Jumat, 15 November 2019

18 Rabiul Awal 1441 H (15 November 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم

  1. Hendaknya manusia itu komitmen dan mengerti atas setiap pilihannya, maka pilihlah kehidupan ini dunia atau akhirat, mustahil akan berjalan keduanya. (13:28 WIB)
  2. Hidup itu pilihan, kamu mau menambahkan kebaikan silahkan, mau bertambah kelalaian juga silahkan, dan ketahuilah waktu itu seperti pedang yang siap menebasmu apabila kamu dalam kelalaian. (13:30 WIB)
  3. Orang yang beramal tanpa ilmu tidak memiliki landasan, dia seperti orang yang berpergian tetapi tidak memiliki alamat. (13:32 WIB)
  4. Banyak orang mengetahui Islam, tetapi tidak memahami dan mengetahui kedudukan Islam. (13:34 WIB)
  5. Dijadikannya seorang perempuan itu ahli dunia agar para lelaki menjadi Imam. (13:41 WIB)
  6. Banyaknya wanita yang masuk neraka disebabkan banyaknya dari mereka senang mengeluh. (13:43 WIB)
  7. Anak yang selalu di ridhai itu selalu mendoakan kedua orang tuanya bukan malah sibuk dan bingung atas nasibnya sendiri. (13:47 WIB)
  8. Orang tua yang gagal adalah yang mendidik anaknya untuk berilmu dan cerdas terhadap dunia tetapi bodoh dalam urusan akhirat. (13:48 WIB)
  9. Manusia itu akan menyesal pada akhir hayatnya karena telah melupakan nikmat yang telah diberikan yaitu waktu dan kesehatan yang banyak terbuang sia-sia. (13:50 WIB)
  10. Tanda-tanda manusia yang gagal adalah mereka yang banyak lengah terhadap urusan waktu. Dan disebabkan banyak menunda-nunda perkara. (13:52 WIB)
  11. Pada waktu dhuhur adalah saat neraka jahanam dinyalakan, maka barangsiapa yang melaksanakan sholat dhuhur niscaya dia akan terbebas dari siksa api neraka jahanam. (13:54 WIB)
  12. Saat Ashar adalah saat Nabi Adam makan buah kulid, maka barangsiapa yang sholat Ashar maka dia akan diampuni dosanya seperti bayi yang keluar dari rahim ibunya. (13:55 WIB)
  13. Saat Maghrib adalah saat pengampunan Nabi Adam, maka barangsiapa yang sholat dan berdoa niscaya dia akan mendapatkan ampunan. (13:55 WIB)
  14. Waktu Isya itu seperti halnya kubur yaitu gelap, maka barangsiapa yang melaksanakan sholat Isya' niscaya dia akan terbebas dari gelapnya alam kubur. (13:56 WIB)
  15. Barangsiapa yang sholat subuh secara berjamaah selama 40 hari pasti akan dibebaskan dari siksa api neraka dan sifat munafik. (13:57 WIB)
  16. Sesungguhnya Allah menyuruh manusia berpuasa selama sebulan disebabkan peristiwa Nabi Adam yang memakan buah khuldi, buah tersebut berada di perut Nabi Adam selama satu bulan. (13:58 WIB)
  17. Barangsiapa yang berpuasa akan diberikan 7 keutamaan
    1. Sesuatu yang haram ditubuhnya akan hilang
    2. Mendapatkan rahmat
    3. Banyak amal kebaikannya
    4. Dibebaskan dari lapar dan haus
    5. Diringankan siksa kubur
    6. Diberikan cahaya saat melewati Shirathal Mustaqim
    7. Ditingkatkan derajatnya di surga. (13:59 WIB)
  18. Sesungguhnya dengan banyak berpuasa manusia itu dapat menekan hawa nafsunya, dan hikmah akan masuk pada perut yang kosong, serta melembutkan hati yang keras. (14:00 WIB)
  19. Orang yang sering berpuasa itu pastilah dia akan rajin dalam hal beribadah. (14:01 WIB)
  20. Laparlah satu hari dan kenyang satu hari, agar kamu mengetahui saat lapar kamu bersabar dan saat kenyang kamu bersyukur. (14:05 WIB)
  21. Sesungguhnya kesuksesan suami itu terletak pada doa dari istrinya. Dan seorang istri yang selalu mendoakan rejeki suaminya niscaya dia akan diberikan rejeki yang besar, namun apabila dia hanya banyak menuntut maka Allah akan hinakan keduanya. (14:14 WIB)
  22. Barangsiapa yang ibadahnya lebih condong maka setiap pekerjaan sekalipun akan menjadi ibadah, tetapi apabila pekerjaannya lebih condong maka setiap hal ibadahnya pasti tujuannya adalah dunia. (14:32 WIB)
  23. Sesungguhnya orang yang miskin itu ialah yang banyak angan-angannya yang tidak pernah kesampaian. (14:35 WIB)
  24. Manusia itu tidak akan mampu merubah nasibnya tanpa akal, dan akal tidak akan berfungsi tanpa memiliki ilmu pengetahuan, dan ilmu pengetahuan tidak akan didapatkan tanpa bersungguh-sungguh. (14:36 WIB)
  25. Musibah itu tidak akan dapat ditolak oleh manusia, sesungguhnya seseorang itu mendatangi sebuah musibah akibat perilakunya sendiri dengan melakukan maksiat dan dosa-dosa. (14:44 WIB)
  26. Sesungguhnya kedudukan orang Alim atau berilmu itu kedudukannya lebih utama daripada Nabi-nabi bani israel. (14:47 WIB)
  27. Sesungguhnya para Auliya' Allah itu diberikan wewenang oleh Allah dapat merubah Takdir seseorang dengan mematuhi syarat-syarat dan ketentuannya. (14:51 WIB)
  28. Barangsiapa yang tidak mampu berbuat suatu kebaikan maka gantikanlah dengan kebaikan yang lain untuk menutupi kekurangan tersebut. (15:04 WIB)
  29. Ketika kamu melihat orang yang buruk dihadapanmu, maka ambillah hikmah yang ada pada dirinya yang dia sendiri tidak mengetahuinya. (15:10 WIB)
  30. Orang yang paling rugi adalah mereka yang meremehkan sesuatu yang berharga yaitu waktu. (15:13 WIB)
  31. Hargailah sesuatu yang kecil niscaya kamu akan mendapatkan sesuatu yang besar. (15:14 WIB)
  32. Orang yang membenci kita itu adalah orang yang sedang meninggikan kedudukan kita, begitupun sebaliknya orang yang banyak memuji kita adalah orang yang banyak mengurangi kedudukan kita. (15:16 WIB)
  33. Seorang Waliyullah itu lebih senang manusia membencinya daripada mencintainya, karena dengan mereka membenci dan menjauh maka terbebaslah dia dari urusan manusia melainkan hanya beribadah kepada Allah. (15:18 WIB)
  34. Bersahabat dan bergaul itu merupakan sebuah kebaikan, tetapi apabila tidak memberikan manfaat dan banyak mudhorotnya maka sendirian itu lebih baik. (15:22 WIB)
  35. Janganlah kamu bertoleransi dalam urusan agama, karena agama itu hukum bukan urusan perasaan, apabila kamu bertoleransi dalam urusan agama tunggu saja kehancuranmu. (15:27 WIB)
  36. Ketika dirimu hendak berbuat maksiat ingatlah tentang siapa yang memberimu makan, harta, dan memperbolehkan dirimu tinggal di buminya, hendaknya kamu bermaksiat ditempat yang Allah tidak mengetahuinya. (15:33 WIB)
  37. Apabila dirimu banyak bermaksiat dengan sembunyi-sembunyi maka tebuslah dengan berbuat baik secara sembunyi-sembunyi. (15:35 WIB)
  38. Setiap hal yang menuju kebaikan niscaya pasti Allah akan menyiapkan segalanya. (15:37 WIB)
  39. Janganlah kamu mengabaikan sesuatu yang membuat senang Tuhanmu, niscaya kamu akan mendapatkan kesenangan dari Tuhanmu. (15:39 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;