Senin, 29 April 2019

20 Sya'ban 1440 H (26 April 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Tuntutlah ilmu saat masa mudamu sebelum datang masa tuamu, sehingga tidak akan menjadi penyesalah ketika datang masa tuamu dalam kebodohan. (13:41 WIB)
  2. Orang bodoh yang menuntut ilmu itu selalu mengulang-ngulang kesalahan disebabkan tidak mengetahui akan bagaimana tata cara menuntut ilmu. (13:43 WIB)
  3. Rasulullah SAW bersabda: Kitab catatan amal itu ada 3 macam, yang pertama kitab catatan yang isinya tidak mendapat ampunan dari Allah SWT barang sedikitpun, yang kedua kitab catatan amal yang isinya tidak diperhatikan oleh Allah SWT, yang ketiga kitab catatan amal yang isinya tidak dibiarkan oleh Allah SWT barang sedikitpun. (13:46 WIB)
  4. Tanda-tanda amal itu diterima oleh Allah SWT ialah dia semakin mendekat kepada Allah SWT, dan tanda-tanda orang yang tertolak amalnya adalah semakin membuat dia jauh dari Allah SWT. (13:47 WIB)
  5. Sesungguhnya ukuran kedekatan seorang kepada hambanya bukanlah perkara jauh atau dekat, tetapi apakah dia dikehendaki atau tidak, maka saat manusia itu tidak diterima amal ibadahnya maka timbullah gelisah, dan gelisah disebabkan ada dosa yang menempel pada dirinya. (13:50 WIB)
  6. Gelisah itu adalah bagian dari dosa, semakin besar dosanya semakin besar kegelisahannya, meskipun dia terlilhat gembira dan tertawa tetapi sesungguhnya bergemuruh apa yang ada didalam hatinya. (13:50 WIB)
  7. Tidak disebut orang yang bertaubat yang tidak semakin rajin kepada Allah SWT dalam hal ibadahnya, dia beribadah tidak dengan merasa tertekan tetapi dihatinya selalu merasa beruntung dan gembira apapun yang dihadapinya. (13:52 WIB)
  8. Apabila hamba itu diterima amal ibadahnya dia akan semakin menambahkan volume ibadahnya karena mengetahui akan keuntungannya. (13:53 WIB)
  9. Rasulullah SAW bersabda: "Allah SWT menciptakan bumi pada hari sabtu, lalu menciptakan gunung-gunung pada hari Ahad, dan menciptakan pepohonan pada hari senin, Dia menciptakan hal yang tidak disukai pada hari selasa, Allah SWT menciptakan nur pada hari rabu, Allah SWT menciptakan segala macam hewan di bumi pada hari kamis, dan Allah SWT menciptakan Adam sesudah ashar yaitu saat hari jumat. (14:04 WIB)
  10. Hari yang paling mulia adalah hari jumat, dan dihari jumat itu Nabi Adam diciptakan, doa pada hari jumat pasti dikabulkan, dan Allah SWT memuliakan Nabi Muhammad SAW pada hari jumat. (14:05 WIB)
  11. Seringlah untuk berpuasa senin kamis untuk melunakkan hati yang keras. (14:06 WIB)
  12. Tidak ada hari puasa yang paling dicintai Allah SWT yaitu hari senin dan kamis, dan Allah SWT mencintai hambanya yang berpuasa daud, satu hari puasa dan satu hari tidak. (14:07 WIB)
  13. Sesungguhnya jodoh itu Allah SWT telah sediakan bagimu yaitu sesuai dan sama seperti halnya dirimu. (14:08 WIB)
  14. Hawa nafsu itu ibarat seperti kuda, apabila tidak mampu menungganginya maka tentu akan menyakiti dirinya. (14:16 WIB)
  15. Sesungguhnya letak surga itu sangat indah, dan Allah SWT membatasi pemikiran manusia tentang keindahan surga tidak seperti yang dibayangkan seperti halnya keindahan dunia. (14:22 WIB)
  16. Sesungguhnya tidak ada sebuah doa itu tidak dikabulkan, karena sesungguhnya pengabulan doa itu tidak selalu berbentuk materi. (14:27 WIB)
  17. Rasulullah SAW bersabda: Tutupilah wadah dan tempat minum kalian, karena dalam setahun terdapat satu malam saat turun wabah penyakit, jika terdapat satu wadah atau tempat minum yang tidak ditutupi maka sebagian dari wabah itu masuk kedalamnya. (14:31 WIB)
  18. Setiap satu tahun itu Allah SWT akan menunrunkan bala', dan yang menerimanya adalah dimana manusia itu banyak berbuat dosa. (14:31 WIB)
  19. Sesungguhnya yang membuat cepat kiamat adalah manusia itu sendiri, mereka tidak lagi menjaga perilaku, bahkan bermaksiat sehingga Allah SWT datangkan suatu musibah kepada satu kaum tersebut. (14:35 WIB)
  20. Barangsiapa yang mengedepankan selalu meminta kepada Allah SWT niscaya hidupnya akan berkah, berkecukupan dan terbebas dari kesulitan dan hutang. (14:36 WIB)
  21. Rasulullah SAW bersabda: Tuntutlah ilmu saat masa mudamu sebelum datang masa tuamu, sehingga tidak akan menjadi penyesalah ketika datang masa tuamu dalam kebodohan.
  22. Sesungguhnya dizaman akhir ini mencari wanita yang sholeha itu sangatlah sulit seperti halnya mencari gagak putih. (14:43 WIB)
  23. Sesungguhnya orang yang mengamalkan wudhu itu akan mendapatkan keselamata, maka jagalah kesucianmu itu terus berwudhu apabila batal. (14:45 WIB
  24. Bersedekahlah kamu terhadap orang yang kamu benci, niscaya akan bertambah kedudukanmu disisi Tuhanmu,
  25. Semua kebaikan yang bsia dilakukan disebabkan Allah mengehendaki manusia tersebut untuk berbuat. (14:56 WIB)
  26. Agar sholatmu khusyuk lakukanlah seakan-akan itu adalah sholat terakhirmu, dan menyadari bahwa dia berhadapan dengan siapa? (15:05 WIB)
  27. Orang yang sholatnya buruk itu selalu berjalan penuh kesalahan, sedangkan manusia yang sholatnya buruk dia selalu mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. (15:11 WIB)
  28. Agar manusia itu mampu sholat khusyuk maka tambahkanlah sholat sunnah. (15:11 WIB)
  29. Barangsiapa yang melaksanakan sholat jumat hakikatnya dia sedang menjadi tamu Allah SWT. (15:13 WIB)
  30. Satu langkah kita datang ke masjid maka malaikat akan berdoa untuk kita. (15:14 WIB)
  31. Barangsiapa yang berdoa diantara dua khutbah niscsaya doanya tidak akan tertolak. 915:13 WIB)
  32. Wajib bagi orang yang berilmu itu mandi sholat jumat sebelum pergi menunaikan sholat jumat. (15:18 IWB)
  33. Barangsiapa yang datang sholat jumat pada saat khotib sudah berdiri niscaya sholat junatnya akn (15;20 WIB)
  34. Sesungguhnya seorang guru itu memandang seorang murid dengan kata batinnya bukan dengan kata dhohirnya. (15:28 WIB)
  35. Kelak nanti masjid-masjid yang kamu singgahi kelak dihari kiamat masjid itu akan menjadi tempat pemberhentian dan istirahat di padang masyar. (15:37 WIB)
  36. Barangsiapa mati dengan keadaan bingung atau gelisah dia termasuk golongan orang neraka. (15:37 WIB)
  37. Tanda-tanda orang yang senang adalah dia selalu berdoa kepada Allah SWT walaupun dia memiliki dosa yang besar. (15:38 WIB)
  38. Ketahuilah doa dan dzikir itu terlihat sangat sederhana tetapi tidak semua orang mampu berdoa dan berdzikir. (15:39 WIB)
  39. Janganlah kamu menjadi orang yang miskin yaitu selalu memikirkan bagaimana mendapatkan harta, maka apabila kamu mati dalam keadaan ini maka kamu termasuk orang yang tersesat. (15:39 WIB)
  40. Sesungguhnya orang yang kaya dimanapun dia berada dan bergerak dia selalu banyak berdzikir dan bershalawat. (15:40 WIB)
  41. Sesungguhnya sahabatmu itu adalah ketentuanmu dan mempengaruhi akan surga dan nerakamu. (16:03 WIB)
  42. Sifat Allah SWT adalah penerima dan sifat hamba adalah yang berhajat, sejauh mana, sebanyak apa akan dibalas sesuai dengan amalnya, dan semua tertulis tidak akan hilang. (16:16 WIB)
  43. Orang yang berilmu saat diketahui dia memiliki kesalahan dia akan segera menutupi kekurangannya, berbeda dengan orang bodoh dia akan semakin menambahkan kesenangan hawa nafsunya. (16:20 WIB)
  44. Barangsiapa yang hendak menuju Tuhannya maka lepaskanlah segala bentuk kesombongan dan kebangaan yang ada pada dirimu. (16:29 WIB)
  45. Janganlah berburuk sangka terhadap Tuhanmu apabila diberikan kesusahan, bisa jadi Allah SWT sedang merencanakan sesuatu yang besar terhadapmu. (16:31 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;