Jumat, 15 Februari 2019

10 Jumadil Akhir 1440 H (15 Februari 2019)

بسم الله الرّحمن الرّحيم

  1. Pahitnya sesuatu yang menimpamu bisa jadi itu sebuah rencana baik dari Tuhanmu apabila dirimu mampu melewatinya, maka bersangka baiklah terhadap Tuhanmu. Sungguh sesuatu yang besar itu didapatkan dengan susah payah dan ujian yang berat. (13:47 WIB)
  2. Barangsiapa yang merasa gelisah dan sedih sesungguhnya itu disebabkan dosa bukan dari kekhawatiran akan kekurangan rezekinya, karena sejatinya manusia itu sudah dijamin rezekinya apabila dia beriman. (13:47 WIB)
  3. Barangsiapa yang sibuk dengan urusan dunia niscaya dia akan banyak kelalaiannya, maka saat manusia itu ditutup kesibukkan dari urusan dunia sejatinya itulah waktu untuk menyibukkan diri dengan Allah SWT. (13:49 WIB)
  4. Tertutupnya urusan duniamu adalah bentuk kasih sayang Allah SWT terhadap dirimu, karena apabila Allah SWT mendatangkan ujian besar kepada manusia, Allah SWT akan menyibukkan dia dengan berbagai macam urusan dunia yang melalaikan. (13:51 WIB)
  5. Apabila manusia sudah bertakwa dia akan menjadikan setiap pandangannya adalah bentuk titipan dari Allah SWT, sehingga suatu saat diambil dia tidak akan merasa sedih hatinya. (13:53 WIB)
  6. Bentuk ketakwaan seseorang terhadap Allah SWT itu akan tercermin dari akhlaqnya. (13:54 WIB)
  7. Seseorang yang bertakwa kepada Allah SWT niscaya dia akan menjadi orang yang menghargai waktu. (13:56 WIB)
  8. Sesungguhnya tidak menjadi jaminan masuk surga kamu duduk setiap waktu dengan orang sholeh tetapi tidak mengambil pelajaran darinya. (13:57 WIB)
  9. Riwayat Ahmad melalui Anas r.a, Bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: "dihari kiamat kudatangi pintu surga, lalu kuminta dibukakan, malaikat penjaga surga bertanya, 'siapakah engkau?' lalu kujawab 'Muhammad' lalu dia berkata 'karena engkaulah aku diperintahkan untuk tidak membukakan pintu surga sebelum dirimu.' (14:01 WIB)
  10. Apapun yang mengamalkan sesuatu tanpa didasari dengan keikhlasan niscaya pasti akan ditolak. (14:19 WIB)
  11. Orang beribadah janganlah mengandalkan amal, tetapi andalkanlah ketakwaan, sebab takwa itu memiliki rasa takut dan harap kepada Allah SWT, dan apabila tidak memiliki rasa takut dan harap kepada Allah SWT maka dia adalah orang yang munafik. (14:21 WIB)
  12. Janganlah kamu mengandalkan ilmu untuk beribadah kepada Allah SWT, ketahuilah ilmu iblis itu lebih tinggi darimu, ibadah iblis lebih banyak darimu, maka ibadahlah dengan mengandalkan rahmat dari Allah SWT. (14:21 WIB)
  13. Sesungguhnya manusia itu asalnya telanjang, maka saat kembali menghadap kepada-Nya telanjanglah, maksud dari telanjang adalah bebaskan dirimu dari segala hal yang selain Allah SWT. (14:23 WIB)
  14. Barangsiapa yang bangun pagi tetapi sudah berpikir bagaimana mencari harta, nantik makan apa dia sudah termasuk orang yang syirik, yaitu syirik khofi(halus) menurut para ahli sufi. (14:25 WIB)
  15. Barangsiapa berpegang pada prinsip bahwa hidup ini cuma 3 hari maka niscaya dia tidak akan memiliki angan-angan panjang. (14:26 WIB)
  16. Janganlah kamu menyadari bahwa kematian itu dekat, kematian itu pasti tetapi tidak menyiapkan bekal kematian. (14:27 WIB)
  17. Apabila manusia itu ditampakkan hadiahnya di akhirat berupa surga, niscaya semua manusia akan senang menghadapi kematian. (14:29 WIB)
  18. Sesungguhnya gudang-gudang nikmat itu berada didalam hati orang-orang yang beriman kepada Allah SWT. (14:33 WIB)
  19. Selama manusia itu tidak berhajat kepada manusia niscaya dia akan banyak berhajat kepada Allah SWT, dan barangsiapa banyak berhajat kepada manusia niscaya dia tidaka akn berhathat kepada Allah SWT
  20. Barangsiapa yang bertambah umur, tetapi bertambah urusan dunianya, bertambah pikirannya, niscaya itu menjadi penghalang dirimu dengan Allah SWT. (14:42 WIB)
  21. Sesungguhnya hawa nafsu itu tidak mengenal usia, dia akan tetap pada wujudnya dan menumpang kepada setiap keinginan manusia. (14:43 WIB)
  22. Dan barangsiapa yang terus mengikuti kebodohan dirinya sesungguhnya dia termasuk orang yang durhaka kepada Allah SWT. (14:47 WIB)
  23. Barangsiapa yang sudah mencapai kedudukan mahabbah (cinta) niscaya hidupnya akan terisi dengan kerinduan dan kecintaan. (14:54 WIB)
  24. Sesungguhnya ilmu itu bukanlah untuk diperdebatkan tetapi ilmu itu untuk menambahkan ketakwaan. (15:01 WIB)
  25. Hamba yang paling dibenci Allah SWT adalah orang yang kedua pakaiannya lebih baik daripada amal perbuatannya, yaitu pakaiannya ibarat pakaian para Nabi, tetapi amal perbuatannya seperti orang yang buruk. (15:07 WIB)
  26. Sesungguhnya orang riya' itu cenderung selalu menutupi kekurangannya dengan menunjukkan kelebihan yang dimilikinya. (15:08 WIB)
  27. Perbaikilah hatimu apabila dirimu menghendaki perbaikan atas permukaanmu. (15:09 WIB)
  28. Sesungguhnya bentuk rahmat itu lebih luas dari amal dan ibadah, maka janganlah dirimu mengandalkan amal dan ibadahmu, tetapi mintalah rahmat dari Allah SWT. (15:24 WIB)
  29. Mintalah rahmat Allah SWT sehingga walaupun sedikit amalmu tetapi diterima itu lebih baik daripada banyak Amal tetapi dihamburkan disebabkan tidak dipandang oleh Allah SWT. (15:25 WIB)
  30. Sesungguhnya harta yang ada ditanganmu, harta yang hilang dari tanganmu, merasa aman, dan mengherani diri (bangga terhadap diri sendiri) adalah bentuk penghalang dirimu kepada Tuhanmu. (15:32 WIB)
  31. Sederhanakanlah kehidupanmu niscaya tidak akan terpengaruh segala keadaan kepada dirimu. (15:35 WIB)
  32. Seburuk-buruk orang yang berilmu adalah mereka yang tidak bisa melaksanakan ilmu tersebut, dialah yang pertama kali kelak dimasukkan kedalam neraka Allah SWT. (15:35 WIB)
  33. Sesungguhnya orang yang taat kepada Allah SWT termasuk orang yang berakal, dan barangsiapa yang mendurhakainya dia termasuk orang yang jahil. (15:38 WIB)
  34. Barangsiapa yang durhaka dia menuju kepada kebinasaan, dan hanya orang bodoh saja yang membinasakan dirinya sendiri. (15:39 WIB)
  35. Hakikat manusia itu tidak suka disalahkan, padahal kebenaran itu di sisi Allah SWT, sehingga manusia sering membantah dan mengikuti hawa nafsunya. (15:39 WIB)
  36. Janganlah kamu mengadu atau mengungkapkan kesedihanmu kepada mahluk itu termasuk kebodohan, dan kebodohan itu mendatangkan musibah, mengadulah kepada Tuhanmu jangan kepada mahluk, karena mahluk itu sangatlah lemah. (15:41 WIB)
  37. Sesungguhnya setiap masalah didunia ini sudah pernah dijawab Rasulullah SAW, dan para sahabat selalu mengamalkannya dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan apa yang dihajatkan. (15:44 WIB)
  38. Janganlah kamu menganggap doa itu sebagai penyebab pemberian Allah SWT kepadamu, tetapi jadikanlah doa itu menjadi ibadahmu kepada Allah SWT. (16:00 WIB)
  39. Apabila seorang hamba berdoa dengan batasan yang diketahuinya maka dia tidak akan memohon atas apa yang tidak diketahuinya. (16:02 WIB)
  40. Doa adalah bentuk dari membuka pintu penerimaan. Bukan doa yang memaksa membuka pintu penerimaan. (16:03 WIB)
  41. Doa itu seperti halnya obat, hendaknya itu mengetahui apa yang terkandung didalamnya. (16:04 WIB)
  42. Doa itu bersifat pengharapan bukan pemaksaan, maka jadikanlah doamu itu sebagai bentuk perbuatan bukan memaksakan kehendak. (16:06 WIB)
  43. Sesungguhnya bentuk doa itu banyak, tetapi hakikat pengabulannya itu adalah milik Allah SWT. (16:10 WIB)
  44. Hanya seorang pendustalah yang mengaku mengenal Allah SWT tetapi kebingungan urusan rezeki. (16:11 WIB)
  45. Barangsiapa yang selalu mendoakan orang lain sehingga lupa akan hajatnya, niscaya Allah SWT akan memenuhi hajatnya. (16:13 WIB)
  46. Sembunyikanlah masalahmu dari mahluk, sehingga hanya Allah SWT saja yang mengetahui akan masalahmu, niscaya akan lenyap masalahmu dan Allah SWT akan memperlihatkan permasalahan manusia kepada dirimu. (16:17 WIB)
  47. Tanda-tanda orang yang tidak beriman kepada Allah SWT adalah suka mengeluh kepada mahluknya. (16:17 WIB)
  48. Sesungguhnya orang yang beriman itu dia akan malu untuk memohon kepada Allah SWT, karena setiap apa yang diminta akan dikabulkan. (16:21 WIB)
  49. Janganlah kamu takut akan kehidupan dan puncaknya janganlah kamu takut akan kematian, karena kematian itu adalah hadiah yang besar bagi orang yang bertakwa. (16:24 WIB)
  50. Sesungguhnya tidak ada doa yang tidak dikabulkan oleh Allah SWT asalkan tidak lalai hatinya. (16:27 WIB)
  51. Janganlah kamu memikirkan sesuatu yang tidak ada dihadapanmu, itu adalah bentuk hawa nafsu tersembunyi yang sangat sulit untuk ditundukkan. (16:36 WIB)
  52. Sesungguhnya amalan yang sangat rahasia itu adalah niat, bahkan malaikat sekalipun tidak akan mampu mencatat. (16:18 WIB)
  53. Sesungguhnya malaikat itu hanyalah mencatat apa saja yang kamu lakukan tetapi dia tidak mengetahui niatmu melainkan hanya Allah SWT saja yang mengetahuimu, maka niat baiklah setiap perbuatan yang hendak kamu lakukan. (16:39 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;