnya orang yang sukses itu bukan perkara di materi, hanya orang bodoh yang beranggapan sukses itu adalah mereka yang memiliki harta banyak. (14:46 WIB)
  28. Orang yang banyak meminta ampun kepada Allah SWT dibulan rajab akan dihapuskan semua dosanya, dan kebaikannya akan dilipat gandakan 70x, dan pada bulan Sya'ban di tinggkatkan lagi menjadi 100x, sedangkan pada bulan Ramadhan dia akan dilipat gandakan 1000x. (15:02 WIB)
  29. Wanita yang soleh dia akan menjadi 9 akal 1 nafsu, sedangkan lelaki apabila diperbudak oleh hawa nafsu dia akan menjadi 9 nafsu 1 akal. (15:14 WIB)
  30. Janganlah kamu takut akan rejeki, selama kamu masih hidup rejeki itu pasti ada, sedangkan orang yang meninggal itu adalah orang yang telah habis jatah rejekinya. (15:23 WIB)
  31. Sesungguhnya lebih utama orang yang bershalawat dengan datang di majelis, daripada orang yang membaca ribuan sholawat dengan sendirian. (15:31 WIB)
  32. Ingatlah mati, ingatlah dosa-dosamu, niscaya akan terlepas sifat-sifat sombong dari dirimu. (15:44 WIB)
  33. Sifat sombong itu tersimpan didalam hati tetapi tanda-tandanya tampak pada diri manusia diantaranya ialah:
    1. Merasa bangga melihat dirinya, lebih maju dari orang lain
    2. Suka menonjolkan diri kepada orang lain
    3. Senantiasa ingin tampil dihadapan majelis-majelis pertemuan
    4. Bermegah diri dan angkuh ketika berjalan
    5. Suka membantah teguran orang lain, meskipun bicaranya salah
    6. Tidak meng indahkan nasehat atau teguran orang lain
    7. Suka menindas muslim yang miskin dan lemah
    8. Senantiasa menganggap dirinya benar, dan tidak pernah salah
    9. Suka memuji diri sendiri
    10. Membanggakan nenek moyangnya yang ternama / ahli agama
    11. Membanggakan keturunannya. (15:50 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;