Jumat, 27 Desember 2019

1 Jumadil Awal 1441 H (27 Desember 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم

  1. Manusia yang telah dititipkan sifat Allah dari Nama Al-'Aziz niscaya dia tidak akan membutuhkan mahluk dikarenakan dia telah diberikan kekuatan dan tidak pernah mengeluh. Dan sambungan dari Al-'Aziz ini biasanya dengan Al-Hakim, Yaitu Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (13:43 WIB)
  2. Ikhtiyar adalah bentuk usaha manusia dalam menerima keputusan, tetapi keputusan itu sendiri mutlak Allah yang memutuskan. (13:55 WIB)
  3. Kekuatan dan keyakinan itu timbul disebabkan besarnya tekanan, maka Allah SWT dan Rasulullah menyukai orang yang memiliki iman yang kuat, yaitu iman yang telah melalui banyak ujian. (14:03 WIB)
  4. Sebesar apa ujian yang diterima manusia maka sebesar itu pula kemuliaan yang didapatkan, semua itu sesuai dengan kadar manusia itu masing-masing. (14:05 WIB)
  5. Sesungguhnya kesabaran itu tidak memiliki batas, sebesar apa sabarmu maka sebesar itu pula rasa syukurmu kepada Allah SWT. (14:06 WIB)
  6. Membaca doa itu hanya terbatas akan hurufnya, tetapi berdoa itu adalah benar-benar memohon kepada Allah SWT. (14:08 WIB)
  7. Orang yang meminta itu harus mengetahui siapa yang diminta, apabila tidak mengetahui maka itu adalah termasuk berdoa didalam kelalaian. (14:28 WIB)
  8. Barangsiapa yang menjaga hatinya selalu kepada Allah SWT niscaya sebelum dia berdoa Allah SWT sudah mengabulkan hajatnya, dan Allah SWT menjaganya dari sifat mengeluh. (14:30 WIB)
  9. Sesungguhnya orang alim yang dapat diukur dengan dinar maka habislah sudah harga dirinya. (14:34 WIB)
  10. Rezeki itu sudah ditetapkan, maka ibadahlah dengan sungguh-sungguh niscaya rezekimu akan selalu tercukupi. (14:34 WIB)
  11. Barangsiapa yang Lillah niscaya dia akan mendapatkan balasan rezeki dari Allah SWT melebihi dari apa yang diharapkannya. (14:36 WIB)
  12. Sesungguhnya sholat dhuha itu adalah sholatnya orang yang bertaubat kepada Allah SWT. (14:38 WIB)
  13. Sesungguhnya ilmu Allah SWT itu berselimut didalam hukum syariat. (14:42 WIB)
  14. Sesungguhnya beruntunglah orang yang selalu mensucikan dirinya, dan merugilah orang yang selalu mengotori jiwanya. (14:51 WIB)
  15. Akal itu menentukan mana yang baik dan buruk, tetapi jiwa lah yang memutuskan mana yang akan dipilih, apabila buruk maka jiwa itu telah mengikuti hawa nafsu. (14:52 WIB)
  16. Barangsiapa yang bangun tidur selalu memikirkan bagaimana mencari uang, maka sampai matahari terbenam niscaya kamu akan rusak, tetapi apabila kamu berniat bagaimana beramal sholeh, sampai matahari terbenam dirimu akan dijaga oleh Allah SWT untuk selalu berbuat baik. (14:54 WIB)
  17. Sesungguhnya manusia itu tidak akan dapat melakukan suatu perkara tanpa ada izin dari Allah SWT, maka janganlah kamu mendahului Allah dan janganlah pula kamu meninggalkan Allah, tetapi bersamalah dengan Allah SWT. (14:57 WIB)
  18. Seorang hamba tidak termasuk golongan orang yang muttaqin, sebelum dia muhasabbah dirinya melebihi dari muhasabbah dirinya kepada rekan bisnisnya. (14:59 WIB)
  19. Banyak manusia yang lebih teliti dalam menghitung pekerjaan dan perdagangannya daripada menghitung amal dan keburukannya. kepada Allah SWT. (15:00 WIB)
  20. Sesungguhnya waktu itu sangatlah berharga, maka jadikanlah setiap waktumu itu sangat berharga dengan tidak memberi peluang sedikitpun untuk lalai. (15:01 WIB)
  21. Niatlah yang kuat untuk mendapatkan sesuatu nilai yang besar bukan memperkuat hawa nafsumu, karena kalau hawa nafsumu kuat maka kalahlah niatmu. (15:02 WIB)
  22. Kelalaian seseorang itu disebabkan sedikitnya dzikir dan ibadah kepada Allah SWT. (15:05 WIB)
  23. Sesungguhnya bentuk kesalahan itu akan menimbulkan kegelisahan, dan manusia menutup kegelisahan tersebut dengan banyak ibadah agar mendapatkan ketenangan maka itulah bentuk kedustaan manusia terhadap Tuhannya. (15:08 WIB)
  24. Janganlah kamu lengah terhadap pujian, karena sesungguhnya pujian itu dapat membunuhmu dan membuatmu lengah. Maka larilah dan sembunyilah dari orang yang memujimu dan mengharapkanmu. (15:28 WIB)
  25. Larilah kamu dari pandangan manusia apabila kamu menghendaki keselamatan. (15:41 WIB)
  26. Sesungguhnya orang yang banyak memuji secara berlebihan itu menyimpan banyak kebohongan. (15:45 WIB)
  27. Apabila seseorang cinta kepada Gurunya niscaya dia akan mengikuti apa yang menjadi nasehatnya. (15:46 WIB)
  28. Mending kamu disangka buruk daripada disangka baik, karena apabila ternyata kamu baik maka untunglah kamu, tetapi apabila kamu disangka baik tetapi kebaikan itu tidak ada pada dirimu niscaya akan mendatangkan siksa kepada dirimu. (15:48 WIB)
  29. Orang yang beribadah mencari kemuliaan di sisi manusia maka dia adalah seorang yang pendusta, maka carilah kemuliaan itu di sisi Allah SWT. (15:51 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;