Jumat, 07 Februari 2020

13 Jumadil Akhir 1441 H (7 Februari 2020)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Yang paling ringan adalah ucapan dzikir, mudah diucapkan tetapi memiliki kandungan yang besar, dan dapat mengantarkannya masuk kedalam surga. (13:30 WIB)
  2. Orang yang selalu nyaman adalah orang yang selalu berbuat baik, sehingga orang melihatmu senang dan nyaman. (13:32 WIB)
  3. Orang yang memiliki akhlaq adalah orang yang dapat membuat setiap orang senang apabila berada didekatnya. (13:32 WIB)
  4. Barangsiapa memperbaiki yang tersembunyi maka Allah SWT akan memperbaiki sesuatu yang terlihat. (13:34 WIB)
  5. Sesungguhnya niat yang kecil akan mampu menjadikan pahala amal yang besar, tetapi pahala amal yang besar itu akan menjadi nol apabila tidak memiliki niat. (13:35 WIB)
  6. Musuhmu adalah hawa nafsumu, dan orang yang cerdas dia akan berusaha mencari cara bagaimana menundukkan dan mengalahkannya. (13:36 WIB)
  7. Sesungguhnya dalam beribadah itu hendaknya terbebas dari sifat paksaan, karena sesuatu yang terpaksa atau dipaksa itu mengandung sifta dhalim. (13:42 WIB)
  8. Sesuatu hal yang berusaha untuk menyaingi sesuatu dari Gurunya niscaya dia termasuk murid yang tidak memiliki akhlaq terhadap Gurunya. (13:52 WIB)
  9. Orang yang menuntut ilmu hendaknya dia semakin pandai mencari kesalahan dan kelemahan dirinya, bukan justru mencari kepandaian, kemuliaan dan ketenaran. (13:55 WIB)
  10. Sesungguhnya sebuah perjalanan tanpa di iringi oleh Allah SWT adalah siksaan dan sebuah kerugian. (13:59 WIB)
  11. Tidak ada siksa yang lebih pedih didunia ini daripada siksa meninggalkan Allah SWT. (14:00 WIB)
  12. Ketahuilah musuh terbesar yang tidak kamu ketahui adalah setan yang masuk kedalam sel darahmu, sehingga manusia itu setiap detik hatinya berubah-ubah. (14:02 WIB)
  13. Orang yang cinta dunia itu pasti membenci akan perihal kuburan, begitu juga sebaliknya orang yang cinta akhirat dia akan merindukan kematian dan berjumpa dengan Tuhannya. (14:05 WIB)
  14. Langkahmu itu akan memutuskan dirimu baik atau buruknya, maka orang yang bodoh dia akan melangkah kepada keburukan, disebabkan dia tidak pernah menghitung langkahnya apakah cenderung untung atau rugi. (14:08 WIB)
  15. Allah ciptakan manusia baik dan buruk, begitu juga langkah kaki dibuat kanan dan kiri, menandakan pergerakan langkah manusia itu setelah buruk ditunggu kebaikan, setelah baik ditunggu keburukan, begitu seterusnya, yang menjadi perhatian adalah apakah langkah terakhirmu pada kebaikan atau keburukan. (14:10 WIB)
  16. Janganlah kamu risau akan kematianmu apakah banyak yang menangisi kepergianmu atau tidak, tetapi tangisilah dirimu sendiri apabila kematianmu tidak membawa bekal apa-apa. (14:11 WIB)
  17. Manusia itu terkadang hanya berpikir yang disebut musibah adalah bencana alam saja padahal hati yang lalai tidak mengingat Allah SWT adalah musibah yang paling besar bagi dirinya. (14:16 WIB)
  18. Carilah nikmat akhirat karena niscaya akan kekal, janganlah kamu mencari nikmat dunia karena pasti akan berkurang dan membuatmu takut akan kehilangannya. (14:19 WIB)
  19. Janganlah kamu memaksakan orang lain menjadi baik dengan kemauanmu, tapi jadikan dirimu sendiri untuk menjadi lebih baik. (14:27 WIB)
  20. Berilmulah sehingga kamu ditemani oleh ilmu dan menguasai harta, tetapi jika kamu berharta tanpa ilmu, mustahil kamu ditemani harta justru dia akan menguasaimu. (14:35 WIB)
  21. Orang yang terjebak dalam pujian itu adalah orang yang dalam kebinasaan. (14:42 WIB)
  22. Hati orang tua akan tetap muda karena mencintai 2 hal yaitu kehidupan yang panjang dan cinta kepada harta. (14:55 WIB)
  23. Ikhlas itu sesudah kamu bertawakkal kepada Allah, tawakkal itu sesudah kamu sabar, dan mustahil seorang dapat ikhlas ditempuh dengan waktu yang singkat melainkan juga harus ditempuh dengan banyaknya ujian. (15:10 WIB)
  24. Orang yang gelisah perkara dunia adalah orang yang munafik, sedangkan orang yang beriman dia selalu gelisah perkara dosa-dosanya. (15:18 WIB)
  25. Berhati-hatilah kamu sekalian terhadap penyakit jenjang sosial, karena penyakit gengsi itu sudah banyak menjerumuskan orang baik, yang dihatinya merasa lebih baik dari orang lain. (15:31 WIB)
  26. Barangsiapa yang tawadhu' niscaya dia akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. (15:35 WIB)
  27. Barangsiapa dihatinya ada sebiji sawi saja ada rasa sombong maka Allah akan haramkan kamu masuk neraka, tetapi jika sebiji sawi saja ada rasa takutmu kepada Allah maka akan diharamkan neraka bagimu. (15:36 WIB)
  28. Tidak disebut Ulama yang tidak mau duduk dan memberi makan orang fakir miskin, jauhilah ulama seperti itu karena tanda bahwa hatinya telah mati, walaupun ilmunya segudang. (15:39 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;