Jumat, 17 Januari 2020

22 Jumadil Awal 1441 H (17 Januari 2020)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Islam itu  hakikatnya kuat bukan lemah atau rapuh, maka orang yang menjaga syariat Islam pasti dia akan terjaga dalam setiap zaman. (13:40 WIB)
  2. Sesungguhnya itu akhlaq itu lebih dibutuhkan daripada sebuah ilmu, tidaklah berarti seseorang yang berilmu tetapi tidak memiliki akhlaq. (13:41 WIB)
  3. Manusia itu terlalu mencintai dirinya sendiri, terlalu bangga akan dirinya sendiri, dia melupakan bahwa semua itu adalah bentuk pemberian dari Allah. (13:42 WIB)
  4. Barangsiapa berbuat kebaikan tetapi tidak didasari ittiba' Rasulullah SAW niscaya perbuatan tersebut akan tertolak, karena tidak memiliki akhlaq didalamnya. (13:43 WIB)
  5. Amal sholeh yang tidak memilki akhlaq itu niscaya pasti akan rusak, maka utamakanlah akhlaq terlebih dahulu dalam setiap perbuatanmu. (13:47 WIB)
  6. Akhlaq itu meliputi semua amal, perbuatan, pendengaran, ucapan yang tidak terkecuali apa yang menjadi tanggung jawab kepada Allah dalam bentuk ridho. (13:49 WIB)
  7. Sesuatu yang dapat merusak amal adalah sombong, riya', dan tidak jujur terutama pada diri sendiri. Kemudian ditambahkan lagi dia tidak bertaubat. (13:49 WIB)
  8. Akhlaq itu selain sebuah perbuatan tetapi juga sebuah komitmen kita kepada Allah, bagaimana menjaga kejujuran kepada Allah. (13:52 WIB)
  9. Barangsiapa yang beribadah tanpa memiliki akhlaq niscaya ibadahnya akan tertolak selama 40 hari. (13:54 WIB)
  10. Tanda-tanda Allah menghendaki seorang hamba dalam kebaikan, maka sekecil apapun yang menjadi kesalahannya akan mendapatkan teguran dan peringatan. (13:55 WIB)
  11. Bentuk sebuah kebaikan itu apabila diketahui ada keburukan maka segeralah dia menggantinya dengan sebuah kebaikan. (13:56 WIB)
  12. Tidak ada kemuliaan yang didapatkan oleh manusia melainkan dengan melalui sebuah kehinaan dan kerendahan. (14:00 WIB)
  13. Tergelincirnya seseorang itu sesungguhnya kebanyakan dari lisannya bukan dari perbuatannya, maka banyaklah diam dan merenungi amal ibadahmu. (14:05 WIB)
  14. Gunakanlah setiap pembicaraanmu itu manfaat bagi orang lain, bagi dirimu dan bagi Allah SWT. Apabila tidak mampu berucap baik lebih diam, karena ilmu itu juga diletakkan dalam diam. (14:05 WIB)
  15. Musibah yang tidak dirasakan oleh manusia itu adalah tanda-tanda orang yang keras hatinya, dan itulah hukuman Allah yang paling berat, dicabutnya rasa untuk mengetahui kebaikan dan keburukan. (14:13 WIB)
  16. Barangsiapa sudah berani membaca Bismillahir Rahmannir Rahiim tetapi tidak memiliki sifat menyayangi dan mengasihi sesungguhnya bacaannya penuh dengan kedustaan. (14:29 WIB)
  17. Barangsiapa yang sudah merasakan bagaimana mengasihi dan menyayangi sesama mahluk Allah niscaya dia akan merasakan bagaimana nikmatnya ibadah kepada Allah SWT. (14:36 WIB)
  18. Apabila seseorang mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, maka dia akan menghilangkan akalnya, menghilangkan hatinya, dan menghidupkan Allah SWT. (14:45 WIB)
  19. Hati manusia itu satu detik dapat berubah-ubah, maka berdoalah agar dikuatkan niatnya. Sehingga menjadi manusia yang berpegang teguh terhadap petunjuk Allah SWT. (14:45 WIB)
  20. Apabila kita tidak memiliki perihal yang betul-betul menyenangkan hati Nabi Muhammad, maka sampaikanlah nasehat kebaikan menyambung lidah Rasulullah niscaya kelak akan dapat menolong keadaan batinmu. (15:01 WIB)
  21. Sampaikanlah nasehat-nasehat yang berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits, walaupun dirimu banyak kesalahan janganlah berhenti dalam menyampaikan nasehat. (15:04 WIB)
  22. Nasehat yang baik itu ikutilah dan janganlah kamu melihat siapa yang menasehati sekalipun orang yang buruk, karena nasehat yang baik itu manfaat bagi dirimu, sedangkan keburukan orang yang menasehati itu bukan urusanmu melaikan urusannya dengan Allah. (15:06 WIB)
  23. Barangsiapa yang membuka aib seorang yang telah meninggal kelak kamu akan berkesempatan untuk dibalas meninggal seperti aib yang kau ceritakan tersebut, kalau tidak dirimu ya istrimu, kalau tidak istrimu paling tidak ada keturunanmu. (15:23 WIB)
  24. Celakalah orang yang selalu membuka aib orang lain, niscaya kelak di akhirat aibmu juga akan dibuka dan kebaikanmu akan ditutup. (15:25 WIB)
  25. Manusia yang menjadi pilihan itu memiliki 4 kategori yaitu 
    1. Meninggalkan waktu istirahatnya untuk mendekat kepada Allah SWT
    2. Memberikan sesuatu yang ada pada dirinya
    3. Tidak menghendaki derajat yang bersifat duniawi, baik itu tahta, kedudukan ataupun harta
    4. Istiqomah tetap pada pendiriannya meskipun orang lain mengejek. (15:36 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;