Senin, 25 Februari 2019

17 Jumadil Akhir 1440 H (22 Februari 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم

  1. Orang yang selalu mengingat kubur dan siksanya kemudian dia mencari bekal untuk mati adalah orang yang termasuk golongan zuhud. (13:34 WIB)
  2. Orang yang berdzikir tetapi tidak memikirkan kebesaran Tuhannya sesungguhnya dia itu termasuk orang yang dzikirnya mati. (13:34 WIB)
  3. Apabila dirimu mengingat mati maka carilah bekal untuk mati, seperti halnya orang yang mengetahui dosanya kemudian dia bertaubat. (13:35 WIB)
  4. Banyaknya orang sakit selalu mengingat sembuh, tetapi saat sembuh dia tidak pernah mengingat sakit. (13:36 WIB)
  5. Manusia itu apabila diberikan sesuatu karunia yang berlebihan kebanyakan dari mereka tergelincir, kecuali mereka yang bertakwa kepada Allah SWT. (13:37 WIB)
  6. Semua yang diberikan Allah SWT kepada manusia adalah bentuk amanat, dan untuk menjaga amanat itu manusia harus memiliki benteng ketakwaan untuk menjaganya. (13;38 WIB)
  7. Manusia yang sholat tetapi dia mencuri dan korupsi disebabkan sholatnya adalah sholat pencuri, yaitu sholat yang tidak menyempurnakan rukunnya. (13:39 WIB)
  8. Ketahuilah kelak sholat yang busuk itu akan mendapatkan siksa dari Allah SWT. Yaitu sholat yang hatinya tidak menghadap kepada Tuhannya. (13:40 WIB)
  9. Rasulullah SAW bersabda: Allah SWT telah berfirman 'Hambaku yang mukmin sedikit saja, kulapangkan dunianya merasa gembira, padahal hal semacam itu berarti jauh dariku dan merasa susah jika kusempitkan dunianya padahal hal semacam itu lebih dekat denganku'. (13:43 WIB)
  10. Sesungguhnya orang mukmin itu sedikit, dan sisanya semua adalah orang yang lalai, yang membuat mereka lalai karena tidak berpedoman dan memegang teguh kepada kitabullah Al-Qur'an. (13:47 WIB)
  11. Sesungguhnya orang iman itu beramal untuk Allah SWT, sedangkan orang yang islam itu untuk dirinya sendiri. (13:50 WIB)
  12. Orang yang beriman itu mencari Tuhannya, Nabi dan Rasulnya, Malaikatnya, Kitabnya dan berbekal untuk akhirat kelak. (13:52 WIB)
  13. Orang yang iman itu pasti islam, sedangkan orang yang islam belum tentu iman, maka orang beriman adalah termasuk golongan yang sedikit sekali. (13:52 WIB)
  14. Ibarat hati adalah gelas, dibersihkan terlebih dahulu sebelum di isi. Mustahil manusia akan dapat meminum air yang kotor dan gelas yang berkarat. (13:54 WIB)
  15. Matikanlah hatimu dari mengingat dunia niscaya hatimu akan hidup, tetapi hati mati yang sesungguhya adalah hati yang lupa akan kehidupan akhirat. (13:55 WIB)
  16. Tidak ada berkah segala sesuatu yang tidak dimulai dengan membaca Bismillah. (13:59 WIB)
  17. Hakikat makan dan minum membaca bismillah terlebih dahulu adalah bagaimana nikmat bacaan tersebut, bukan bagaimana nikmat hidangan tersebut, kemudian ditutup dengan Alhamdulillah bukan karena nikmatnya hidangan tetapi bagaimana bacaan itu lebih nikmat dari hidangan. (14:02 WIB)
  18. Setiap doa yang bisa dirasakan itu mendapatkan nilai poin dibandingkan yang hanya sekedar membaca, dan setiap doa yang dibaca itu akan kembali nilainya kepada dirimu. (14:03 WIB)
  19. Orang yang merasakan lezatnya ibadah setiap hidangan yang dimakan akan terasa pahit, sebagus apapun pakaian dia hanya merasakan seperti halnya kain kafan yang membungkus mayat. (14:05 WIB)
  20. Dunia itu tempat tipuan dan kelalaian, barangsiapa yang ikut didalamnya dia termasuk golongan yang lalai. (14:07 WIB0
  21. Sesungguhnya kehidupan ini pahit, tetapi kepahitan itu tertutupi oleh kenikmatan dunia, maka saat Allah SWT cabut sedikit saja kenikmatan itu barulah manusia akan mengetahui kepahitan dunia ini. (14:08 WIB)
  22. Bawalah bekal dunia ini secukupnya sebagaiman bekal orang yang sedang berpergian. (14:14 WIB)
  23. Sesungguhnya para sahabat itu apabila ditambah hartanya dia gelisah dan takut akan hisabnya, sedangkan manusia jaman sekarang dia gelisah dan takut apabila hartanya berkurang. (14:17 WIB)
  24. Sesungguhnya harta yang banyak itu hisabnya berat dan bisa menjadi penghalang menuju jalan Allah SWT. (14:19 WIB)
  25. Harta yang sesungguhnya didunia adalah Dzikrullah, maka barangsiapa yang tidak berdzikir kepada Allah SWT sesungguhnya dia adalah orang yang bangkrut. (14:20 WIB)
  26. Berdzikirlah kepada Allah SWT sampai lebur keinsananmu dan menyatu dengan sifat-sifatnya. (14:22 WIB)
  27. Bagaimana aku memikirkan sesuatu yang sudah disediakan oleh Allah SWT, seharusnya aku berpikir bagaimana menyenangkan yang menyediakan segala keperluanku, padahal begitu banyak dosa yang aku lakukan. (14:25 WIB)
  28. Rasulullah SAW itu kelak akan benar-benar mendatangi umatnya yang benar-benar menjaga hidupnya mengikuti Beliau. (14:29 WIB)
  29. Letihlah kamu didunia niscaya akan ringan di akhirat, sedangkan tenanglah kamu di dunia kelak akan letih kamu di akhirat, dan ketahuilah akhirat itu tidak diketahui batas waktunya. (14:30 WIB)
  30. Apapun yang didapatkan dengan susah niscaya pasti nilainya mahal, dan sesuatu yang gampang itu tidak memiliki nilai. (14:30 WIB)
  31. Hati yang hidup adalah hati yang tidak membutuhkan kepada semua mahluk, bahkan dia mampu menghidupi mahluk yang disekitarnya. (14:35 WIB)
  32. Tinggalkanlah segala sesuatu yang tidak bermanfaat, dan jangan duduk bersama niscaya kau akan menjadi orang yang lalai. (14:40 WIB)
  33. Sesungguhnya mencari dunia dan akhirat itu diniatkan untuk mencari ridha Allah SWT. (14:43 WIB)
  34. Orang yang selamat dengan urusan dunia dan akhiratnya disebabkan dia mengetahui ilmu dunianya, dan ilmu akhiratnya, maka keselematan itu terletak pada ilmu. (14:43 WIB)
  35. Barangsiapa yang minum kopi bertawassul kepada Al-Imam Abu Hasan As-Syadzili setiap rasa yang tertinggal dilidah disitu malaikat akan memohonkan ampunan kepada Allah SWT. (14:49 WIB)
  36. Tidak ada keperluan dan urusan yang paling berat kelak di akhirat yaitu urusan hak kepada manusia, dan hakim tertinggi kelak adalah Rasulullah SAW. (15:02 WIB)
  37. Lunasilah urusanmu didunia jangan di akhirat, karena kelak tidak ada urusan dirham di akhirat, yang ada urusan pahala, maka urusanmu akan dibayar dengan pahalamu, sehingga bangkrut amal ibadahmu. (15:04 WIB)
  38. Orang yang beribadah tetapi tidak membersihkan hatinya ibarat dia menghimpun sebuah harta lalu dihamburkan hata tersebut menjadi sia-sia. Maka bertaubat itu adalah kunci utama untuk mengetuk pintu Allah SWT. (15:13 WIB)
  39. Manusia tidak dapat beramal soleh disebabkan dia tidak mengetahui bahwa amal soleh itu adalah pemberian Allah SWT, dan mereka yang tidak dapat beramal sholeh disebabkan pintu penerimaan telah ditutup. (15:16 WIB)
  40. Kelak di neraka akan dipenuhi dengan ulama-ulama yang semasa hidupnya ingin disebut ulama, orang yang berilmu tetapi hatinya menginginkan kedudukan, jabatan dan kekayaan. (15:17 WIB)
  41. Orang yang banyak menyusahkan orang lain niscaya hidupnya akan susah juga, dapat harta bendanya tidak manfaat. (15:18 WIB)
  42. Sesungguhnya orang yang menuju kepada Allah SWT dengan keikhlasan dia akan mendapatkan kecintaan yang abadi dari Allah SWT. (15:21 WIB)
  43. Sesungguhnya orang yang qonaah itu pasti memiliki banyak musuh. (15:23 WIB)
  44. Setiap orang yang beribadah tetapi tidak merasakan nikmat ibadahnya niscaya dia akan cenderung bermaksiat. (15:24 WIB)
  45. Orang yang merasakan nikmatnya beribadah dia tidak akan tergoda akan nikmatnya maksiat. (15:24 WIB)
  46. Kunci kekayaan adalah memiliki hati yang tidak tergantung manusia, sedangkan kunci kemiskinan dia selalu menggantungkan hidupnya kepada manusia lainnya. (15:26 WIB)
  47. Bukan sifat Allah SWT apabila dia sibuk dengan urusan pada dirinya seniri. (15;28 WIB)
  48. Apabila dirimu menganggap suatu hal berarti niscaya tidak akan berarti Allah SWT dan Rasul-Nya, maka jadikanlah dunia ini tidak berarti sehingga dirimu memiliki kehidupan yang berarti. (15:30 WIB)
  49. Ilmu itu didapatkan dengan belajar, dan belajar itu haruslah dengan sungguh-sungguh, maka pasang hatimu bukan badanmu. (15:32 WIB)
  50. Orang yang menuntut ilmu itu harus siap tidak boleh terhalang sesuatu yang dimiliki, karena hakikat milik adalah milik Allah SWT. (15:34 WIB)
  51. Barangsiapa yang sayang hartanya maka dia termasuk orang yang tidak sayang dengan amalnya. (15:37 WIB)
  52. Rasulullah SAW bersabda: Telah datang kepadaku malaikat jibril lalu dia memberitahukan kepadaku bahwa barangsiapa diantara umatku mati dalam keadaan tidak menyekutukan Allah SWT dalam segala sesuatu dia akan masuk surga. (15:50 WIB)
  53. Barangsiapa yang dipandang oleh Gurunya niscaya dia akan mendapatkan pandangan dari Allah SWT dan Rasul-Nya, dan dosa sebesar gunung pun tidak akan dipandang oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. (15:53 WIB)
  54. Sesungguhnya orang yang buruk itu apabila dia dibukakan pintu oleh Allah SWT niscaya akan menjadi baik dan ditutup semua dosa dan buruknya. Maka janganlah memandang orang dari masa lalunya tetapi pandanglah kedepan apakah dia bertambah baik atau tidak. (15:55 WIB)
  55. Rasulullah SAW bersabda: "Bertakwalah kepada Allah SWT dimanapun kamu berada, dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, niscaya perbuatan baik akan menghapuskannya, dan berakhlaqlah terhadap manusia dengan akhlaq yang baik. (15:59 WIB)
  56. Setiap orang yang beramal tetapi dia tidak mengetahui ilmunya dia seperti halnya orang buta yang berjalan tanpa petunjuk. (15:59 WIB)
  57. Sesungguhnya orang yang berilmu itu apabila mengetahui akan kesalahan pada dirinya dia akan segera berbuat baik untuk menutupi keburukan itu, dan sebaik-baik amal itu adalah banyaklah bersedekah. (16:00 WIB)
  58. Barangsiapa mencukupi saudaranya niscaya Allah SWT akan mencukupinya, dan barangsiapa bingung untuk mencukupi dirinya sendiri niscaya tidak akan pernah tercukupi kehidupannya. (16:03 WIB)
  59. Barangsiapa yang sibuk menghimpun harta tetapi melupakan sifat-sifat Allah SWT dan hak-haknya, niscaya yang dihimpun itu akan menjadi sampah dan membawa penyakit terhadap dirinya sendiri. (16:05 WIB)
  60. Sesungguhnya orang yang kaya itu tidak pernah memikirkan kekayaannya, sedangkan orang yang miskin dia selalu memikirkan kemiskinannya, lebih miskin lagi kalau dia menginginkan kekayaan orang lain. (16:06 WIB)
  61. Orang awam memohon kepada Allah SWT agar ditutup segala maksiatnya karena malu apabila diketahui manusia, sedangkan orang yang beriman dia minta ditutup jalan menuju kemaksiatan takut terhadap Tuhannya. (16:08 WIB)
  62. Sesungguhnya hakikat maksiat hati itu lebih besar dihadapan Allah SWT daripada maksiat bentuk dhahir. (16:09 WIB)
  63. Sesungguhnya merusak hati dan iman orang yang berilmu itu mudah, ketika kau tawarkan dunia dia mengambilnya binasalah semua ilmunya. Dan apabila dia menolak itulah orang yang telah bertakwa kepada Allah SWT. (16:12 WIB)
  64. Suatu kemuliaan dan kehormatan itu disebabkan ketakwaannya, mustahil orang yang belum bertakwa itu mendapatkan pujian. (16:17 WIB)
  65. Sesungguhnya tidak ada orang yang mulia itu merasa dirinya mulia, dan banyak orang yang hina tetapi dia menginginkan kemuliaan. (16:18 WIB)
  66. Aku berbangga dengan Tuhanku ketika melakukan apa yang dicintai Tuhanku, dan aku sedih saat aku tidak bisa melakukan apa yang dicintai Tuhanku. (16:21 WIB)
  67. Ketika aku bermaksiat sembunyi-sembunyi maka aku bertaubat dengan sembunyi-sembunyi agar tidak tertimpa kemarahan Allah SWT kepadaku. (16:22 WIB)
  68. Bagaimana manusia itu berjumpa dengan Tuhannya apabila dihadapan pandangannya banyak yang dipikirkan selain Tuhannya. (16:27 WIB)
  69. Sesungguhnya Allah SWT itu tidak terhalang atas apa yang diciptakannya didunia ini, tetapi kebanyakan manusia terhalang oleh dirinya sendiri, sehingga berputa-putar tidak akan sampai kepada Tuhannya. (16:29 WIB)
  70. Dzikirlah sebanyak-banyaknya sampai membungkus hatimu sehingga tampaklah alam semesta ini di pandanganmu, dan hakikat dzikir adalah melenyapkan sifat keinsanan kemudian memunculkan sifat ketuhanan. (16:38 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;