Jumat, 19 Juli 2019

16 Dzulkaidah 1440 H (19 Juli 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Disebut orang yang mengerjakan syariat adalah orang yang bersama dengan Allah SWT, dan bentuk syariat adalah mengisi dan melengkapi apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk akhlaq yang baik dalam mengenal Allah SWT. (13:40 WIB)
  2. Ibadah yang tidak disertai dengan kesenangan atau kegembiraan pasti lenyap dan akan hilang, walaupun pada awalnya dipaksa dan terpaksa sehingga menjadi sebuah kebiasaan. (13:42 WIB)
  3. Nikmat dunia itu terbatas sedangkan nikmat akhirat tidak terputus, maka ambillah bagian nikmat yang banyak bagimu, tetapi kebanyakan dari mereka justru mengambil yang sedikit. (13:44 WIB)
  4. Barangsiapa yang banyak nikmat dunia maka sedikitlah nikmat akhiratnya, dan barangsiapa yang nikmat dunianya sedikit maka nikmat akhiratnya akan banyak. Tetapi orang yang celaka didunia tidak nikmat di akhirat disiksa. (13:43 WIB)
  5. Barangsiapa yang buruk aspek urusan dengan Tuhannya niscaya akan buruk juga aspek hubungannya dengan manusia, pekerjaannya dan segala aspek kehidupannya. (13:46 WIB)
  6. Tidak bisa seseorang melakukan sebuah kebaikan tanpa memiliki ilmu, dan ilmu itu adalah petunjuk. (13:56 WIB)
  7. Barangsiapa yang berjalan mendapatkan petunjuk pasti akan menemui kebaikan, dan yang tidak mendapatkan petunjuk pastilah tersesat. (13:57 WIB)
  8. Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa yang dianugerahi seorang bayi lalu ia adzan kepada telinga kanan dan iqomah pada telinga kirinya niscaya bayi itu tidak akan diganggu oleh Ummu Sibyan. (13:59 WIB)
  9. Manusia itu akan diakhirkan tergantung dari apa yang diperbuatnya saat hidup, dan akan ditampakkan apa yang dicintainya pada saat akhir hayat. (14:06 WIB)
  10. Dunia itu ibarat racun, maka orang yang menginginkan dunia adalah orang yang keracunan dan penawarnya adalah taubat. (14:09 WIB)
  11. Orang yang tawakkal adalah orang yang tidak memikirkan bagaimana hari esok. (14:12 WIB)
  12. Celakalah orang yang berdoa tidak mengerti isi atau kandungan dalam doa tersebut. Maka tanyakanlah kepada Mursyidmu mengenai kandungan doa tersebut. (14:17 WIB)
  13. Ilmu itu dipandang pada syariat, dan jangan membebani seseorang dengan pengetahuan yang dia tidak mampu, karena ada ilmu yang tidak bisa disampaikan dan ada yang harus disampaikan. (14::32 WIB)
  14. Sesungguhnya manusia itu diciptakan tidak main-main, dan mereka semua kelak akan kembali kepada Tuhannya. Dan manusia yang tidak memiliki komitmen dengan Allah SWT dan Rasulullah SAW termasuk orang yang main-main / menyepelekan. (14:37 WIB)
  15. Manusia itu diciptakan Allah SWT untuk mengemban amanat, dan setiap satu amanat ditunggu oleh 10 amanat yang lainnya, 10 amanat akan ditunggu 100 amanat yang lainnya, sampai manusia itu mengatakan la haula wala. (14:40 WIB)
  16. Bertambahnya setiap amanat disebabkan dia bersungguh-sungguh sehingga letihlah dirinya, maka orang yang dekat dengan Allah SWT niscaya tidak akan di istirahatkan dirinya kecuali kelak akan istirahat di akhirat. (14:42 WIB)
  17. Tidurnya orang yang alim itu tidaklah sama denngan tidurnya orang awam, bahkan ibadahnya orang awam sekalipun tak dapat menandingi tidurnya orang alim. (14:43 WIB)
  18. Orang yang pergi menuntut ilmu itu pastilah akan diampuni dosanya, dan semua itu tergantung dari sangka seorang hamba kepada Tuhannya, dan apabila kamu tidak merasa maka hatimu adalah hati yang sakit. (14:50 WIB)
  19. Sebaik-baik sholawat adalah sholawat yang ada didalam bacaan sholat, perbanyaklah membacanya karena kelak sholawat ini juga mampu akan menjadi pengganti segala hutangmu yang ada didunia ini, baik hutang harta atau hutang jasa. (14:51 WIB)
  20. Apapun setiap membaca amalan yang tidak meyakininya termasuk orang yang meremehkan doa amalan tersebut disebabkan dangkalnya pengetahuan dan ilmu yang dimilikinya. (14:54 WIB)
  21. Hasil dari ilmu itu adalah selalu mengingat apa yang disampaikan oleh mursyidnya. (14:55 WIB)
  22. Ilmu yang manfaat adalah ilmu yang di ingat, dan ilmu yang tidak bermanfaat adalah ilmu yang tidak nanfaat. (14:56 WIB0
  23. Orang-orang yang berilmu itu selalu bertafakkur mengenai apa yang dijadikan Allah SWT, dan tafakkur sesaat ini lebih utama daripada ibadah 1000 tahun. (14:58 WIB)
  24. Bentuk kemurahan Allah SWT adalah memerintahkan manusia untuk sholat, dan sholat ini ibarat pembersih bagi orang yang beriman. (15:01 WIB)
  25. Manusia ini diciptakan cenderung kepada binatang ternak sifatnya, cari kerja, cari rejeki, makan, tidur, kawin. Kemudian apabila dipelihara akan menjadi binatang buas, seperti anjing yang menjulurkan lidah. (15:07 WIB)
  26. Barangsiapa yang tidak memenuhi panggilan apa yang telah di fardhukan oleh Allah SWT, maka dia termasuk orang yang sia-sia. (15:10 WIB)
  27. Barangsiapa yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT niscaya akan dicukupi dan diberikan rezeki yang berlimpah-limpah. (15:27 WIB)
  28. Kami tinggikan orang yang beriman satu derajat dari yang lainnya, maka kemuliaan ini termasuk kekayaan yang tidak pernah disadari oleh orang lain. (15:28 WIB)
  29. Semua itu didunia ini hanyalah sarana dan sebab, tetapi sejatinya semua itu adalah pemberian dari Allah SWT. (15:30 WIB)
  30. Apabila kamu menunaikan kewajiban Allah SWT, niscaya apa yang kamu doakan membuat Allah SWT malu apabila tidak mengabulkan. (15:30 WIB)
  31. Berjalanlah kamu karena Allah SWT, niscaya Allah SWT akan bersamamu. (15:31 WIB)
  32. Apabila kamu berahasia kepada Allah SWT niscaya Allah SWT akan memberikan rahasia kepadamu. (15:32 WIB)
  33. Rahasiakanlah kebaikanmu seperti halnya kamu merahasiakan keburukanmu. (15:34 WIB)
  34. Sesungguhnya umur yang panjang diberikan oleh Allah SWT agar manusia punya kesempatan bertaubat untuk menutupi segala dosa-dosanya, karena tidak ada pintu taubat lagi setelah datang kematian. (15:35 WIB)
  35. Orang yang baik itu selalu manfaat bagi orang lain. (15:38 WIB)
  36. Setiap apapun kegiatan yang tidak menghasilkan maka hendaknya dia melakukan kegiatan yang lainnya. (15:50 WIB)
  37. Ilmu itu diletakkan pada penyantun dan bagus akhlaqnya. (15:54 WIB)
  38. Orang yang beriman berarti teguh pendiriannya, teguh keyakinannya, tidak berubah. (15:56 WIB)
  39. Tekunilah segala sesuatu dengan keyakinan akan meraih sesuatu pasti akan mendapatkan sesuatu. Tetapi apabila sekedar tentu kamu juga akan mendapatkan hasil yang sekedar. (15:57 WIB)
  40. Sesungguhnya orang yang mati itu akan mendapatkan ampunan dari kebaikan anak keturunannya yang soleh dan soleha. (16:03 WIB)
  41. Orang yang durhaka adalah orang yang sedih apabila ditinggalkan dunia tetapi tidak sedih apabila ditinggalkan Allah SWT. (16:04 WIB)
  42. Orang yang fasik dan munafik tidak akan tahu akan jaminan dari Allah SWT, mereka berpikir bahwa dunia ini adalah jaminan. (16:05 WIB)
  43. Banggalah dengan Tuhan dan Rasulmu dalam menyampaikan kebaikan. (16:09 WIB)
  44. Beruntunglah manusia yang mendapatkan kenikmatan selama-lamanya, dan celakalah orang yang mendapatkan adzab selama-lamanya dari Allah SWT, dan Allah SWT yang memutuskan manusia itu mendapatkan nikmat atau adzab. (16:13 WIB)
  45. Manusia yang cinta dunia, didunia dia menyesal akan kerugiannya di akhirat kelak semakin menyesal lagi dibuatnya. (16:14 WIB)
  46. Orang yang bodoh itu selalu salah dalam ibadaha, dan tanda-tanda orang yang bodoh itu adalah tidak mau menerima nasehat, padahal agama itu adalah nasehat. (16:15 WIB)
  47. Kematian itu tidak perlu ditakuti selama kita membawa iman, yang kita takuti adalah apabila saat kita mati tidak mengingat Allah SWT. (16:33 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;