Jumat, 01 Maret 2019

24 Jumadil Akhir 1440 H (1 Maret 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم


  1. Sesungguhnya tabiat seseorang itu berasal dari perilaku kedua orang tuanya. (14:19 WIB)
  2. Jangan pernah membicarakan orang lain atau membuka aib orang lain, karena sesungguhnya orang berilmu itu mengetahui bahwa dirinya lebih buruk dari orang lain. (14:22 WIB)
  3. Orang yang hidupnya sangat mewah dibumi kelak dihadapkan di hari kiamat dimasukkan neraka sejenak lalu diangkat sudah hitam terbakar, ketika ditanya "dahulu di bumi kau pernah merasakan kesenangan?" maka jawabnya "tidak, sejak aku dijadikan terus menerus terkena musibah". Dan orang yang hidupnya selalu menderita, dihadapkan dan dimasukkan surga sejenak, keluar bagai bulan purnama wajahnya, ketika ditanya "dahulu dibumi kau pernah mengalami kesulitan" jawabnya "tidak, sejak aku dijadikan dulu selalu senang". (14:24 WIB)
  4. Sesungguhnya orang yang kayak tetapi tidak melihat hartanya itulah orang yang zuhud, dan orang miskin yang mencari kenikmatan sesungguhnya dia telah disiksa akan kemiskinan di dunia dan kebangkrutan kelak di akhirat. (14:26 WIB)
  5. Orang yang zuhud itu tidak bisa merasakan bentuk apapun kenikmatan yang ada didunia, karena dia mengetahui kenikmatan itu hanya dari Allah SWT. (14:27 WIB)
  6. Tidaklah Allah SWT itu menjadikan dunia ini terkutuk, dan segala apapun yang ada didalamnya bahkan lebih buruk lagi menginginkannya. (14:27 WIB)
  7. Segala sesuatu kenikmatan yang untuk dirinya sendiri itu adalah bentuk penguatan hawa nafsu binatang ternak, apabila hawa nafsu ini dibiarkan kelak akan berkembang biak menjadi hawa nafsu binatang buas, dan apabila sudah menjadi hewan buas maka dia pasti akan banyak mendhalimi orang. (14:29 WIB)
  8. Berpakaianlah yang sewajarnya dan sepantasnya janganlah berlebihan dalam memakaianya, karena itu termasuk orang yang durhaka kepada Allah SWT. (14:34 WIB)
  9. Sesungguhnya ilmu tassawuf itu selalu memiliki dua pandangan yang berbeda, terkadang zuhud itu dipandang dari segi orang yang miskin tetapi terkadang dipandang dari orang yang seperti seorang raja. (14:36 WIB)
  10. Orang yang tidak punya kepribadian itu selalu sibuk bagaimana memakai pakaian yang bagus untuk menutupi kekurangannya, sedangkan orang yang bertakwa dia memakai baju sekedar menutup aurat dan sepantasnya diniatkan untuk menyenangkan hati baginda Nabi Muhammad SAW. (14:37 WIB)
  11. Rasulullah SAW ditanya "wahai Rasulullah SAW kami telah mengetahui syirik, lalu apa al-kibir itu, apakah yang dimaksud adalah memakai pakaian sutera, ataukah orang yang memakai sandal bagus, apakah orang yang memiliki tunggangan bagus, ataukah orang yang memiliki banyak teman." lalu Rasulullah menjawab "tidak" lalu apakah al-kibir itu "Al-kibir itu orang yang meremehkan nasehat dan merendahkan orang lain." (14:40 WIB)
  12. Barangsiapa yang duduk dan hadir di majelis sholawat tetapi dia diam saja maka dia termasuk orang yang khibir (sombong). (14:42 WIB)
  13. Orang yang paling salah adalah orang yang tidak pernah merasa salah. (14:44 WIB)
  14. Tanamkan perasaan berdosa dirimu niscaya akan melanggengkan ibadahmu dengan terus menerus memohon ampun kepada Allah SWT. (14:45 WIB)
  15. Tidak ada amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT melainkan manusia yang selalu meminta ampun dan bertaubat kepada Allah SWT. (14:46 WIB)
  16. Tanda-tanda orang yang diberi sakit dhahirnya tetapi sembuh hatinya itu adalah tanda-tanda orang yang dikehendaki oleh Allah SWT untuk berdzikir kepadanya. (14:48 WIB)
  17. Ketika sakit gencarkanlah dzikir kepada Allah SWT sehingga mengurangi rasa sakitnya, orang yang kufur itu diberi sakit dia mengeluh kepada sakitnya, sedangkan orang yang beriman dan taqwa itu akan gembira karena dia mengetahui itu sebagai penebus dosa-dosanya. (14:49 WIB)
  18. Apabila kamu sakit janganlah berbicara obat, tetapi pikirkanlah taubat niscaya Allah SWT akan memberikanmu kesempatan. (14:50 WIB)
  19. Barangsiapa mengeluh dengan doa pada sakitnya maka dia akan cepat diberikan oleh Allah SWT kesembuhan. (14:52 WIB)
  20. Orang yang disakiti tetapi tidak mau memaafkan sesungguhnya dia termasuk orang yang sombong. (13:57 WIB)
  21. Janganlah kamu senang dengan pujian orang yang sesungguhnya pujian itu tidak ada pada dirimu, sedangkan menangislah dihadapan Allah atas pujian mereka yang tidak ada padamu bahkan ternyata dirimu. (15:00 WIB)
  22. Sesungguhnya seorang wali itu apabila diberikan sakit oleh Allah SWT dia mengetahui bahwa itu untuk menaikkan kedudukan ilmunya dan mengampuni dosanya. (15:15 WIB)
  23. Andaikan manusia itu mengetahui akan kedudukan orang yang terkena musibah maka setiap hari dia akan berdoa meminta musibah untuk menghapuskan dosanya. (15:15 WIB)
  24. Sesungguhnya manusia itu diberikan sakit dan fakir oleh Allah SWT agar dia merintih dan berdoa kepada Allah SWT. (15:17 WIB)
  25. Guru yang sejati itu sesungguhnya itu bukan melapangkan rezeki si murid melainkan melapangkan hati si murid. (15:19 WIB)
  26. Sesungguhnya seseorang yang masuk surga itu bukan disebabkan banyaknya amal dan banyaknya ilmu, melainkan sedikit saja memperhatikan apa yang menjadi ciptaan Allah SWT. (15:25 WIB)
  27. Hakikat dosa itu mengetahui akan hakikat taubat, maka Allah SWT ciptakan dosa kepada manusia agar mereka bersimpuh bertaubat dihadapan Tuhannya. (15:33 WIB)
  28. Janganlah kamu merasa suci dengan memiliki wudhu, sesungguhnya yang suci badanmu tetapi hatimu menyimpan banyak sekali najis. (15:45 WIB)
  29. Seharusnya orang yang ahli dunia itu dipermainkan dunia, tetapi di akhir zaman ini ahli akhirat justru banyak yang dipermainkan oleh ahli dunia. (15:47 WIB)
  30. Rasulullah SAW bersabda: "Jauhilah 7 perkara
    1. Menyekutukan Allah 
    2. Mengerjakan sihir
    3. Membunuh jiwa yang diharapkan Allah
    4. Memakan Riba
    5. Memakan Harta Anak Yatim
    6. Lari dari medan perang
    7. Menuduh berzina wanita yang terpelihara kehormatannya. (15:59 WIB)
  31. Sesungguhnya orang yang meninggalkan majelis ilmu itu dosanya lebih berat dari dosa meninggalkan peperangan dijalan Allah SWT (Jihad). (16:00 WIB)
  32. Sesungguhnya apabila manusia mengetahui akan faedah duduk di majelis ilmu niscaya mereka akan berebut bahkan saling bunuh untuk merebut pahala duduk di majelis itu. (16:01 WIB)
  33. Barangsiapa yang meremehkan ilmu berarti dia meremehkan Allah SWT dan Rasul-Nya. (16:02 WIB)
  34. Rasulullah SAW bersabda: Cintailah bangsa arab karena 3 perkara
    1. Karena Aku (Nabi Muhammad SAW)
    2. Karena Al-Qur'an berbahasa arab
    3. Karena bahasa arab juga adalah bahasa para penduduk surga (16:07 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;