Minggu, 16 September 2018

4 Muharram 1440 H (14 September 2018)

بسم الله الرّحمن الرّحيم
  1. Sesungguhnya umur manusia itu sudah ditentukan oleh Allah SWT, maka janganlah menyiakan umurmu, kesehatanmu, dan waktu luangmu. (13:46 WIB)
  2. Sesungguhnya orang yang faqir adalah orang yang menjadi penduduk surga, mereka sabar dalam kefaqiran dijalan Allah SWT. (13:48 WIB)
  3. Rasulullah SAW bersabda: "Sungguh besar khianatnya apabila engkau mengatakan sesuatu kepada seseorang dan ia mempercayaimu sementara kamu berbohong kepadanya. (13:49 WIB)
  4. Banyak manusia menuduh Allah SWT tidak adil kepada dirinya, padahal dirinya sendiri yang menyusahkan dengan tidak mengetahui kesalahan-kesalahannya. (13:55 WIB)
  5. Apabila manusia berjalan selain Allah SWT walaupun dia banyak beribadah maka termasuk kesyirikan. (13:57 WIB)
  6. Belajarlah setiap sesuatu itu kepada ahlinya, apabila kamu ingin ilmu dunia belajarlah kepada ahli dunia, apabila kamu ingin ilmu akhirat maka belajarlah kepada ahli akhirat. (14:00 WIB)
  7. Kemurtadan itu awalnya disebabkan oleh lidah yang melampaui batas, sehingga ucapannya tidak ada yang mengandung nasehat melainkan hanya menjelekkan orang lain. (14:02 WIB)
  8. Apabila manusia itu sudah menjalankan semua perintah Allah SWT niscaya setiap kebutuhannya pasti akan dicukupi oleh Allah SWT. (14:02 WIB)
  9. Jalankan kebaikan itu hanya untuk dilihat Allah SWT bukan dilihat manusia. (14:05 WIB)
  10. Lakukanlah kebaikan itu secara sembunyi seperti halnya kamu berbuat maksiat, niscaya Allah SWT akan menyembunyikan dosamu seperti halnya kebaikanmu yang tersembunyi. (14:06 WIB)
  11. Apabila seorang hamba sudah bersujud dan menyerah kepada Allah SWT niscaya iblis akan menjadi kecil dan ciut menghadapinya. (14:11 WIB)
  12. Orang yang baik itu selalu dicurangi di dunia ini, karena di dalam hatinya tidak ada keburukan sehingga bersangka baik selalu kepada orang lain. (14:11 WIB)
  13. Orang yang berakal selalu mencari bagaimana mendapatkan rahmat Allah SWT, sedangkan orang yang tidak berakal dia lebih memilih kepada sesuatu yang tidak ada apa-apanya. (14;13 WIB)
  14. Orang yang berharga pasti dia akan mencari yang berharga, orang yang baik pasti akan mencari yang terbaik. (14:15 WIB)
  15. Janganlah kamu bergaul dengan orang yang tidak ada apa-apanya, bergaullah dengan orang yang ada apa-apanya, yaitu orang yang memiliki ilmu dijalan Allah SWT. (14:16 WIB)
  16. Barangsiapa yang senang duduk dengan orang yang berilmu niscaya dia akan mendapatkan ilmu dan nasehat daripadanya. (14:17 WIB)
  17. Tinggalkanlah sesuatu yang tidak ada manfaatnya bagimu, dan carilah sesuatu yang bermanfaat untuk dirimu. (14:18 WIB)
  18. Apabila manusia itu hendak sholat maka iblis akan meluncurkan bala tentaranya untuk menggoda manusia agar mengakhirkan sholatnya, dan apabila gagal mengakhirkan sholatnya dia akan menggoda kekhusyukannya sehingga tidak akan sempurna dalam ruku', sujud dan bacaannya, apabila gagal menggoda dalam kekhusyukannya maka dia akan menerobos agar manusia itu mengalihkan ingatannya agar mengingat urusan duniawi di dalam sholat. Apabila dia gagal dalam mengalihkan ingatannya maka seluruh pasukannya akan dibelenggu dan dilemparkan kelaut dan sebaliknya apabila berhasil dia akan mendapatkan kehormatan. (14:23 WIB)
  19. Sesungguhnya keberuntungan yang paling besar adalah mereka yang memiliki sholat yang khusyuk sehingga termasuk orang yang beriman dan kelak dia akan menyembah Allah SWT sampai datang keyakinan kepada dirinya. (14:26 WIB)
  20. Orang yang beriman itu wajib untuk mengenal sifat Allah SWT bukan sifat manusia yang kebanyakan seperti sifat binatang. (14:29 WIB)
  21. Banyak orang beribadah karena amalnya, sedangkan banyak orang merasa aman karena ilmunya, sedikit sekali orang yang berbuat sesuatu karena Allah SWT. (14:31 WIB)
  22. Sesungguhnya ibadah yang dilakukan karena merasa terhimpit ekonomi dan banyaknya hutang itu adalah bentuk dari syirik yang tersembunyi. (14:33 WIB)
  23. Orang yang terkena musibah adalah mereka yang diberikan kesehatan tetapi tidak beribadah, diberikan waktu tetapi disia-siakan. (14:34 WIB)
  24. Rasulullah SAW bersabda: "Kamu harus menang terhadap orang yang mendhalimimu.". Maka berdoalah: رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظالِمِينَ Rabbi najjini minal qaumidzaalimiin. Artinya: Ya Tuhanku, selamatkanlah dari orang-orang dzalim. (14:39 WIB) 
  25. Sesungguhnya orang beriman itu tidak akan membalas orang yang berbuat dhalim kepadanya, dia akan mengembalikan segala urusannya kepada Allah SWT. (14:41 WIB)
  26. Rasulullah SAW bersabda: "Puncaknya kekufuran itu berada di timur, sifat dan bangga itu ada pada pemilik kuda, unta itu milik orang badui (hidupnya nomaden), dan ketentraman itu pada peternak kambing." (14:43 WIB)
  27. Ibadah itu adalah bekal akhirat bukan bekal dunia, maka sungguh bodoh orang yang beribadah tetapi ingin dunia. (14:46 WIB)
  28. Ilmu itu apabila diamalkan menguntungkan dirinya sendiri, dan apabila tidak diamalkan maka akan merugikan dirinya sendiri, maka segala sesuatu itu akan kembali kepada dirinya sendiri.  (14:48 WIB)
  29. Apabila dirimu ingin membuka segala pintu kemudahan maka bertakwalah kepada Allah SWT dimanapun kamu berada. (14:49 WIB)
  30. Rasulullah SAW bersabda: "Satu kambing dirumah satu barokah, dua kambing dirumah dua barokah, tiga kambing maka banyak barokah." (14:50 WIB)
  31. Barangsiapa yang berdagang sesuai dengan syariat Nabi Muhammad SAW niscaya setiap pertambahan hartanya adalah berkah bagi pemiliknya. (14:51 WIB)
  32. Sesungguhnya Allah SWT itu selalu memudahkan urusan hambanya, tetapi manusia selalu menyulitkan dirinya sendiri. (14:56 WIB)
  33. Apabila sifat Allah SWT itu sudah melekat kepada sifat manusia pastilah manusia itu akan memiliki firasat yang kuat didalam hatinya dan apa yang dilihatnya tidak akan pernah salah. (14:58 WIB)
  34. Orang yang stres itu disebabkan dia bodoh dalam hal urusan agamanya, dan orang yang bodoh dipikirannya selalu sibuk mengenai urusan harta. (14:59 WIB)
  35. Sesungguhnya yang merusak zaman ini bukanlah Allah SWT tetapi manusia ini sendiri, mereka penuh dengan debu-debu dosa dan badai maksiat. (15:03 WIB)
  36. Dalam ilmu tassawuf bentuk keraguan itu sudah termasuk kemurtadan. (15:04 WIB)
  37. Sesungguhnya orang yang selalu menambah kebaikan untuk mengurangi keburukan itu disebut istiqomah. (15:17 WIB)
  38. Fuddail bin Iyyad berkata: "Sungguh aku kasihan terhadap 3 orang: 
    1. Orang bangsawan yang menjadi rendah
    2. Orang yang kaya jatuh miskin
    3. Orang alim yang dipermainkan dunia. (15:24 WIB)
  39. Dunia ini mempunyai dua penyakit, yaitu yang kamu kumpulkan menjadi warisan, yang kamu buang menjadi hisab. (15:32 WIB)
  40. Sesungguhnya harta yang berasal dari Allah SWT itu pastilah akan menjadi manfaat. (15:35 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;