Senin, 16 Juli 2018

29 Syawal 1439H (13 Juli 2018)

بسم الله الرّحمن الرّحيم

1. Sungguh beruntung orang yang membersihkan jiwanya dan terus menerus berdzikir kepada Allah SWT. (13:44 WIB)

2. Apabila manusia itu sudah membersihkan jiwanya pasti dia akan terus berdzikir kepada Allah SWT. (13:44 WIB)

3. Hati itu ibarat cermin, setiap waktu akan dihinggapi debu, apabila tidak rajin dibersihkan maka akan tampak buram, maka bersihkanlah hatimu setiap saat. (13:46 WIB)

4. Setiap hal yang kotor didunia ini selalu memiliki pembersihnya, pembersih kaki adalah digunakan untuk berjalan menuju majelis, pembersih harta yaitu berzakat, pembersih dhahir adalah berwudhu, dan masih banyak contoh yang lainnya. (13:47 WIB)

5. Sesungguhnya Allah SWT jadikan ruh itu suci karena berasal dari ruh Nabi Muhammad SAW. (13:51 WIB)

6. Hakikat ruh itu berasal dari Nabi Muhammad SAW, sedangkan dhahir kita berasal dari Nabi Adam, maka barangsiapa menyakiti hati seseorang sesungguhnya dia telah melukai Nabi Muhammad SAW, sedangkan yang menyakiti tubuh atau secara fisik hakikatnya dia telah menyakiti Nabi Adam as. (13:52 WIB)

7. Musuh yang pertama manusia adalah hawa nafsu, lalu syaithon bin iblis, kemudian dunia. (13:54 WIB)

8. Sesungguhnya para sahabat itu tidak segan-segan dalam membunuh hawa nafsunya, tetapi untuk umat setelahnya cukuplah menundukkan hawa nafsu saja. (13:57 WIB)

9. Yahya bin Muadz: "Orang yang bijaksana tidak akan memilih dunia dan meninggalkan akhirat." (13:59 WIB)

10. Orang yang bijaksana dia mengetahui bahwa dunia ini fana' dan mengambil sekedar saja sebagai alat kehidupan yang menuju kematian, dan dia tahu bahwa akhirat ini adalah yang kekal, sedangkan orang yang bodoh dia memburu dunia ini sampai melupakan kematian. (14:04 WIB)

11. Dunia ini memusingkan kepala padahal manusia tahu bahwa dunia ini tidaklah abadi, dan sedikit sekali yang pusing karena akhiratnya. (14:05 WIB)

12. Sesungguhnya banyak manusia yang menginginkan akhirat tetapi perilaku mereka sesungguhnya menginginkan dunia. (14:05 WIB)

13. Abu Bakar Ash-Shiddiq: "Daratan adalah lisan, lautannya adalah hati, apabila lisan itu rusak menangislah manusia. Dan Apabila hati itu rusak menangislah malaikat." (14:08 WIB)

14. Seorang Hukama mengatakan: "Nafsu itu dapat mengakibatkan raja-raja itu menjadi budak, sedangkan sabar seorang budak dapat menjadi raja." (14:12 WIB)

15. Barangsiapa menginginkan ilmu mengenal Allah SWT niscaya engkau akan diperbudak Allah SWT yaitu menjadi Abdullah atau hamba Allah SWT. (14:12 WIB)

16. Ketahuilah segala sesuatu yang kau cintai dan inginkan yang berlebihan akan dapat memperbudakmu, cinta dunia maka dunia akan memperbudakmu, maka cintailah Allah SWT agar engkau menjadi hamba Allah SWT. (14:13 WIB)

17. Orang yang cinta pada dunia disebabkan dia tidak mengenal diri dan terus menerus menuruti keinginan hawa nafsunya. (14:13 WIB)

18. Sumber semua kesalahan adalah cinta dunia, sedangkan sumber fitnah adalah tidak mau membayar zakatnya." (14:16 WIB)

19. Jangan pernah menolak orang yang meminta kepadamu, bisa jadi itu adalah Allah SWT yang memerintahkan malaikat untuk mengingatkanmu. (14:18 WIB)

20. Rasulullah SAW bersabda: "Jika engkau telah melakukan sesuatu kejelekan, maka berbuatlah kebaikan setelahnya niscaya Allah SWT akan menggugurkannya yang secara tersembunyi dengan yang tersembunyi, dan yang terang-terangan dengan yang terang-terangan." (14:20 WIB)

21. Manusia itu tidaklah selalu baik dan tidak selalu buruk, maka dia harus mengetahui bagaimana agar kebaikannya dapat menutupi keburukannya dan memiliki keuntungan didalam amal perbuatannya. (14:21 WIB)

22. Sesungguhnya manusia itu wajar apabila melakukan kesalahan, tetapi yang menjadi masalah adalah apakah manusia itu mengetahui bagaimana dia menutupi kekurangannya itu dengan menambahkan kebaikannya. (14:21 WIB)

23. Manusia yang berbuat keburukan hendaknya menambahkan kebaikannya, karena barangsiapa yang menambahkan sesuatu pasti mengurangi sesuatu, maka barangsiapa yang mengurangi kebaikannya pastilah menambah keburukannya. (14:22 WIB)

24. Orang yang rugi adalah orang yang tidak menambah amal kebaikan, dan orang yang tidak menutupi keburukannya dengan menambahkan amal kebaikan. (14:23 WIB)

25. Janganlah kamu sekali-kali menipu Allah SWT, sesungguhnya Allah SWT mengetahui apa yang terlintas didalam hati dan akal pikiranmu. (14:24 WIB)

26. Manusia itu sesungguhnya letaknya kesalahan, dosa, kelalaian, kelemahan, kecuali Nabi Muhammad SAW. (14:28 WIB)

27. Sesungguhnya Allah SWT menjadikan segala sesuatunya itu melalui proses, tetapi manusia itu sendiri yang tergesa-gesa, banyak dari mereka ingin mengenal Allah SWT tetapi tidak mau riyadhah melatih diri untuk mendekat kepada Allah SWT. (14:46 WIB)

28. Manusia di akhir zaman ini banyak yang mengingat dan mengidolakan orang kafir, tetapi sedikit sekali yang mengingat dan mengidolakan Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. (14:48 WIB)

29. Janganlah kau menemani orang yang dalim karena akan membawa sial dan tidak berkah. (14:48 WIB)

30. Hikmah yang paling besar adalah didalam musibah, sehingga kamu belajar dan mengetahui untuk lebih berhati-hati. (14:52 WIB)

31. Barangsiapa yang bergaul dengan orang kaya, Allah SWT akan menambahkan rasa cinta kepada dunia didalam hatinya dan kerakusan. (14:52 WIB)

32. Barangsiapa yang bergaul dengan orang fakir Allah SWT akan menambahkan rasa syukur didalam hatinya. (14:53 WIB)

33. Barangsiapa yang bergaul dengan penguasa Allah SWT akan mengeraskan hatinya dan menambahkan sifat takabur. (14:53 WIB)

34. Barangsiapa yang bergaul dengan perempuan Allah SWT akan menambahkan kebodohan dan birahi. (14:54 WIB)

35. Barangsiapa yang bergaul dengan anak-anak Allah SWT akan jadikan dia menjadi seorang yang senang bermain-main. (14:54 WIB)

36. Barangsiapa yang bergaul dengan orang fasik maka dia akan cenderung melakukan dosa dan melalaikan tobat. (14:55 WIB)

37. Barangsiapa yang bergaul dengan orang yang soleh maka akan bertambah rasa cinta dan taat kepada Allah SWT. (14:55 WIB)

38. Barangsiapa yang bergaul dengan ulama maka akan bertambah ilmu dan pengetahuannya. (14:56 WIB)

39. Sesungguhnya Allah SWT menghimpun manusia dan mengelompokkannya sesuai dengan amal mereka dan apa yang menjadi kesukaannya. (14:57 WIB)

40. Ilmu tauhid itu ilmu mengenal Allah SWT, sedangkan ilmu syariat adalah ilmu yang belajar mengenal Allah SWT. (15:13 WIB)

41. Sesungguhnya rahmat Allah SWT itu diberikan kepada orang yang berbuat baik. (15:27 WIB)

42. Manusia dapat beribadah disebabkan rahmat Allah SWT. (15:27 WIB)

43. Disebut orang yang baik karena berbuat baik. (15:28 WIB)

44. Barangsiapa meninggalkan dunia maka akan dicintai Allah SWT, barangsiapa meninggalkan maksiat dan dosa maka akan dicintai malaikat, barangsiapa melepaskan diri dari sifat tamak maka akan dicintai manusia. Begitu juga sebaliknya. (15:30 WIB)

45. Abdullah bin Mas'ud: "Manusia itu dirugikan karena kenikmatan dan sering difitnah dengan pujian, sering manusia itu tertipu dengan ditutupinya aib oleh Allah SWT. (15:35 WIB)

46. Manusia tertipu dengan kenikmatan disebabkan dia hilang rasa syukurnya terlalu cinta dan sibuk dengan pemberian Allah SWT. (15:35 WIB)

47. Apabila manusia menyangkamu baik tetapi sebetulnya kamu tidak baik maka celakalah kamu, lebih baik kau disangka buruk tetapi sesungguhnya kamu baik, maka sembunyikanlah kebaikanmu semata-mata untuk Allah SWT. (15:38 WIB)

48. Jadilah kamu orang yang selalu menutupi keburukan orang lain, niscaya segala keburukanmu akan ditutupi oleh Allah SWT. (15:40 WIB)

49. Keadilan itu diletakkan pada kebijaksanaan, manusia tidak akan dapat adil selama tidak memiliki kebijkasanaan yaitu memerlukan pertimbangan yang matang dalam mengambil keputusannya. (15:43 WIB)

50. Orang yang banyak bicara dan ketawa dipastikan memiliki hati yang keras dan mata yang kering. (15:47 WIB)

51. Kemuliaan itu tidak disebabkan banyak hartanya, kedudukannya, ilmunya, tetapi kemuliaan itu dari ketakwaan kepada Allah SWT. (15:47 WIB)

52. Tanamkan pada dirimu jiwa dan hati yang suka menolong dan pemurah walaupun dirimu sendiri dalam kekurangan. (15:48 WIB)

53. Hilangkanlah sifat-sifat iri dan dengki dalam dirimu niscaya kemanapun kamu melangkah dibumi ini rezeki Allah SWT terhampar kepadamu. (15:49 WIB)

54. Barangsiapa yang suka menolong orang pasti akan ditolong orang, barangsiapa yang menebar kasih sayang pastilah rahmat Allah SWT akan turun kepadanya. (15:50 WIB)


0 komentar:

Posting Komentar

 
;